Fakta Mengejutkan Di Balik Manfaat Infused Water Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Infused Water – Belakangan ini Anda mungkin sering mendengar istilah infused water dan minuman ini diklaim memiliki banyak manfaat kesehatan. Sebetulnya apakah infused water? Dan apakah betul ada manfaatnya terhadap kesehatan tubuh? Bila ada bagaimana cara membuatnya? Agar Anda tidak penasaran, yuk simak ulasannya berikut ini ..

Apakah Itu Infused Water?

Infused water adalah sebuah minuman yang terbuat dari air mineral yang terdapat potongan buah segar di dalamnya. Proses pembuatan infused water memerlukan waktu beberapa jam sampai kandungan nutrisi dalam buah keluar dan larut dalam air mineral tsb. Air inilah yang kemudian diminum sementara potongan buahnya dibuang karena menjadi lembek dan tidak enak dimakan.

Minuman ini kian populer sekarang ini karena diklaim mampu memberikan banyak manfaat kesehatan. Benarkah demikian?

manfaat infused water
Infused Water (photo credit: thedosmeticcurator.com)

Manfaat Infused Water untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah beberapa klaim manfaat infused water untuk kesehatan tubuh beserta faktanya yang penting Anda ketahui agar Anda tidak salah presepsi dalam penggunaannya.

  1. Manfaat Infused Water Untuk Diet

Belum ada penelitian yang mengklaim bahwa dengan meminum infused water mampu menurunkan berat badan lebih sehat. Agar Anda dapat memiliki berat badan ideal yang sehat maka cara terbaik adalah dengan mengatur pola makan yang sehat dan melakukan olah raga yang teratur.

  1. Manfaat Infused Water untuk Detoks

Potongan lemon dalam air mineral diklaim dapat membantu pembuangan racun tubuh / sarana detoksifikasi. Namun sebetulnya tubuh sudah memiliki sistem pembuangan sendiri sehingga mampu mengeluarkan racun tubuh atau zat-zat yang tidak diperlukan tubuh melalui keringat, air kencing, kotoran, dan saluran pernapasan.

  1. Manfaat Infused Water agar Tetap Awet Muda

Buah-buahan memang sangat kaya antioksidan yang mampu melawan aneka radikal bebas penyebab penuaan dini. Manfaat infused water untuk menghambat proses penuaan memang lebih baik daripada mengkonsumsi air mineral saja.

Namun akan lebih baik lagi bila Anda mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar sebagai menu harian Anda dan tidak terbatas hanya potongan buah dalam air saja.

Nah itulah beberapa fakta seputar manfaat infused water untuk kesehatan tubuh. Sekarang pilihan tergantung pada Anda. Menurut saya pribadi bila Anda ingin mendapatkan manfaat kesehatan dari potongan buah yang ada di dalamnya sebaiknya konsumsi langsung saja buah segar tsb daripada repot-repot membuat infused water.

Baca juga:   Buah Jeruk Jepara: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

Walaupun demikian, bagi Anda yang kurang menyukai buah untuk dikonsumsi langsung seperti anak-anak, atau Anda yang kurang suka minum air mineral maka mengkonsumsi infused water dapat menjadi salah satu alternative agar kebutuhan cairan tubuh dan kebutuhan nutrisi buah dapat terus terpenuhi.

Bagaimana Cara Membuat Infused Water?

Aneka potongan buah di dalam air mampu memberikan rasa yang berbeda sehingga kita tak akan bosan dengan rasa air mineral yang itu-itu saja karena kita dapat mengganti potongan buah di dalamnya sesuai selera.

Berikut ini adalah beberapa resep / cara membuat infused water di rumah:

  1. Cara Membuat Infused Water Lemon – Timun – Mint

Siapkan 2 potong buah lemon dan setengah buah mentimun lalu iris tipis. Masukkan potongan buah ini beserta 10-12 lembar daun mint ke dalam 3 liter air lalu aduk merata, bila terlalu asam boleh ditambahkan air. Tutup rapat dan masukkan ke dalam lemari pendingin dan biarkan selama 2-3 jam.

  1. Cara Membuat Infused Water Strawberry – Nanas

Masukkan setengah cangkir potongan strawberry dan setengah cangkir potongan nanas ke dalam satu liter air, aduk merata, tutup rapat, dan biarkan dalam lemari pendingin 2-3 jam.

  1. Cara Membuat Infused Water Delima – Lemon

Bekukan sekitar 300 gram biji delima / pome ke dalam cetakan es batu dan tambahkan air sedikit. Setelah beku, masukkan es biji delima tsb ke dalam 2 liter air mineral yang telah berisi potongan irisan lemon, aduk dan simpan dalam lemari pendingin.

Itulah beberapa menu / resep cara membuat infused water di rumah. Namun pastikan buah yang Anda gunakan masih segar ya. Andapun dengan bebas berkreasi menggunakan buah lainnya asalkan jangan buah yang lembek seperti papaya, pisang, durian atau buah yang terlalu banyak mengandung air seperti semangka.

Apel juga kurang baik digunakan untuk bahan infused water karena karakteristiknya yang mudah teroksidasi dan berubah warna sehingga dapat mengurangi selera memakannya.

Nah itulah informasi yang dapat saya ulas seputar manfaat kesehatan infused water dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat …