Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan

Kandungan serat, antioksidan, serta vitamin dan mineral pada sayuran asparagus mendukung kesehatan pencernaan, jantung, dan kekebalan tubuh.

Manfaat Kurma Bagi Kesehatan – Buah kurma memang sangat popular bukan hanya sebagai makanan pembuka puasa namun karena ada banyak kegunaan kurma bagi kesehatan tubuh yang sangat menakjubkan.

Manfaat kurma bagi kesehatan tubuh manusia diantaranya dapat mengatasi konstipasi / sembelit, baik untuk gangguan pencernaan, untuk kesehatan jantung, anemia, kelainan organ reproduksi, diare, dan kanker abdomen.

Selain itu manfaat kurma juga sangat baik dalam menaikan atau menurunkan berat badan sehinga dapat diperoleh berat badan ideal.

Manfaat kurma bagi kesehatan tubuh tsb diperoleh karena kurma kaya akan zat nutrisi / gizi seperti vitamin, mineral, dan serat.

Berdasarkan informasi dari ahli kesehatan, untuk menjaga pola makan yang sehat dan seimbang sebaiknya mengkonsumsi kurma 1 buah per hari.

Sesuai dengan ajaran agama, setiap umat muslim yang berpuasa sangat disarankan untuk berbuka dengan kurma. Berbuka puasa dengan kurma ini terbukti dapat menghindari makan berlebihan saat berbuka puasa.

Nutrisi yang terkandung dalam kurma akan cepat diserap oleh tubuh untuk mengembalikan kadar gula di dalam darah, sementara kandungan seratnya mampu membuat perut terasa kenyang.

Untuk mendapatkan manfaat kurma bagi kesehatan tubuh, Anda dapat memakannya dengan berbagai macam cara, bisa dengan memakan buahnya langsung, atau dicampurkan dengan bahan makanan lain seperti roti atau adonan kue agar terasa lebih enak dan disukai anak-anak.

manfaat kurma bagi kesehatan
Manfaat Kesehatan dari Kurma (photo credit: flickr.com)

Nilai Nutrisi dari Kurma

Kurma merupakan sumber yang sangat baik untuk aneka ragam vitamin (seperti vitamin A, thiamin, riboflavin, niacin, asam folate, dan vitamin K) dan mineral (kalsium, zat besi, sodium, potassium, fosfor, magnesium, dan zinc).

Kurma juga merupakan sumber yang baik untuk energi, gula, dan serat.

Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

  1. Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Saluran Pencernaan

Khasiat Buah Kurma dalam Mengatasi Konstipasi / Sembelit

Konstipasi atau sulit buang air besar biasanya terjadi bila kita kekurangan asupan serat.

Kandungan seratnya yang tinggi pada buah kurma mampu mencegah konstipasi dan mempelancar saluran pembuangan air besar.

Sementara untuk mengatasi konstipasi yang terlanjur terjadi, Anda perlu merendam kurma dalam air minum selama semalaman, kemudian makan lah sirup kurma kental tsb untuk mengatasi konstipasi yang dialami.

Kegunaan Buah Kurma dalam Mengatasi Diare

Selain dapat mengatasi konstipasi, ternyata buah kurma pun dapat digunakan untuk mengatasi diare. Buah kurma mampu memperbaiki kinerja usus dan menjaga kesehatan usus.

Baca juga:   Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan Ternyata Luar Biasa!

Manfaat Kesehatan Buah Kurma dalam Mengatasi Gangguan Usus

Kandungan nikotin pada buah kurma dianggap dapat menyembuhkan berbagai macam gangguan usus.

Mengkonsumsi buah kurma secara rutin mampu membantu menghambat pertumbuhan mikro organisme yang dapat menyebabkan penyakit dan menstimulasi pertumbuhan bakteri yang bermanfaat bagi kesehatan usus.

Kandungan serat dan asam amino di dalam buah kurma sangat bermanfaat untuk meningkatkan proses pencernaan makanan sehingga lebih efisien atau dengan kata lain akan ada banyak nutrisi yang diserap oleh sistem pencernaan.

  1. Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tulang

Kandungan mineralnya yang tinggi pada buah kurma mampu meningkatkan kekuatan tulang dan melawan penyakit pengeroposan tulang / osteoporosis.

  1. Manfaat Kurma untuk Mengatasi Anemia

Gejala anemia atau yang lebih dikenal dengan penyakit kurang darah biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi dalam makanan.

Kandungan zat besi dalam buah kurma sangat baik dijadikan suplemen diet bagi penderita anemia, dan mampu mengurangi gejala lelah dan lesu yang sering timbul pada penderita anemia.

  1. Manfaat Kurma untuk Mengatasi Alergi

Kandungan sulfur organic pada buah kurma mampu mengurangi reaksi alergi dan alergi musiman.

  1. Manfaat Kurma dalam Menaikkan Berat Badan

Kandungan gula, protein, dan vitamin pada kurma mampu memenuhi kebutuhan energi harian Anda.

Dalam 1 kg kurma mampu menghasilkan energy sebesar 3000 kalori. Bila buah kurma ini dikonsumsi bersama mentimum maka Anda akan mampu menjaga berat badan Anda tetap normal, seimbang, dan tidak terlalu kurus.

  1. Manfaat Kurma dalam Meningkatkan Energi Tubuh

Kandungan gula alami yang tinggi dalam buah kurma seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa menjadikan buah ini merupakan camilan yang sangat baik saat Anda memerlukan tambahan energi dengan cepat. Biasanya orang akan mengkonsumsi camilan kurma saat sore hari dimana terasa ngantuk dan letih.

  1. Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Sistem Syaraf

Kurma mengadung banyak vitamin B yang dikenal sebagai vitamin neurotropik yaitu vitamin yang mampu menjaga kesehatan sistem syaraf.

Selain itu kandungan potassium dalam kurma merupakan bahan utama untuk menstimulasi sistem syaraf yang sehat dan responsif, serta meningkatkan kecepatan dan kesiagaan aktivitas otak.

Oleh sebab itu, kurma sangat baik dikonsumsi oleh orang yang menua atau yang ingin menjaga ketajaman pikiran mereka.

  1. Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Jantung

Kurma kaya akan potassium yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan mengurangi risiko terjadinya stroke.

Mengkonsumsi buah kurma 2 kali seminggu mampu menjaga kesehatan jantung secara signifikan.

  1. Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Sistem Reproduksi

Kandungan estradiol dan flavonoid pada kurma mampu meningkatkan kesuburan sistem reproduksi pria.

  1. Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Mata

Mengkonsumsi buah kurma secara teratur mampu mengurangi frekuensi rabun senja.

  1. Khasiat Kurma dalam Mengatasi Mabuk

Buah kurma sering digunakan untuk mengatasi mabuk karena alkohol, menyadarkan Anda dari mabuk, dan mencegah rasa pening / pengar akibat mabuk pada keesokan harinya.

  1. Manfaat Buah Kurma dalam Mengatasi Kanker Abdomen

Hasil penelitian menunjukkan bahwa buah kurma mampu mengurangi risiko dan dampak dari kanker abdomen. Kurma mampu bekerja sebagai tonik dan memulihkan energy secara cepat.

Itulah beberapa manfaat kurma bagi kesehatan tubuh yang sangat menakjubkan dan perlu diketahui. Semoga dengan informasi di atas dapat menambah motivasi bagi Anda untuk memperbanyak konsumsi makanan yang berasal dari tanaman. Semoga bermanfaat ..

Sumber Referensi:
organicfacts.net