Begini Cara Terbaik Untuk Berhenti Mengkonsumsi Alkohol di Rumah

Menghindari dan membatasi penggunaan alkohol merupakan salah satu perubahan gaya hidup sehat. Terutama buat Anda seorang muslim, karena alkohol merupakan salah satu senyawa yang diharamkan.

Namun faktanya, karena tuntutan gaya hidup dan pergaulan, banyak yang masih mengkonsumsi alkohol dan malah cenderung mengalami ketergantungan. Bila sudah begini mungkin Anda mencari cara terbaik untuk berhenti mengkonsumsi alkohol yang dapat membahayakan kesehatan ini.

Alkoholisme menyiratkan kecenderungan mengkonsumsi alkohol sampai tingkat kecanduan. Minum alkohol menjadi kebutuhan seseorang dan itu tampak sebagai dorongan. Orang tersebut kehilangan keseimbangan mental mereka tanpa alkohol dan beberapa reaksi tubuh lainnya menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

Banyak cara mengatasi kecanduan alkohol, bisa dengan konsultasi dengan dokter kepercayaan Anda atau dapat melakukan terapi alternatif di rumah. Ada pengobatan di rumah yang membantu mengeluarkan racun dari tubuh, mendapatkan kembali kadar garam yang tepat, dan membatasi keinginan akan alkohol.

Beberapa pengobatan rumahan untuk kecanduan alkohol mencakup penggunaan seledri, jus anggur, kurma, lemon, madu, jus jeruk, kulit pohon willow, pisang, apel, labu pahit, akar jahe, dan kopi dalam berbagai bentuk.

Selain melakukan cara berhenti mengkonsumsi alkohol tsb, sebaiknya hindari merokok, berolahraga secara fisik, dan banyak minum air putih untuk dapat mengembalikan fungsi tubuh yang kurang optimal.

Alkoholisme mengacu pada dorongan untuk mengkonsumsi alkohol. Sebagai perkiraan, dari 17 juta orang yang kecanduan alkohol, hanya 3 juta orang yang dapat mencari pertolongan dan bimbingan yang tepat untuk keluar dari mabuk abadi ini.

Mabuk merupakan salah satu alasan utama untuk melakukan kecelakaan, kekerasan, kejahatan, dan secara konsisten menghancurkan keluarga. Hal ini ditandai dengan adanya obsesi yang sangat besar untuk mengkonsumsi alkohol. Hal ini mengarah pada situasi di mana individu kehilangan kontrol atas diri dan minuman sedemikian rupa sehingga menyebabkan kerusakan tubuh mereka sendiri dengan cara yang serius. Ini adalah kondisi yang tidak terkendali dan sangat penting untuk membuat tipe orang ini menyadari situasinya dan membantu mereka untuk keluar dari situasi kecanduan alkohol ini.

Alkoholisme menyebabkan sakit kepala, ucapan terhuyung, penglihatan kabur, dan pengurangan aktivitas otak. Selain itu, hal itu juga menyebabkan kelemahan otot, ketidakseimbangan dalam ekuilibrium kimia di hati, menyebabkan penyakit liver, dan borok pada lapisan pencernaan. Seseorang mungkin memerlukan bantuan medis jika situasinya tidak dapat ditangani dengan pengobatan di rumah.

Ketika seseorang membutuhkan bantuan dengan alkoholisme, dia memiliki pilihan untuk menjalani pengobatan di rumah atau dapat beralih ke program perawatan alkohol formal.

Pusat Program Obat dan Alkohol di Universitas Kedokteran South Carolina menyatakan bahwa alkoholisme tidak ada kaitannya dengan kurangnya kemauan untuk melakukan sesuatu pada individu. Sebaliknya, otak berubah sedemikian rupa sehingga mereka tidak bisa hidup tanpa alkohol. Ini mempengaruhi baik fungsi dan struktur otak, mengganggu kontrol atas emosi, dan memotivasi perilaku yang tidak bijaksana. Itu tidak terjadi dalam beberapa hari. Sebaliknya, penggunaan alkohol dalam jangka lama dan terus mengalami pelecehan dapat membuat seseorang kecanduan alkohol.

Cara Terbaik Untuk Berhenti Mengkonsumsi Alkohol
Cara Terbaik Untuk Berhenti Mengkonsumsi Alkohol

Apa Itu Alkohol?

Minuman beralkohol biasanya dibuat dengan cara memfermentasi buah, sayur atau bahan tanaman lainnya, agar menghasilkan reaksi kimia yang menghasilkan alkohol.

Mereka mengandung persentase etanol yang bervariasi, sehingga satu minuman standar dengan kadar alkohol rendah (seperti bir ) biasanya dikonsumsi dalam jumlah yang lebih banyak daripada alkohol dengan persentase lebih tinggi (seperti anggur / wine, atau alkohol).

Sebagai senyawa kimia, alkohol juga merupakan macronutrien, yang berarti bahwa tubuh manusia memperoleh energi dari senyawa ini. Oleh karena alkohol juga dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Apakah alkohol itu obat?

Efek utama konsumsi alkohol adalah melibatkan depresi sistem saraf pusat. Ini berarti, pada intinya, itu memperlambat fungsi otak. Inilah sebabnya mengapa orang yang telah mengkonsumsi banyak alkohol mungkin mengalami kesulitan berkonsentrasi, kesulitan mengkoordinasikan gerakan tubuh mereka, atau menunjukkan penilaian yang lebih buruk daripada biasanya. Efek ini terkait dengan area otak dimana aktivitasnya tertekan.

Apakah Alkohol adalah depresan?

Ya, alkohol adalah depresan, tetapi tidak dalam arti bahwa itu bisa ‘menekan Anda’ atau membuat Anda merasa sedih (walaupun mabuk sangat mungkin menghasilkan efek semacam itu). Alkohol adalah depresan sistem saraf pusat, yang berarti melambat, atau ‘menekan’ otak Anda berfungsi dengan cara tertentu.

Berapa banyak alkohol yang terlalu banyak?

Bergantung pada jenis alkohol, ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa konsumsi yang tepat (misalnya anggur) dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Namun, jika Anda merasa minum alkohol secara rutin lalu mengalami penyesalan atau mengalami kesulitan mengingat apa yang mungkin Anda katakan atau lakukan saat berada di bawah pengaruh alkohol, ini menunjukkan bahwa mungkin Anda memiliki beberapa masalah dengan konsumsi alkohol anda. Sebaiknya diskusikan asupan Anda dengan keluarga, teman dan dokter.

Apa itu alkoholisme?

Alkoholisme adalah kondisi kesehatan kronis, dan mengacu pada ketergantungan pada alkohol, zat pengubah pikiran. Hal ini ditandai terutama oleh perasaan kehilangan kendali seputar minum, perlu minum dalam jumlah yang semakin banyak untuk merasakan efek dari minum, dan minum dengan cara yang merusak kesehatan dan hubungan pribadi seseorang.

Baca juga:   Penyebab dan Cara Mengobati Penyempitan Pembuluh Darah Jantung

Apa itu pecandu alkohol?

Pecandu Alkohol adalah individu yang menderita alkoholisme, kelainan kronis dan kambuh. Mengingat penarikan alkohol / menghentikan kecanduan alkohol bisa berakibat fatal maka perlu dilakukan perawatan terlebih dahulu melibatkan detoksifikasi yang diawasi secara medis, dan pemulihan melibatkan pantangan total bersamaan dengan dukungan sosial jangka panjang (melalui Alcoholics Anonymous).

Seringkali, beberapa usaha diperlukan sebelum pantangan jangka panjang tercapai, namun banyak individu dengan ketergantungan alkohol berhasil mencapai stabilitas dalam kehidupan mereka dengan menggunakan dukungan seperti kelompok AA, sehingga pemulihan mungkin terjadi.

Bagaimana Cara Berhenti Minum Alkohol?

Langkah pertama untuk menghentikan kebiasaan minum alkohol adalah dengan bicara.

Cobalah bicara dan diskusikan masalah Anda dengan teman dekat, keluarga, atau terapis. Langkah selanjutnya yang mungkin membantu mengatasi kecanduan alkohol adalah dengan mulai mencatat asupan alkohol Anda.

Langkah lain yang harus dilakukan adalah menghindari kejadian di mana Anda merasa mengalami kesulitan menghindari alkohol. Anda juga dapat menghubungi organisasi di wilayah Anda untuk mendukung Anda mengelola masalah ini dan berbagi pengalaman mengenai cara berhenti mengkonsumsi alkohol yang efektif.

14 Cara Terbaik Untuk Berhenti Mengkonsumsi Alkohol Di Rumah

Ada beberapa solusi rumah penting yang dapat membantu pecandu alkohol menyingkirkan penyakit ini sampai batas tertentu. Ini disebutkan di bawah ini:

  • Seledri: Ambil jus dari seledri dan konsumsi setiap hari setidaknya sebulan. Seledri menghasilkan efek yang diinginkan untuk mendapatkan satu dari kondisi alkoholik.
  • Jus Anggur: Jus anggur terdiri dari bentuk alkohol yang hampir murni. Seseorang mungkin minum jus anggur selama beberapa hari sampai dia terbiasa dengan diet normal yang tidak melibatkan alkohol tradisional.
  • Kurma: Ini adalah salah satu solusi rumah sederhana untuk mengobati alkoholisme. Seseorang harus mengkonsumsi kurma setiap hari dengan air selama sekitar sebulan untuk mendapatkan manfaatnya dalam mengurangi kecenderungan alkoholisme.
  • Lemon dan Madu: Campuran lemon dan madu dianggap sebagai cara efektif untuk menyembuhkan alkoholisme jika dikonsumsi bersamaan dengan air hangat. Madu mengandung fruktosa dan gula yang membantu seseorang melepaskan diri dari sisa-sisa alkohol di tubuh. Namun, seseorang harus menghindari obat ini jika mereka menderita diabetes .
  • Jus Jeruk: Ini juga merupakan sumber gula yang kaya yang dapat membantu menyiram alkohol ke luar tubuh.
  • Willow Bark: Kulit dari pohon willow mengandung senyawa yang membantu merelaksasi otak dan membantu Anda melepaskan diri dari rasa sakit dimana Anda sering beralih ke alkohol.
  • Pisang: Alkoholisme menghasilkan pengeringan potassium dari tubuh. Sangat penting untuk menjaga tingkat potasium yang benar karena memainkan peran penting dalam transmisi impuls saraf. Pisang memainkan peran dalam hal ini dengan mendapatkan kembali kadar potassium yang hilang.
  • Apel: Apel memainkan peran penting dalam mengurangi keinginan akan alkohol. Ini adalah praktik yang baik untuk memberi makan jus apel jus individu secara berkala. Ini juga membantu menghilangkan racun yang terkumpul di dalam tubuh akibat konsumsi alkohol.
  • Pare: Daun dari labu pahit atau pare terasa keras dan diketahui memiliki sifat yang membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh. Sejumlah kecil zat yang sama dapat dikonsumsi dengan buttermilk, yang juga menyembuhkan kerusakan hati sampai batas tertentu.
  • Akar Jahe: Potong potongan dari akar jahe dan rebus mereka di secangkir air. Rebusan ini bisa digunakan dalam mengobati muntah dan akan membuat orang merasa segar dan rileks.
  • Kopi: Kopi memiliki khasiat mengurangi penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan pembengkakan dan sakit kepala. Jadi, secangkir kopi bisa diminum dua kali sehari untuk mendapatkan kelegaan dari sakit kepala.
  • Hindari Merokok: Merokok selalu mengarah pada dorongan untuk konsumsi alkohol. Seseorang yang mencoba mengobati alkoholisme juga harus memastikan untuk benar-benar menghilangkan kebiasaan merokok juga.
  • Latihan Fisik: Meditasi, kriyani yoga, jalan cepat, dan latihan fisik membuat individu merasa segar dan diremajakan. Ini harus ditanamkan dalam rutinitas harian Anda dan pasti akan membebaskan orang dari kecenderungan alkoholisme.
  • Banyak Minum Air: Alkohol diketahui menyebabkan dehidrasi. Karena itu, disarankan untuk mengkonsumsi air sebanyak mungkin untuk menutup tubuh dari air yang telah hilang.

Menurut Buku Dokter, seseorang harus selalu berusaha menghindari terlalu banyak minum alkohol untuk menghindari konsekuensinya. Hal ini bisa dilakukan dengan meminum alkohol berkualitas baik secara perlahan atau memastikan tidak terlalu banyak dikonsumsi setiap hari.

Tidak ada yang salah dengan minum, tapi moderasi itu penting. Seseorang mungkin juga mengonsumsi minuman saat perut kenyang, sehingga tidak banyak ruang untuk asupan berlebihan.

Karena sedikit berhati-hati dan dengan mengikuti pengobatan di atas, Anda benar-benar dapat keluar dari mabuk karena konsumsi alkohol dan kondisi berbahaya dari alkoholisme penuh.

Nah itulah informasi seputar minum alkohol dan cara berhenti mengkonsumsi alkohol yang efektif. Cara termudah menghindari kecanduan alkohol adalah dengan menghindari meminumnya. Semoga bermanfaat ..