Cara Mengobati Asma dengan Pengobatan Rumah – Asma pada dasarnya adalah kondisi kronis, yang melibatkan penyempitan saluran udara pada sistem pernafasan. Hal ini disebabkan karena peradangan atau pengendapan lendir di lapisan dalam pembuluh udara. Biasanya penderita asma memerlukan pengobatan segera. Pengobatan yang dilakukan dapat berupa pengobatan medis seperti nebulizer, ataupun berupa pengobatan di rumah dengan bahan-bahan alami.

Asma berasal dari kata Yunani, yang berarti ‘masalah pernapasan’ dan disebabkan karena berbagai alergen. Ini menyebabkan gangguan pada sistem pernafasan, meski pasien bisa tetap sehat dan normal di sela seranga, namun serangan asma dapat memburuk pada waktu dan dapat menyebabkan konsekuensi yang mengancam nyawa. Selain itu, asma adalah masalah kesehatan masyarakat yang besar dan mahal, seperti yang ditemukan oleh jaringan Pusat Penelitian Klinik Asma.

Asma mempengaruhi hampir sekitar 15 juta orang Amerika, hampir 5 juta di antaranya berusia di bawah 18 tahun, seperti yang disimpulkan oleh Palo Alto Medical Foundation. Pasien yang menderita asma merasa lebih banyak masalah dalam menghembuskan napas daripada menghirup. Reaksi alergi disebabkan oleh cuaca, makanan, parfum, aktivitas fisik, obat-obatan, obat-obatan, debu, dan iritasi lainnya.

Serangan asma sering dipicu saat saluran pernapasan terkena asap tembakau, alergen, parfum, udara lembab atau hangat, tekanan emosional atau olahraga. Sebagai tanggapan, saluran udara yang sensitif merespons dengan reaksi alergi yang kuat. Saat ini, tidak ada obat konkret untuk asma yang ditemukan. Namun, hal itu pasti bisa dikendalikan melalui berbagai pengobatan secara medis maupun pengobatan di rumah, sehingga tidak membahayakan kehidupan pasien.

Nah pada kesempatan kali ini, Dunia Kesehatan akan membahas mengenai aneka cara mengobati asma dengan pengobatan rumah. Apa saja yang harus dilakukan untuk mengendalikan asma di rumah? Apa ada bahan-bahan herbal alami yang dapat digunakan untuk meredakan serangan asma? Yuk simak ulasan obat alami asma berikut ini …

Cara Mengobati Asma Dengan Pengobatan Rumah
Cara Mengobati Asma Dengan Pengobatan Rumah

Gejala Asma

Sebelum membahas mengenai cara mengobati asma sendiri di rumah, sebaiknya ketahui dulu apa saja tanda-tanda atau gejala asma yang perlu diwaspadai.

Gejala yang menonjol dari serangan asma adalah:

  • Batuk kronis
  • Susah bicara
  • Sesak napas atau sulit bernapas dan sesak di dada
  • Muncul suara mengi saat bernapas

Tips Cara Mengobati Asma dengan Pengobatan Rumah Menggunakan Bahan Alami

Berikut ini adalah beberapa cara pengobatan rumah untuk asma, ada yang menggunakan bahan alami, ada juga dengan latihan khusus ..

  • Ara: Buah ara dikenal juga dengan buah tin juga dapat digunakan dalam cara mengobati asma dengan pengobatan rumah. Cukup makan buah ini yang telah direndam semalaman. Caranya cukup rendam 3-4 buah ara kering setelah membersihkannya dengan benar dalam air hangat dalam semalam. Memakan buah tin juga membantu dalam menyembuhkan gejala yang berbeda yang terkait dengan asma.
  • Lemon: Peras buah lemon lalu encerkan sari lemon ini dengan segelas air. Minumlah sari perasan lemon ini. Untuk rasa yang lebih enak, Anda dapat menambahkan madu secukupnya. Lemon dan madu bersifat antiseptik yang dapat membunuh kuman yang muncul di dalam lendir yang menyumbat saluran napas.
  • Gooseberry India: Ini adalah tonik obat untuk menyembuhkan penyakit asma. Campur 5 gram ini dalam 1 sendok makan madu untuk membuat tonik. Ambillah setiap pagi. Dalam enam bulan, gejala menonjol akan terselesaikan.
  • Akar Pare: Ambil 1 sendok pasta akar pare dan 1 sendok jus tulsi atau madu, lalu aduk rata. Konsumsilah satu kali selama 1 bulan di malam hari. Ini bekerja sebagai antiseptik yang menguntungkan.
  • Bawang putih: Cara mengobati asma dengan pengobatan rumah menggunakan bawang putih ini cukup mudah. Ambil 10 siung bawang putih lalu rebus dalam 30 ml susu. Ini untuk pasien yang menderita asma tahap awal. Anda bisa minum teh jahe panas dengan 2 siung bawang putih cincang di pagi hari dan juga di malam hari.
  • Safflower: Ini dimaksudkan untuk asma bronkial. Campur setengah sendok teh bubuk biji safflower kering dengan 1 sendok makan madu. Ambil campuran ini 1-2 kali sehari.
  • Jahe: Buat ekspektoran (pengencer dahak) dengan mencampur 1 sendok teh jus jahe, 1 cangkir rebusan fenugreek, dan madu, sesuai selera Anda. Anda juga bisa melakukan penyembuhan dengan mencampur 1 sendok makan biji fenugreek dalam 1 gelas air. Minum ini dua kali sehari.
  • Kunyit: Tambahkan sejumput pasta kunyit ke 1 gelas air. Obat ini paling efektif saat perut kosong. Ini membantu mengurangi lapisan lendir.
  • Liquorice: Ini adalah ramuan yang bekerja sebagai antiviral, anti-inflamasi, dan agen ekspektoran, serta stimulator kekebalan tubuh. Dengan demikian, ia memainkan peran penting dalam mengurangi gejala asma.
  • Jamur Reishi: Ini bisa mengurangi alergi dan sering digunakan sebagai tonik imun.
  • Bubuk Kayu Manis: Campurkan 1/2 sendok teh bubuk kayu manis dengan 1 sendok teh madu dan konsumsilah sebelum tidur.
  • Susu dengan Mentega: Ambil 1 gelas susu panas dan tambahkan kunyit dan banyak mentega untuk menyembuhkan kemacetan saluran napas.
  • Madu: Siapkan campuran air panas dengan satu sendok teh madu sebelum tidur. Ini secara efektif mengurangi akumulasi lapisan lendir.
  • Diet: Diet Anda harus mencakup buah segar, biji-bijian, sayuran hijau, biji-bijian, dan kecambah. Anda harus menghindari nasi, lentil, dadih, gula, makanan gorengan, kopi, teh, saus, minuman beralkohol, makanan olahan, dan acar bumbu.
  • Deep Breathing: Pernapasan dalam membantu meningkatkan jumlah oksigen yang dikonsumsi oleh paru-paru dan dengan demikian mengurangi efek kemacetan yang disebabkan oleh asma. Biasanya, orang-orang bernapas dengan cara yang dangkal, dan karena ini, sebagian besar udara tetap berada di paru-paru kita saat kita menghembuskan napas. Akibatnya, pada napas berikutnya saat kita menghirup udara, sedikit ruang tersedia untuk udara segar masuk dan paru-paru kita kurang mendapat oksigen. Di sisi lain, saat bernafas dalam dalam, kita mengevakuasi paru-paru kita sambil menghembuskan napas dan sejumlah udara masuk ke dalam paru-paru saat kita menghirup udara segar. Ada berbagai variasi pernapasan dalam, yang paling populer adalah Pranayam. Latihan pernapasan juga baik untuk melatih kekuatan otot saluran napas.
  • Pijat: Pijat minyak mustard dengan sedikit kapur barus di dada untuk memudahkan kemacetan dan penyumbatan.
  • Puasa dan Olahraga: Manfaat puasa selain baik untuk spiritual Anda juga baik untuk kesehatan Anda. Anda bisa berpuasa sekali seminggu untuk menghilangkan masalah asma. Bernapaslah udara segar, lakukan olah raga ringan, dan pertahankan postur tubuh sehat untuk menghindari serangan asma.
  • Kebersihan: Menjaga kebersihan tubuh. Tidurlah di tempat tidur yang bersih. Gunakan handuk terpisah, sprei, bantal, dan barang keperluan sehari-hari. Hindari debu, serangga, hewan peliharaan, tumbuhan, dan bau parfum, bunga, atau semprotan kimia yang kuat. Jagalah dirimu bersih, mandi dengan benar, dan hindari kedinginan. Anda harus menggunakan air hangat untuk mandi jika Anda memiliki kecenderungan untuk kedinginan.
Baca juga:   Pertolongan Pertama Cara Mengatasi Sesak Nafas Karena Jantung dan Kondisi Penyakit Lainnya

Nah itulah informasi seputar cara mengobati asma dengan pengobatan rumah yang dapat dicoba. Pengobatan asma di rumah yang disebutkan di atas lebih baik digunakan untuk kasus pencegahan agar asma tidak kambuh kembali. Sementara bila gejala asma yang muncul sangat parah, sebaiknya segera bawa pasien ke instalasi gawat darurat untuk mendapatkan pertolongan.