Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan dan Kecantikan, Fakta atau Mitos?

Manfaat kulit manggis untuk kesehatan maupun khasiat kulit manggis untuk kecantikan memang sangat terkenal beberapa tahun terakhir ini.

Populernya obat ekstrak kulit manggis maupun sari kulit manggis memang tak lepas dari maraknya iklan produk-produk dari kulit manggis tsb yang diiklankan di televisi maupun media-media informasi lainnya.

Pada iklan tersebut produsen obat ekstrak kulit manggis mengklaim bahwa obat ekstrak kulit manggis kaya akan zat antioksidan, antimikroba, dan xanthone. Zat-zat tersebut diklaim bisa mengatasi berbagai macam penyakit dan keluhan gangguan kesehatan seperti mencegah pertumbuhan sel-sel kanker, mencegah penyakit jantung, mengatasi permasalahan kulit, memperlambat proses penuaan, dan masih banyak manfaat kulit manggis bagi kesehatan lainnya.

Sebagai pengguna ataupun calon pengguna, sebaiknya Anda kritis terhadap informasi manfaat kulit manggis untuk kesehatan dan kecantikan tsb. Apakah informasi yang diberikan tsb sudah benar?

Nah untuk mengetahuinya apakah aneka khasiat kulit manggis untuk kecantikan dan kesehatan tsb termasuk fakta atau mitos, pada kesempatan kali ini Dunia Kesehatan akan mengulasnya untuk Anda.

Aneka Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Banyak Diklaimkan

Berikut ini beberapa manfaat sari kulit manggis atau khasiat ekstrak kulit manggis yang banyak diberitakan, yaitu:

  1. Mengobati dan Mencegah Kanker

Salah satu manfaat kulit manggis untuk kesehatan yang paling fenomenal adalah dapat mencegah pertumbuhan dan menghancurkan sel kanker. Kandungan zat xanthone dalam kulit manggis memiliki sifat anti proliferasi dan apoptosis yang merupakan zat anti kanker.

  1. Pencegahan Penyakit Jantung

Selain kanker, penyakit jantung juga merupakan salah satu jenis penyakit penyebab kematian terbanyak di dunia. Kabar baiknya, konon … salah satu manfaat kulit manggis untuk kesehatan adalah dapat mencegah penyakit jantung tsb.

Selain itu disebutkan juga khasiat kulit manggis bagi kesehatan jantung karena ekstrak kulit manggis ini dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah arterosklerosis, memperkuat pembuluh darah, menurunkan kolesterol LDL “lemak jahat”.

  1. Mengatasi Diare

Diare biasanya disebabkan oleh makanan yang terlalu pedas atau menggandung bakteri. Kulit buah manggis memiliki senyawa yang dapat memperbaiki fungsi pencernaan dan menghilangkan banyaknya bakteri penyebab diare tsb.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan di dalam kulit manggis mampu melawan aneka radikal bebas penyebab penuaan dini. Anti aging dalam kulit buah manggis merupakan salah satu khasiat kulit manggis untuk kecantikan yang paling banyak diminati para wanita yang ingin selalu tampak awet muda.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Selain memberikan khasiat kulit manggis untuk kecantikan, kandungan antioksidan di dalam kulit buah manggis pun akan membantu meningkatkan sistem imun / kekebalan tubuh secara keseluruhan. Anti oksidan akan melawan aneka radikal bebas penyebab penyakit seperti kanker, penyakit jantung, dll.

  1. Kegunaan Kulit Manggis untuk Diabetes

Penyakit diabetes biasanya ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Bila tidak ditangani, penyakit ini dapat memicu terjadinya komplikasi penyakit seperti jantung, stroke, gangguan mata, dll.

Baca juga:   6+ Manfaat Propolis Bagi Kesehatan Tubuh Sungguh Luar Biasa!

Konon, salah satu manfaat kulit manggis adalah menurunkan kadar gula darah dan membantu mengeluarkan kelebihan gula ini melalui urin.

  1. Mengatasi Gangguan Haid

Beberapa masalah haid seperti pre menstrual syndrome (PMS) atau haid tak lancar sering kali mengganggu aktivitas para wanita. Nah disebutkan juga salah satu khasiat kulit manggis adalah untuk melancarkan haid.

Itulah 7 manfaat kulit manggis untuk kesehatan dan kecantikan yang sering disebut-sebutkan di berbagai media.

Pertanyaannya apakah sudah ada bukti ilmiahnya atau apakah khasiat kulit manggis untuk kecantikan dan kesehatan di atas adalah memang benar faktanya?

manfaat kulit manggis untuk kesehatan dan kecantikan
Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan (image: healthnbodytips.com)

Fakta Manfaat Kulit Manggis Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Dunia Kesehatan mencari beberapa referensi mengenai kebenaran khasiat kulit manggis untuk kecantikan dan kesehatan ini di beberapa situs terpercaya. Namun hasilnya belum ada satu pun dari web tsb yang menyebutkan kebenaran klaim khasiat kulit manggis bagi kesehatan maupun kecantikan.

Manfaat kulit manggis untuk kesehatan dan kecantikan memang sudah dilakukan penelitian namun sejauh ini baru dilakukan hanya uji in vitro / di laboratorium dan in vivo pada hewan saja seperti tikus. Hasil penelitian pada hewan tsb membuktikan bahwa sari kulit manggis memang memiliki manfaat kesehatan seperti memiliki anti oksidan, anti kanker, dan anti bakteri.

Manfaat kulit manggis untuk kesehatan dan kecantikan pada manusia perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya secara ilmiah. Jadi khasiat kulit manggis untuk kecantikan dan kesehatan yang diklaimkan mungkin memang baru sebatas testimonial dari penggunanya saja.

Cara Membuat Sari Kulit Manggis

Mungkin Anda tergiur ingin merasakan aneka manfaat kulit manggis untuk kesehatan dan kecantikan karena banyaknya informasi dari berbagai media ataupun testimoni dari para penggunanya.

Anda dapat mengkonsumsi obat ekstrak kulit manggis yang banyak dijual di pasaran atau membuat jus kulit manggis sendiri yang lebih alami dan terbebas dari bahan-bahan aditif lainnya.

Nah bila Anda ingin membuat jus sari kulit manggis sendiri, berikut ini adalah resep sederhana dan cara membuatnya ..

  • Siapkan 2-3 buah manggis, daging buah bisa dimakan lalu kulitnya kita manfaatkan untuk membuat jus sari kulit manggis.
  • Jangan lupa cuci dulu buah manggis sebelum dikupas untuk menghilangkan kotoran yang menempel.
  • Blender kulit manggis. Bila perlu tambahkan air, es batu, ataupun susu atau madu untuk mendapatkan konsistensi minuman dan rasa yang diinginkan.
  • Siap disajikan …

Walaupun sari kulit manggis ini alami dan dapat dikatakan aman, namun sebaiknya jangan konsumsi berlebihan atau hentikan pemakaian bila Anda merasakan reaksi alergi seperti ruam kulit, mual, muntah, sakit kepala.

Tips Menggunakan Obat Ekstrak Kulit Manggis

Nah bila Anda ingin merasakan aneka manfaat kulit manggis untuk kesehatan dan kecantikan namun tak ingin repot, Anda dapat membeli obat ekstrak kulit manggis yang banyak tersedia di pasaran.

Agar lebih aman, berikut ini adalah beberapa tips menggunakan obat ekstrak kulit manggis, yaitu:

  • Periksa ijin edar dari obat herbal tsb, pastikan sudah terdaftar di BPOM RI
  • Periksa tanggal kadaluarsa dan kemasannya
  • Ikuti petunjuk penggunaannya
  • Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum menggunakannya tertutama bila Anda sedang dalam terapi pengobatan tertentu.

Itulah beberapa informasi seputar manfaat kulit manggis untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat …