7 Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan Tubuh Yang Perlu Diketahui

kandungan nutrisi cokelat

Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan – Olahraga yang teratur sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Namun faktanya masih banyak orang yang enggan melakukan olahraga dengan dalih sibuk atau mahal. Padahal ada jenis olahraga yang mudah, murah namun memiliki banyak manfaat, yaitu jalan kaki.

Mungkin Anda sering melihat iklan di TV dari sebuah produk susu yang mengajak setiap orang untuk berjalan kaki setidaknya 1000 langkah per hari?

Manfaat jalan kaki untuk kesehatan tubuh tidak hanya untuk mencegah terjadinya osteoporosis namun pula masih memiliki banyak manfaat lainnya. Berjalan kaki bagi ibu hamil pun disarankan untuk mempermudah persalinan.

Agar tidak penasaran yuk simak ulasan selengkapnya oleh Dunia Kesehatan di bawah ini.

manfaat jalan kaki bagi kesehatan

Beberapa Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan Tubuh

Bila Anda baru saja akan memulai jenis olahraga ini sebaiknya Anda memulai berjalan kaki 10-15 menit tiap hari baru kemudia Anda tingkatkan durasinya hingga 30 menit dalam sehari. Berikut ini adalah beberapa manfaat jalan kaki untuk kesehatan tubuh Anda:

  1. Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan Tulang

Penyakit tulang yang sering menjadi momok menakutkan adalah penyakit osteoporosis, tulang menjadi rentan patah karena rapuh. Saat Anda berjalan kaki apalagi di pagi hari saat ada sinar matahari maka pro-vitamin D yang berasal dari makanan dapat diubah menjadi vitamin D yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Selain itu berjalan kaki pun memperkuat otot kaki dan tulang itu sendiri.

  1. Manfaat Jalan Kaki Untuk Menurunkan Berat Badan

Berjalan kaki secara cepat setidaknya 30 menit sehari mampu membakar kalori hingga 150 kalori per hari. Semakin cepat Anda berjalan maka semakin banyak juga kalori yang terbakar. Dengan banyaknya kalori yang terbakar ini maka kelebihan lemak tubuh dapat diubah menjadi energy sehingga Anda pun mampu menurunkan berat badan.

Agar program penurunan berat badan Anda dapat berhasil efektif maka selain melakukan pembakaran kalori dengan cara olahraga maka Anda pun harus mampu mengatur pola pemasukan makanan ke tubuh Anda. Makanlah secukupnya dengan pola makan sehat yang seimbang.

  1. Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan Jantung

Jalan kaki dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat otot jantung selain memperkuat otot kaki tentunya. Menurut sebuah penelitian, berjalan kaki 30 menit per hari secara rutin dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung sebanyak 40%.

Walaupun demikian bila Anda sudah memiliki masalah pada jantung Anda sebaiknya Anda konsultasikan dulu pada dokter Anda mengenai kegiatan Anda karena bila jantung Anda terlalu diforsir akan berakibat kurang baik.

Baca juga:   Sayuran Labu Siam: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

Cara berjalan kaki yang aman adalah sebaiknya dimulai secara perlahan tanpa Anda harus merasa terlalu lelah lalu dinaikan durasinya secara perlahan pula.

  1. Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan Sirkulasi Darah

Selain meningkatkan sirkulasi darah, jalan kaki secara teratur pun dapat menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, juga menurunkan tekanan darah tinggi.

Dengan berjalan kaki, kelebihan lemak dan glukosa tubuh akan diproses menjadi energy untuk melakukan aktivitas jalan kaki tsb. Berdasarkan penelitian, berjalan kaki selama 30 menit tiap hari pun mampu mengurangi risiko terjadinya penyakit diabetes tipe 2 hingga 30%. Selain itu karena kadar kolesterol menurun maka Anda dapat terhindar dari penyakit stroke.

  1. Manfaat Jalan Kaki Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jalan kaki ataupun olah raga lainnya yang dilakukan secara teratur mampu membuat tubuh Anda semakin kebal terhadap penyakit seperti penyakit flu dll. Hal ini terjadi karena sirkulasi darah yang lebih lancar sehingga mampu membawa nutrisi dan oksigen ke jaringan tubuh secara tepat.

  1. Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan Pikiran

Berjalan kaki dan aktivitas fisik lainnya dapat memicu pelepasan hormon endorphin yang dapat memperbaiki mood Anda. Rasa senang ini pun akan membuat Anda terhindar dari stress dan cemas yang berlebihan. Selain itu berjalan kaki di udara terbuka pun dapat menyegarkan pikiran Anda karena banyaknya asupan oksigen yang terhirup. Anda pun akan merasa semakin rileks dan mencegah depresi.

  1. Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan Pernapasan

Saat jalan kaki, jantung akan bekerja lebih cepat, termasuk paru-paru Anda. Semakin sering Anda berjalan kaki maka paru-paru dan saluran pernapasan semakin terlatih dan lebih sehat. Dengan jalan kaki teratur maka Anda dapat terhindar dari risiko penyakit asma atau penyempitan saluran pernapasan.

Itulah 7 manfaat jalan kaki untuk kesehatan tubuh kita. Jadi sekarang saatnya Anda action, yuk berjalan kaki ke sekolah, ke warung, dsb agar tubuh kita makin sehat, pengeluaran lebih hemat, dan udara sekitar Anda semakin bersih karena jumlah kendaraan berkurang. Bila Anda bosan dengan jalan kaki, tidak ada salahnya mencoba bersepeda ataupun berenang. Yang penting tetap aktif ya .. jangan mager ..