Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil, Betulkah Dapat Memperlancar Persalinan?

Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil – Banyak orang yang sudah merasakan aneka kegunaan dan khasiat kurma bagi kesehatan tubuh. Bahkan memakan buah kurma 6-7 buah setiap hari di bulan ke-9 kehamilan dipercayai dapat mempermudah melahirkan.

Namun betulkah salah satu manfaat memakan kurma bagi ibu hamil adalah untuk memperlancar persalinan normal? Lalu adakah manfaat mengkonsumsi buah kurma selama kehamilan lainnya baik bagi ibu hamil maupun bayi di dalam kandungannya? dan apakah aman memakan kurma saat hamil?

Bagi Anda yang beragama Islam, memakan kurma sangat dianjurkan sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa. Tentunya banyak kandungan gizi dan manfaat kurma bagi kesehatan yang terkandung didalamnya, dan itulah sebabnya mengapa memakan kurma termasuk salah satu sunnah nabi. Nah bila Anda penasaran dengan anekan manfaat dan khasiat kurma untuk ibu hamil, janin dan ibu melahirkan, yuk simak ulasan dari Sehat Plus berikut ini ..

Amankah Memakan Kurma Saat Hamil?

Mengkonsumsi kurma selama kehamilan adalah aman baik bagi ibu hamil maupun janin dalam kandungannya. Kandungan gula fruktosa di dalam buah kurma akan dipecah secara cepat menjadi energi tanpa harus mengganggu kadar gula darah dalam tubuh. Salah satu manfaat kurma bagi ibu hamil adalah mempermudah proses melahirkan karena mengandung zat laksatif yang dapat menstimulasi kontraksi rahim dan mempercepat persalinan.

Para ahli mengatakan bahwa memakan kurma pada bulan-bulan terakhir kehamilan dapat mempermudah persalinan tanpa menyebabkan risiko pada ibu dan bayinya.

Mengapa Konsumsi Buah Kurma Sangat Baik Bagi Ibu Hamil?

Buah kurma merupakan salah satu buah “super food” yang memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Berikut ini adalah kandungan gizi buah kurma per 100 gram:

  • Energi 277 kkal
  • Protein 1,8g
  • Serat 6,7g
  • Lemak 0,2g
  • Folate 15mcg
  • Besi 0,9mg
  • Vitamin K 2,7mcg
  • Magnesium 54mg
  • Kalium 696mg
manfaat kurma untuk ibu hamil
manfaat kurma untuk ibu hamil (image: alfoah.ae)

Apa Saja Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil?

Buah kurma kaya akan nutrisi seperti mengandung protein tinggi, kaya serat dan vitamin, yang dapat membantu menjaga kehamilan yang sehat.

Berikut ini adalah beberapa kegunaan dan khasiat kurma bagi ibu hamil, yaitu:

Sumber Energi

Saat hamil, ibu hamil akan memerlukan energi lebih banyak dibandingkan biasanya. Salah satu manfaat kurma untuk ibu hamil adalah menyediakan energi, memenuhi kebutuhan gula tanpa harus menambah ekstra kalori.

Sumber Asam Amino

Buah kurma kaya akan protein yang diperlukan tubuh dapat membuat asam amino yang penting diperlukan untuk pertumbuhan tubuh.

Mencegah Konstipasi

Salah satu masalah yang sering dialami ibu hamil adalah konstipasi / sembelit / susah buang air besar. Buah kurma kaya akan serat sehingga sangat baik dikonsumsi saat hamil. Manfaat memakan buah kurma saat hamil adalah memperlancar pencernaan, menurunkan kolesterol, dan membantu menjaga berat badan yang sehat.

Sumber Vitamin K Untuk Bayi

Tak hanya manfaat kurma untuk ibu hamil, karena konsumsi kurma pun sangat baik untuk ibu menyusui.  Saat lahir, bayi biasanya kekurangan vitamin K. Vitamin K sendiri berperan dalam pembekuan darah dan pembentukan tulang. Salah satu manfaat konsumsi kurma bagi ibu menyusui adalah memberikan asupan vitamin K pada bayinya melalui ASI.

Baca juga:   Sayuran Bawang Merah: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

Mencegah Anemia Saat Hamil

Selain konstipasi, anemia pun kerap dikeluhkan oleh ibu hamil. Nah salah satu manfaat kurma untuk ibu hamil adalah mencegah anemia saat hamil karena buah kurma kaya akan zat besi. Besi dapat menjaga kadar hemoglobin darah serta meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil dan janinnya.

Membantu Pertumbuhan Tulang dan Gigi Bayi

Salah satu manfaat kurma untuk ibu hamil  adalah membantu pembentukan tulang dan gigi bayi. Buah kurma merupakan sumber magnesium yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Magnesium juga membantu mengatur kadar gula dan tekanan darah. Konsumsi buah kurma saat hamil dapat mencegah kekurangan / defisiensi mangnesium yang dapat menyebabkan gangguan liver dan ginjal.

Menjaga Keseimbangan Garam – Air dalam Tubuh

Selain anemia, gangguan kesehatan yang harus diwaspasdai adalah hipertensi saat hamil. Oleh karena itu penting sekali menjaga keseimbangan garam-air di dalam tubuh. Salah satu manfaat kurma untuk ibu hamil adalah menyediakan kalium yang dapat menjaga keseimbangan elektrolit tubuh, menjaga tekanan darah, dan mencegah kram otot. Kekurangan kalium dalam tubuh justru akan memicu gangguan pada ginjal.

Mencegah Cacat Lahir

Salah satu manfaat kurma untuk ibu hamil adalah membantu mencegah cacat lahir pada bayi karena kekurangan folat saat hamil. Seperti yang Anda ketahui, buah kurma kaya akan folat.

Manfaat Konsumsi Buah Kurma Saat Hamil Tua adalah Mempermudah Melahirkan Secara Normal, Benarkah?

Kurma dapat meningkatkan efek oksitosin (yaitu kontraksi rahim) dan meningkatkan sensitivitas rahim. Asam lemak jenuh dan tidak jenuh di dalam buah kurma dapat memberikan energi dan memproduksi prostaglandin yang diperlukan untuk persalinan. Selain itu ada juga kandungan serotonin, kalsium, dan tanin di dalam buah kurma yang dapat membantu kontraksi otot-otot rahim.

Bagaimana Cara Mengkonsumsi Buah Kurma Pada Masa Kehamilan?

Buah kurma dapat Anda konsumsi dengan aneka cara, bisa dengan cara makan langsung atau diolah menjadi aneka menu camilan penggugah selera, seperti dibuat smoothie, dessert, sirup, pemanis, salad, hidangan kue, dll.

Buah kurma juga dapat dikonsumsi selama masa kehamilan, asalkan tak berlebihan karena masih banyak buah lain yang juga baik dikonsumsi saat hamil. Variasi buah dan sayur tentunya akan lebih baik dan mencegah kebosanan.

Cara Konsumsi Buah Kurma di Masa Kehamilan Trimester Pertama

Pada trimester pertama, gangguan kehamilan yang biasa terjadi adalah konstipasi. Salah satu manfaat kurma untuk ibu hamil muda adalah mencegah konstipasi tsb. Walaupun demikian, sebaiknya Anda tak berlebihan dalam mengkonsumsinya terutama bila Anda memiliki gangguan kadar gula darah.

Cara Memakan Kurma di Trimester Kedua

Pada trimester kedua, ibu hamil memiliki risiko terkena diabetes gestasional lebih tinggi. Sebaiknya Anda konsultasikan dulu ke dokter bila akan mengkomsumsi buah ini sebagai menu diet Anda.

Cara Makan Buah Kurma di Trimester Ketiga

Pada trimester ketiga, ibu hamil sebaiknya mulai mempersiapkan diri untuk proses persalinan. Salah satu manfaat kurma untuk ibu hamil tua adalah memperlancar dan mempermudah proses persalinan normal. Pada masa ini, ibu hamil dapat memakan buah kurma hingga 6 buah per hari dimulai pada minggu ke-36 (4 minggu sebelum tanggal kelahiran).

Efek Samping Makan Buah Kurma Saat Hamil

Sebetulnya konsumsi buah kurma oleh ibu hamil sangat aman dan tidak menimbulkan efek samping asalkan dikonsumsi tidak berlebihan.

Berikut ini beberapa dampak buruk makan kurma bagi ibu hamil yang berlebihan, yaitu:

  • Kelebihan berat badan
  • Meningkatkan gula darah
  • Meningkatkan risiko diabetes gestasional
  • Kerusakan gigi bila tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik

Nah itulah beberapa informasi seputar manfaat kurma untuk ibu hamil. Walaupun mengkonsumsi buah kurma saat hamil baik dan aman, namun sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter Anda terutama bila Anda bila memiliki riwayat kadar gula tinggi. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
www.momjunction.com/articles/surprising-benefits-of-dates-during-pregnancy_0075704/8