7 Cara Menyehatkan Otak Secara Alami dan Mudah

Selain enak dijus ataupun dirujak, jambu biji kaya nutrisi dan dapat memberikan banyak manfaat kesehatan.

Cara Menyehatkan Otak Secara Alami – Otak merupakan organ vital bagi tubuh manusia. Otak memiliki peranan penting untuk berpikir dan mengendalikan pergerakan organ tubuh yang lainnya. Otak pun sangat erat kaitannya dengan daya ingat dan kepintaran. Bila kesehatan otak tidak terjaga maka akan memicu berbagai penyakit dan kita pun tidak dapat berpikir secara jernih.

Berbagai gangguan otak mulai dari mudah lupa, telat mikir, hingga penyakit stroke dan tumor otak dapat saja menghampiri. Oleh karena itu sudah sepatutnya kita menjaga keseahatan otak dan kesehatan tubuh kita seluruhnya.

cara menyehatkan otak secara alami

Berbagai Cara Menyehatkan Otak Secara Alami dan Mudah

Berikut ini adalah beberapa tips memelihara fungsi otak agar tetap normal dan sehat, yaitu:

1. Olah Raga

Olah raga dan aktivitas fisik lainnya yang dilakukan secara rutin mampu menjaga kesehatan tubuh termasuk kesehatan otak.

Tak perlu mencari olah raga yang mahal dan sulit dilakukan, cukup dengan berjalan kaki sebagai salah satu cara menyehatkan otak secara alami. Saat Anda berjalan kaki setidaknya 20 menit sehari maka pikiran Anda akan lebih segar karena sirkulasi darah di otak lebih lancar sehingga dapat memberikan nutrisi yang lebih banyak pada otak.

Bila Anda bosan dengan jalan kaki, Anda dapat mencoba jenis olah raga lain seperti yoga, berenang, bersepeda, berlari dll sesuai selera Anda yang penting Anda melakukan olah raga tsb secara rutin untuk mempertajam memori Anda dan menyehatkan otak.

2. Tertawa

Cobalah Anda tertawa agar hidup Anda lebih berwarna dan terbebas dari rasa stress. Bila Anda tak mampu tertawa atau tersenyum dengan membayangkan hal lucu yang pernah Anda alami maka Anda dapat mencoba menonton film komedi atau membaca buku komedi untuk memancing Anda tertawa dan menyehatkan otak Anda.

Baca juga:   Tekanan Darah Normal, Semua Hal Yang Perlu Anda Ketahui

3. Meditasi

Meditasi pada hakikatnya adalah pemusatan pikiran dan mengatur pernapasan sehingga tubuh dan pikiran lebih rileks. Anda dapat melakukan meditasi setiap pagi untuk menyehatkan otak Anda sekaligus membuat Anda lebih bersemangat dalam menjalankan aktivitas harian Anda.

4. Berhenti Khawatir

Rasa khawatir yang berlebihan dapat membuat beban otak untuk bekerja menjadi lebih besar dan dapat memicu stress berkepanjangan. Daripada khawatir terus menerus maka lebih baik ambil sisi positif tentang segala sesuatu yang terjadi pada diri Anda. Membuang pikiran negatif tak hanya menyehatkan otak namun pula membuat Anda hidup lebih bahagia.

5. Makan Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran mengandung banyak vitamin dan zat gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh termasuk untuk menyehatkan otak. Masukkanlah buah dan sayuran dalam porsi cukup ke dalam menu harian Anda. Anda tak suka buah? coba deh konsumsi infused water sebagai alternatifnya.

6. Mengkonsumsi Kunyit

Kunyit selain dapat digunakan untuk bumbu masakan ternyata memiliki efek positif bagi kesehatan otak loh. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Institute of Neuroscience and Medicine di Jerman, ternyata kunyit memiliki kandungan zat yang dapat menyegarkan sel induk pada otak. Tentunya ini keuntungan bagi penyuka kari atau nasi kuning hehehe karena campuran kunyit pada makanan tsb ternyata dapat membantu menyehatkan otak.

7. Bermain di Alam Terbuka

Alam terbuka seperti hutan, pegunungan, ataupun pantai memang tempat yang cocok untuk tujuan wisata. Udara yang segar di alam mampu memberikan asupan oksigen yang terbebas polusi sehingga menyegarkan badan dan pikiran.

Warna hijau tanaman pun dapat menenangkan pikiran loh, sehingga hati kita terasa lebih damai. Namun bukan berarti untuk menyehatkan otak Anda harus pergi jauh-jauh berwisata loh karena bagi Anda warga kota pun dapat menikmati suasana alam bebas di taman-taman yang sekarang ini banyak dibangun di perkotaan sebagai paru-paru kota.

Itulah berbagai cara menyehatkan otak Anda yang dapat Anda coba. Jagalah kesehatan otak Anda agar organ vital tsb dapat melaksakan fungsinya dengan normal.