Cara Menghilangkan Jerawat Yang Efektif Menurut Ahli Kesehatan Kulit dan Secara Alami

Cara Menghilangkan Jerawat Yang EfektifJerawat merupakan salah satu jenis masalah kulit yang umum terjadi. Biasanya mulai muncul saat remaja atau saat seseorang mengalami masa pubertas.

Banyak orang yang membiarkan jerawat tsb hilang sendiri. Namun menurut ahli penyakit kulit, membiarkan jerawat tidak selalu menjadi pilihan yang terbaik. Masalahnya tanpa pengobatan, jerawat tsb dapat meninggalkan bekas jerawat yang dapat mengganggu penampilan. Selain itu jerawat pun dapat membuat seseorang tidak percaya diri.

Bila dibiarkan maka jerawat akan meninggalkan bintik-bintik hitam di kulit. Bintik hitam ini biasanya akan hilang dalam waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun lamanya. Selain itu dapat juga muncul bekas jerawat berupa bopeng-bopeng yang bersifat permanen.

Lalu bagaimana cara menghilangkan jerawat di wajah yang efektif dan bagian tubuh lainnya ya?

Perlu Anda ketahui, tak hanya remaja yang dapat mengalami jerawat. Pasalnya banyak wanita dewasa baik umur 30, 40, 50 maupun di atasnya juga mengalami gangguan kulit ini.

Walaupun salah satu penyebab jerawat adalah perubahan hormon, namun nyatanya masih banyak faktor lain yang dapat menjadi pemicunya.

Jerawat dapat muncul dimana saja, baik di pungggung, di dada, di leher, di bahu, di lengan atas, di pantat, dan yang paling mengganggu penampilan adalah jerawat di wajah..

cara menghilangkan jerawat secara efektif
Ilustrasi cara menghilangkan jerawat di wajah secara efektif (image: gazettereview.com)

Penyebab Jerawat

Sebelum membahas mengenai cara menghilangkan jerawat yang ampuh, sebaiknya ketahui dulu apa saja yang menyebabkan jerawat.

Jerawat muncul saat pori-pori kulit tersumbat oleh sel kulit mati. Secara normal, sel kulit mati akan naik ke permukaan pori lalu terlepas dari tubuh. Ketika tubuh membuat sebum (yaitu minyak yang menjaga kulit dari kekeringan), sel kulit mati tsb menempel dan terjebak di dalam pori.

Kadang-kadang bakteri yang hidup di kulit juga masuk ke dalam pori yang tersumbat tsb, sementara pori merupakan tempat hidup ideal bagi bakteri untuk berkembang biak secara cepat. Dengan adanya banyak bakteri di dalam pori tsb, pori menjadi meradang (bengkak dan kemerahan) dan terjadilah apa yang disebut dengan jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat Menurut Para Ahli Dermatologis

Sekarang ini banyak sekali obat jerawat yang ampuh namun bukan berarti obat yang ampuh untuk seseorang bekerja efektif juga untuk orang lain.

Ada 2 jenis obat jerawat yaitu obat jerawat tanpa resep dan obat jerawat dengan resep dokter.

Banyak orang yang memilih cara menghilangkan jerawat menggunakan obat jerawat tanpa resep ini. Produk obat jerawat ini biasanya mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat yang dapat membuat kulit mulus namun bukan berarti obat tsb dapat menghilangkan jerawat dalam waktu semalam loh!

Faktanya, setidaknya diperlukan waktu 4-8 minggu untuk melihat hasil perbaikannya. Setelah jerawat tsb hilang, tips perawatan kulit tetap harus dilakukan untuk mencegah jerawat datang kembali.

Bila Anda memiliki banyak jerawat, cara menghilangkan jerawat dengan obat warung mungkin tidak akan efektif. Sebaiknya periksakan diri ke dermatologis untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cara menghilangkan jerawat menggunakan obat yang biasa diresepkan oleh para dermatologis

  • Obat jerawat yang dioleskan di kulit seperti salep / krim yang dapat membantu menghilangkan bakteri dan mengurangi jumlah minyak. Obat jerawat topikal ini biasanya mengandung retinoid, antibiotik, atau asam salisilat.
  • Obat jerawat yang diminum, biasanya dipilih bila Anda memiliki jerawat berwarna merah dan membengkak. Obat jerawat oral ini biasanya terdiri dari antibiotik, pil KB, dan isotretionoin. Cara menghilangkan jerawat dengan minum antibiotik sangat efektif untuk menyembuhkan jerawat yang disebabkan oleh bakteri. Antibiotik juga dapat mengurangi peradangan yang terjadi. Sementara cara menghilangkan jerawat dengan minum pil KB cukup efektif untuk wanita yang memiliki jerawat karena gangguan hormon. Isetretinoin dapat bekerja efektif untuk semua jenis penyebab jerawat.

Prosedur cara menghilangkan jerawat yang biasa digunakan para ahli dermatologis

  • Terapi laser dan terapi cahaya lainnya, prosedur ini dapat menurunkan jumlah bakteri p.acnes.
  • Pengelupasan secara kimia
  • Penghilangan jerawat dengan teknik pengeringan dan pelepasan jerawat. Cara menghilangkan jerawat ini dipilih bila obat yang digunakan tidak efektif atau tidak menunjukkan adanya perbaikan. Jadi nanti dermatologis akan menyuntikkan obat tertentu ke dalam jerawat tsb.

Cara Mengurangi Jerawat dengan Tips Perawatan Kulit dari Dermatologis

Agar jerawat Anda tak semakin parah, berikut ini tips perawatan kulit yang dapat Anda lakukan, yaitu:

  • Cuci kulit wajah 2 kali sehari dan setelah berkeringat. Keringat yang muncul terutama saat menggunakan topi ataupun helm dapat memperburuk jerawat yang ada, jadi cucilah wajah Anda sesegera mungkin setelah berkeringat.
tips perawatan kulit dapat mencegah jerawat muncul kembali
Mencuci muka merupakan tips perawatan kulit dapat mencegah jerawat muncul kembali (image: allure.com)
  • Gunakan ujung jari saat menggunakan pembersih wajah. Penggunakan kain, kassa, ataupun kapas kadang dapat membuat iritasi pada kulit berjerawat.
  • Gunakan kosmetik yang aman dan cocok dengan kulit seperti yang bebas alkohol. Sebaiknya jangan gunakan produk kosmetik yang dapat mengiritasi kulit seperti yang mengandung astringen, toner, dan eksfolian karena kulit kering dan merah justru akan memperparah jerawat Anda.
  • Hindari melakukan scrub karena dapat memperburuk kondisi jerawat.
  • Bilas wajah menggunakan air hangat.
  • Bila Anda memiliki rambut berminyak, cucilah rambut dengan shampoo secara teratur misalnya setiap hari.
  • Jaga tangan Anda yang seringkali gatal untuk menyentuh jerawat ataupun memencetnya. Cara ini justru dapat memperparah jerawat Anda semakin meradang dan dapat menimbulkan bekas jerawat yang nantinya malah sulit dihilangkan.
  • Hindari berjemur di bawah matahari. Beberapa obat jerawat dapat membuat kulit sangat sensitif terhadap sinar UV dan dapat meningkatkan risiko kanker kulit.
Baca juga:   Hipertensi Pada Ibu Hamil: Jenis, Penyebab, Dampak, dan Pengobatannya

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Menggunakan Bahan Alami

Nah bagi Anda yang suka berbau herbal dan alami, tentunya Anda lebih memilih cara alami menghilangkan jerawat yang ampuh bukan?

Cara ini biasanya menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat dan harganyapun cukup murah. Walaupun terbukti ampuh mengatasi jerawat namun perlu Anda ketahui bahwa efek dari cara ini mungkin tidak akan secepat cara menghilangkan jerawat menggunakan obat penghilang jerawat ataupun prosedur yang dilakukan dermatologis di atas.

Perlu diingat juga bahwa cara menghilangkan jerawat secara alami berikut ini sebaiknya hanya digunakan bila jerawat Anda tidak terlalu parah atau tidak terjadi peradangan yang parah. Untuk hasil terbaik, diperlukan juga kedisiplinan untuk terus menggunakannya.

Cara Alami Mengatasi Jerawat Menggunakan Lemon

Jeruk lemon kaya akan vitamin C yang mampu mengurangi radang pada kulit, membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat, juga dapat mencerahkan kulit kusam.

Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan buah lemon ini cukup mudah, cukup siapkan 1 buah lemon lalu tekan-tekan sedikit di kulitnya kemudian potong menjadi 2 bagian. Ambil perasan jeruk lemon tsb lalu oleskan pada wajah. Biarkan hingga 15 menit lalu bilas dengan air bersih dingin.

Cara Mengobati Jerawat Secara Alami Menggunakan Madu

Madu sudah dipercayai memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk kecantikan kulit sejak jaman nenek moyang dulu. Kandungan antiseptik di dalamnya mampu membasmi bakteri dan mengurangi peradangan karena jerawat. Selain efektif mengatasi jerawat, madu juga dapat digunakan untuk mencegah jerawat muncul kembali.

Cara menghilangkan jerawat secara alami menggunakan madu sangat mudah dan praktis, yaitu cukup oleskan beberapa tetes madu murni ke bagian yang berjerawat lalu diamkan hingga 45 menit atau sampai mengering, lalu bilas dengan air dingin. Untuk hasil yang lebih baik, lakukan perawatan wajah dengan masker madu ini 3x dalam seminggu.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Menggunakan Masker Alpukat dan Madu

Daging buah alpukat yang dihaluskan lalu dicampur dengan madu memang merupakan perpaduan jitu untuk mengatasi jerawat di wajah. Madu memiliki sifat anti bakteri sementara buah alpukat kaya akan vitamin E yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Untuk hasil yang lebih baik, Anda dapat pula menambahkan perasan jeruk lemok pada campuran masker tsb. Oleskan masker pada wajah yang telah dibersihkan dari make up ataupun kotoran lainnya, lalu biarkan hingga 15-20 menit, kemudian bilaslah dengan air hangat.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami Mentimun

Buah mentimun selain baik untuk mengatasi mata panda ternyata memiliki manfaat untuk kecantikan kulit pula. Mentimun sangat kaya akan kandungan antioksidan, asam amino, mineral, dan vitamin C yang dapat melawan aneka radikal bebas, mengeluarkan racun dari tubuh, melembabkan kulit, memberikan kesegaran pada kulit, serta mengatasi jerawat.

Untuk membuat ramuan obat jerawat dari mentimun sekaligus melembabkan dan menyegarkannya, cukup dengan memotong buah mentimun segar yang telah dicuci bersih, iris tipis-tipis lalu tempelkan irisan mentimun tsb di wajah atau pada kulit yang berjerawat, biarkan sekitar 15 menit lalu bilas wajah dengan air hangat.

Untuk mendapatkan lebih banyak manfaat kesehatan dan kecantikan dari buah mentimun, Anda dapat meminum jus mentimun yang dicampur dengan perasan jeruk nipis, rasanya hmmm enak dan menyegarkan.

Cara Alami Mengatasi Jerawat Membandel dengan Masker Pepaya

Buah pepaya termasuk salah satu buah yang mudah didapat dengan harga murah. Bahkan buah ini pun sangat mudah ditanam di pekarangan rumah. Selain enak dikonsumsi, ternyata buah papaya pun memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Buah pepaya mengandung enzim papain yang dapat mengikis sel kulit mati, mengandung vitamin dan antioksidan yang dapat melawan aneka radikal bebas, mencerahkan kulit wajah, dan mengurangi peradangan karena jerawat.

Untuk menggunakan cara menghilangkan jerawat secara alami dengan buah pepaya ini, Anda cukup dengan membuat maskernya, yaitu haluskan beberapa potong daging buah papaya sampai berbentuk bubur lalu tambahkan 1 sdt madu atau lemon untuk hasil yang lebih jos. Oleskan masker tsb di wajah yang berjerawat lalu biarkan hingga mengering atau sekitar 15 menit. Setelahnya barulah bilas dengan air hangat.

Cara Mencegah Jerawat dan Mengatasi Jerawat Muncul Kembali

Di atas telah diuraikan bagaimana cara menghilangkan jerawat yang efektif baik menurut ahli dermatologis ataupun cara alami mengatasi jerawat yang efektif. Nah agar jerawat tak datang kembali, Anda harus melakukan perawatan kulit.

Berikut ini beberapa tips yang dapat digunakan untuk mencegah jerawat kambuh kembali, yaitu:

  • Jaga kebersihan kulit. Kebersihan kulit merupakan kunci utama mencegah aneka permasalahan kulit termasuk jerawat. Sebaiknya cuci muka setelah bepergian, setelah berkeringat, dan sebelum tidur. Sebaiknya gunakan pula pembersih wajah yang aman dan sesuai dengan jenis kulit Anda.
  • Hindari riasan wajah berlebihan. Penggunaan kosmetik yang tak cocok dan berlebihan dapat juga menjadi penyebab masalah kulit termasuk jerawat. Bila Anda menggunakan riasan wajah, jangan lupa untuk segera membersihkannya sebelum tidur.
  • Lakukan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat seperti melakukan pola makan sehat dan berolahraga merupakan cara jitu menjaga kesehatan secara umum termasuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah jerawat datang. Memperbanyak makan buah dan sayur serta menghindari makanan berminyak dan makanan junk food mampu membantu Anda menghilangkan jerawat secara efektif. Sementara olahraga yang teratur dapat membantu menjaga keseimbangan hormon dan mengurangi stres dimana 2 kondisi ini merupakan penyebab jerawat. Sebaiknya mandilah dengan air hangat setelah berolahraga untuk membersihkan keringat dan minyak yang keluar sehabis olahraga yang dapat menimbulkan jerawat.

Penutup

Tergantung kondisi tingkat keparahan, Anda dapat memilih cara mengatasi jerawat menggunakan obat jerawat yang ada di pasaran ataupun menurup resep dokter, atau memilih cara alami menghilangkan jerawat.

Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter kulit / dermatologis bila jerawat Anda semakin parah, atau bila obat jerawat yang digunakan atau cara menghilangkan jerawat secara alami tidak bekerja efektif atau malah semakin memperburuk kondisi kulit, dan / atau bila jerawat tsb meninggalkan bekas atau membuat noda hitam di kulit.

Itulah beberapa informasi seputar cara mengatasi jerawat yang efektif menurut ahli kesehatan dan kecantikan kulit, cara menghilangkan jerawat secara alami menggunakan bahan alami, tips perawatan kulit berjerawat, dan cara mencegah munculnya jerawat datang kembali yang dapat dibagikan. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
www.aad.org/public/diseases/acne-and-rosacea/