Cara Mudah Mengatasi Bau Kaki Yang Menyengat

Mengatasi bau kaki yang menyengat memang perlu segera dilakukan agar Anda tetap merasa percaya diri dan aroma kaki tsb tidak mengganggu orang lain.

Namun sebelum membahas mengenai tips untuk mengatasi masalah Anda, sebaiknya Anda ketahui dulu apa saja yang menjadi penyebab bau kaki tsb.

Penyebab Bau Kaki Yang Perlu Diketahui

Banyak hal yang dapat menyebabkan aroma bau kaki menjadi tidak enak dan berbau menyengat. Namun biasanya aroma tsb disebabkan adanya infeksi jamur.

Kaki yang lembap karena keringat dan kurangnya sirkulasi karena penggunaan sepatu biasanyanya menjadi penyebab utama bau kaki. Kaus kaki dan sepatu basah pun menjadi penyebab bau kaki baik basah karena keringat atau basah karena hujan, dll.

Jamur memang sangat suka dengan tempat hidup yang lembap.

cara mengatasi bau kaki yang menyengat
image credit: kodjoworkout.com

Cara Mengatasi Bau Kaki dan Bau Sepatu Yang Menyengat

Ada 2 hal yang akan dibahas oleh SehatPlus.org dalam mengatasi bau kaki / bau sepatu yaitu dengan cara mencegah bau kaki dan cara menhilangkan bau kaki.

Cara Mencegah Bau Kaki

Dilihat dari penyebabnya, maka kita dapat menggunakan beberapa cara untuk menghindari aroma tidak enak pada kaki, yaitu sbb:

  • Saat Anda hendak menggunakan sepatu, gunakanlah kaus kaki dari bahan yang dapat menyerap keringat dan adem sehingga nyaman digunakan.
  • Gantilah kaus kaki setiap hari.
  • Cucilah sepatu secara teratur.
  • Hindarilah pemakaian kaos kaki dan sepatu yang basah.
  • Gunakanlah kaus kaki dan sepatu dalam keadaan kaki bersih dan kering.
  • Hindari menyimpan sepatu di tempat lembap, bila diperlukan gunakan penyedot lembap di rak sepatu Anda.
  • Saat sepatu Anda basah karena kehujanan, cucilah atau setidaknya dilap kemudian dijemur / dikeringkan.
  • Potonglah dan rawat kuku secara teratur agar terhindar dari kotoran penyebab bau yang menempel di sudut-sudut jari biasanya jempol.

Cara Menghilangkan Bau Kaki

Permasalahannya sekarang adalah bila kaki terlanjur bau, bagaimana cara mengatasi bau kaki tsb?

Bila kondisi tsb yang Anda alami sekarang, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda:

  1. Gunakan Salep Anti Jamur

Bau kaki yang menyengat biasanya timbul karena adanya infeksi jamur pada sela-sela jari kaki. Coba Anda periksa bagian tsb, apakah ada kulit kaki yang mengelupas di sekitar sela kaki?

Baca juga:   Bagaimana Cara Menghindari Resiko Kesehatan Akibat Terlalu Banyak Duduk?

Tanda-tanda terjadinya infeksi jamur adalah timbulnya gatal selain itu tampak kulit kaki berlubang.

Bila Anda mengalami hal ini maka Anda perlu mengatasi infeksi jamur terlebih dahulu yaitu dengan menggunakan salep anti jamur yang banyak dijual di pasaran secara rutin sebagai cara mengatasi bau kaki yang menyengat tsb.

  1. Gunakan Sabun Anti Bakteri

Sekarang banyak sekali sabun anti bakteri yang dijual di pasaran. Cobalah Anda gunakan sabun tsb untuk menghilangkan bakteri dan sisa keringat yang menempel di kaki untuk mengatasi bau kaki tsb. Cucilah kaki setiap kali Anda pulang berpergian dan mandi.

  1. Cara Mengatasi Bau Kaki Menggunakan Bahan Alami

Beberapa bahan alami dapat digunakan untuk menghilangkan bau kaki diantaranya adalah kopi, jeruk lemon, dan teh.

Untuk mengatasi bau kaki menggunakan kopi, Anda cukup menggunakan bubuk kopi lalu masukkan ke dalam kaus kaki Anda sebelum Anda gunakan. Bila cara ini dirasa kurang nyaman, Anda pun dapat memasukkan bubuk kopi ini ke dalam plasik silica lalu taruhlah di dalam sepatu untuk menghilangkan bau sepatu.

Selain itu Anda pun dapat merendam kaki Anda di air teh atau air jeruk lemon untuk mengatasi bau kaki yang menyengat. Rendamlah kaki Anda selama 15-25 menit dalam air teh atau air perasan lemon dan lakukan selama 2-3 kali sehari sampai bau kaki Anda benar-benar hilang.

Air teh dan lemon mampu menetralisir bau dan mengontrol kelembapan kaki.

  1. Menggunakan Deodorant

Antiprespirant & deodorant memang sangat ampuh mengurangi keringat dan menghilangkan bau ketiak, ternyata dapat pula digunakan untuk menghilangkan bau kaki loh.

Anda dapat menggunakan kosmetik khusus kaki tsb atau dapat pula menggunakan kosmetik yang biasa Anda gunakan di ketiak.

  1. Menghilangkan Bau Sepatu dengan Koran

Untuk mengurangi bau sepatu yang membandel, Anda dapat menggunakan kertas koran yaitu dengan cara membungkus sepatu tsb dengan beberapa lembar koran, bau sepatu pun akan hilang.

  1. Cuci Sepatu Secara Rutin

Kadangkala aroma tak sedap muncul dari sepatu Anda, terutama bila Anda menggunakan sepatu yang basah atau sepatu kulit. Oleh karena itu setiap kali sepatu Anda basah atau kehujanan, coba bersihkan dan keringkan. Sebaiknya sepatu pun dicuci dan dibersihkan secara rutin walaupun tidak kehujanan, misalnya seminggu sekali..

  1. Simpan Sepatu di Tempat Bersih dan Kering

Selain itu taruhlah sepatu yang telah selesai dicuci dan belum digunakan di tempat yang kering dan tidak lembap.

Itulah beberapa tips / cara mengatasi bau kaki dan bau sepatu yang dapat Anda coba, semoga bermanfaat …