Kandungan Gizi dan Manfaat Strawberry Bagi Kesehatan Tubuh Ternyata Ini!

Manfaat Strawberry untuk Kesehatan Tubuh – Bila Anda sedang berlibur ke Bandung maka salah satu wisata yang menarik untuk dicoba adalah wisata petik strawberry. Bukan hanya seru dilakukan, memiliki rasa yang segar, namun ternyata terdapat banyak manfaat kesehatan di balik buah merah kecil ini. Nah apa saja manfaat dan khasiat stroberi untuk tubuh kita?

Begitu banyak manfaat memakan buah-buahan dan sayur mayur termasuk strawberry. Semakin banyak porsi yang Anda makan maka semakin kecil juga risiko terjadinya penyakit jantung, diabetes, dan penyakit kanker. Konsumsi banyak buah dan sayur juga sangat erat kaitannya dengan kesehatan rambut dan kulit, peningkatan energi, serta penurunan berat badan. Secara keseluruhan, konsumsi buah dan sayur dapat menurunkan risiko obesitas dan meningkatkan waktu hidup seseorang.

Namun sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat strawberry, alangkah baiknya bila Anda mengetahui dulu apa saja kandungan buah stroberi ini. Selain itu, situs Sehat Plus pun akan membahas contoh penggunaan buah strawberry serta apa yang harus diperhatikan saat menggunakan buah ini.

Kandungan Gizi Buah Strawberry

Buah stroberi sangat kaya akan vitamin yang penting untuk kesehatan tubuh. Strawberry memiliki kandungan tinggi akan vitamin C, asam folat, kalium, dan serat. Dalam 1 cangkir buah stroberi segar mengandung vitamin C sebanyak 160% dari kebutuhan harian Anda. Lebih kerennya lagi, hanya menghasilkan 50 kalori saja.

Berikut ini adalah kandungan nutrisi strawberry yang perlu diketahui:

Dalam 1 cangkir irisan buah stroberi segar (sekitar 166g) mengandung

  • 50 kalori
  • 1 gram protein
  • 11,65 gram karbohidrat
  • 3,81 gram serat
  • 23,24 gram kalsium
  • 0,63 gram besi
  • 16,60 mg magnesium
  • 31,54 mg fosfor
  • 44,82 mg kalium
  • 1,16 mg selenium
  • 94,12 mg vitamin C
  • 29,38 mg folat
  • 44,82 IU vitamin A

Selain kandungan gizi stroberi di atas, terdapat juga sejulah antioksidan antosianin, asam elagik, quercetin, dan kaempferol yang memiliki sifat anti kanker.

manfaat strawberry bagi kesehatan
manfaat strawberry bagi kesehatan (image: healthyfitnatural.com)

Manfaat Strawberry Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat buah stroberi yang telah terbukti secara ilmiah, yaitu:

Manfaat Kesehatan Buah Strawberry dalam Mencegah Konstipasi

Salah cara mengatasi susah buang air besar / sembelit / konstipasi sangat disarankan untuk makan makanan yang mengandung kadar air dan serat yang tinggi seperti stroberi, anggur, melon, semangka, dll yang dapat membantu jumlah air dalam tinja dan pergerakan usus secara normal.

Khasiat Stroberi dalam Mengatasi Penyakit Diabetes

Salah satu strategi penanganan penyakit diabetes adalah dengan pola makan sehat serta mengecek kadar gula darah secara teratur. Nah bila Anda masih bingung memilih menu makanan yang tepat, Anda dapat mencoba buah stroberi. Alasannya buah strawberry memiliki indek glikemik yang rendah dan tinggi serat sehingga dapat mengatur kadar gula darah tetap stabil, menghindari lonjakan yang terlalu tinggi ataupun terlalu rendah.

Manfaat strawberry lainnya adalah dapat menurunkan risiko komplikasi pada diabetes seperti penyakit ginjal dan saraf.

Manfaat Strawberry dalam Mengatasi Penyakit Jantung

Sebuah penelitian di Harvard menemukan bahwa konsumsi antosianin (yaitu flavonoid yang ada dalam stroberi dan buah beri lainnya) secara rutin dapat menurunkan risiko serangan jantung sebanyak 32% pada wanita muda dan paruh baya.

Flavonoid quercetin yang juga terdapat dalam buah stroberi merukan anti radang alami yang dapat menurunkan risiko aterosklerosis dan mencegah kerusakan yang disebabkan oleh kolesterol “jahat” LDL.

Baca juga:   Pisang Ambon Untuk Ibu Hamil, Amankah? Ini Manfaat dan Bahayanya!

Kandungan polifenol dalam buah strawberry juga dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dengan mencegah pembentukan platelet dan menurunkan tekanan darah melalui mekanisme anti radang.

Riset lainnya telah menemukan bahwa manfaat makan strawberry dapat membantu menurunkan kadar homosistein yaitu sebuah asam amino dalam darah yang berkaitan dengan kerusakan dinding dalam pembuluh darah arteri.

Manfaat strawberry bagi kesehatan jantung juga didukung oleh kandungan serat dan kaliumnya. Menurut hasil penelitian, orang yang memakan kalium sebanyak 4,069 gram per hari memiliki penurunan risiko kematian karena penyakit jantung iskemik sebanyak 49% dibandingkan orang yang hanya mengkonsumsi kalium 1 g per hari.

Khasiat Buah Strawberry dalam Mengatasi Stroke

Kandungan antioksidan dalam buah stroberi seperti quercetin, kaempferol, dan antosianin mampu menurunkan pembentukan gumpalan darah yang erat kaitannya dengan terjadinya stroke. Konsumsi kalium tinggi juga dapat menurunkan risiko stroke.

Kegunaan Buah Strawberry dalam Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat strawberry dalam mencegah penyakit darah tinggi dimungkinkan karena kandungan kalium dalam buah ini cukup tinggi. Oleh karena itu sangat disarankan mengkonsumsi buah dan sayur yang tinggi kalium untuk mengurangi dampak tingginya natrium dalam tubuh.

Manfaat Strawberry dalam Mengatasi Kanker

Seperti yang telah disebutkan di atas, buah strawberry kaya akan antioksidan kuat yang dapat melawan aneka radikal bebas, menghambat pertumbuhan kanker, dan menurunkan peradangan dalam tubuh.

Manfaat Strawberry dalam Meredakan Alergi dan Asma

Manfaat dan khasiat stroberi dalam mengatasi alergi dan asma dimungkinkan karena kandungan anti radang quercetin di dalamnya. Selain karena kandungan anti radangnya, gejala alergi dan asma pun dapat diturunkan karena kandungan vitamin C dan nutrisi lainnya dalam buah ini.

Manfaat Stroberi dalam Mengatasi Depresi

Khasiat dan manfaat strawberry lainnya adalah mengurangi depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dalam tubuh. Homosistein dapat menghalangi suplai darah dan nutrisi lainnya ke dalam otak. Kelebihan homosistein juga mengganggu produksi hormon mood baik seperti serotonin, dopamin, dan norefinefrin yang tidak hanya mempengaruhi mood namun juga tidur dan napsu makan.

Kegunaan Strawberry Selama Masa Kehamilan

Buah stroberi juga sangat baik dikonsumsi ibu hamil dalam mencegah cacat lahir pada janin karena kandungan asam folatnya.

Apa Saja Yang Harus Diwaspadai Saat Konsumsi Buah Stroberi?

Di atas sudah dijelaskan banyaknya manfaat strawberry bagi kesehatan tubuh. Nah sekarang saatnya Anda mengetahui apakah ada efek samping mengkonsumsi buah strawberry?

Perlu Anda ketahui, strawberry yang Anda beli di supermarket atau di perkebunan mungkin masih mengandung pestisida yang bila tertelan dapat berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu sangat disarankan untuk membeli stroberi organik atau bila memungkinkan silahkan budidayakan di pekarangan rumah Anda. Atau bila masih tidak memungkinkan, jangan lupa untuk selalu mencuci buah tsb menggunakan air bersih mengalir.

Selain itu, konsumsi buah stroberi dalam jumlah banyak juga sebaiknya dibatasi saat Anda di bawah pengobatan beta-blocker (yaitu obat jantung yang dapat menaikkan kadar kalium dalam darah). Alasannya karena dapat berakibat fatal bila ginjal tak mampu membuang kelebihan kalium tsb.

Bagaimana Cara Konsumsi Buah Strawberry?

Banyak varian stroberi yang dijual di pasaran, mulai dari buah segar, buah beku kering, sirup, jeli, maupun selai. Namun bila Anda ingin mendapatkan manfaat strawberry yang lebih banyak sebaiknya gunakan buah segar.

Anda dapat memakan potongan buah segar secara langsung, meminum jus buah segar, atau menggunakannya dalam salad.

Nah itulah informasi seputar kandungan gizi dan manfaat strawberry untuk kesehatan beserta hal-hal yang harus diwaspadai. Karena begitu banyaknya manfaat dan khasiat buah stroberi serta buah atau sayuran lainnya, sebaiknya masukkan dalam menu makan harian Anda. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
medicalnewstoday.com/articles/271285.php