Cara Menghilangkan Panu Secara Alami, Efektif dan Aman

Cara Menghilangkan Panu Secara Alami – Siapa sih yang tak ingin memiliki wajah cantik, mulus, dan bebas noda? Kulit yang bersih dan sehat sangat menunjang penampilan dari seseorang. Namun apa jadinya bila wajah tsb memiliki bercak-bercak panu? Hmm tentunya Anda ingin segera menghilangkan panu tsb jauh-jauh.

Ada berbagai macam cara mengatasi panu. Bila Anda datang ke dokter biasanya Anda akan diresepkan anti jamur. Namun bagi Anda yang lebih menyukai obat herbal, ada juga cara menghilangkan panu secara alami yang akan diulas dalam artikel ini.

Namun sebelum SehatPlus.org membahas mengenai cara alami menghilangkan panu, alangkah baiknya bila Anda mengetahui dulu apa itu panu dan apa saja penyebabnya.

Apa Itu Panu?

Panu merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur Malassezia yang akan menyebabkan bercak atau noda sehingga bagian tertentu tampak lebih putih ataupun lebih gelap, dan bisa juga disertai rasa gatal. Biasanya panu akan muncul di bagian wajah, punggung, dada, leher, dan lengan atas.

Sebetulnya panu tidak menyakitkan namun seringkali membuat penderitanya merasa tidak percaya diri dan mengalami stress sehingga perlu diatasi secepat mungkin.

Penyebab Panu

Seperti yang telah diuraikan di atas, penyebab panu adalah infeksi jamur. Infeksi jamur ini dapat berkembang pada kulit seseorang karena beberapa faktor berikut ini, yaitu:

cara menghilangkan panu secara alami
Ilustrasi Panu di Tubuh

Cara Menghilangkan Panu Secara Alami

Bahan-bahan alami yang ada di sekitar rumah Anda dapat digunakan untuk mengatasi penyakit panu, selain mudah di dapat, bahan inipun lebih aman dan tentunya lebih murah dibandingkan perawatan di dokter kulit.

Berikut ini adalah beberapa bahan yang dapat digunakan sebagai cara alami menghilangkan penyakit panu, yaitu:

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan yang berperan dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Selain dapat menghilangkan eksim, kandungannya juga efektif melawan infeksi jamur termasuk panu. Kandungan asam lemak di dalam minyak kelapa dapat berperan sebagai fungisida (anti jamur) yang artinya dapat membantu menghentikan pertumbuhan jamur penyebab infeksi panu.

Ada 2 pilihan cara alami menghilangkan panu sbb:

Cara menghilangkan panu secara alami menggunakan minyak kelapa pilihan 1:

  • Gunakan beberapa oles VCO (virgin coconut oil) pada kulit yang terinfeksi.
  • Biarkan sampai mengering dengan sendirinya.
  • Bilas dengan air hangat.
Baca juga:   Minyak Kelapa untuk Mengatasi Ketombe, Begini Caranya!

Cara menghilangkan panu secara alami menggunakan minyak kelapa pilihan 2:

  • Campurkan 1 sdm VCO dengan 5-6 tetes minyak kayumanis.
  • Oleskan pada kulit yang terkena panu.
  • Biarkan hingga 15-20 menit.
  • Bilas dengan air hangat.

Gunakan cara di atas 2-3 kali sehari sampai panu benar-benar hilang dari kulit Anda.

  1. Lidah Buaya

Protein 14kDa yang terdapat dalam lidah buaya memiliki sifat anti jamur dan anti radang sehingga dapat digunakan untuk mengatasi panu di kulit Anda. Untuk menggunakan cara menghilangkan panu secara alami denga lidah buaya ini cukup dengan mengoleskan gel (daging buah) daun lidah buaya segar pada kulit yang berpanu 2-3 kali sehari selama beberapa minggu.

Lidah buaya selain dapat menghentikan pertumbuhan jamu juga memiliki dampak yang baik untuk kulit Anda yaitu mempercepat penyembuhan kulit yang rusak dan melembapkannya.

  1. Bawang Putih

Selain minyak kelapa dan lidah buaya, cara alami menghilangkan panu dapat pula menggunakan bawang putih loh. Sudah banyak orang yang mengetahui bahwa bawang putih memiliki kandungan zat anti jamur yang dapat menghentikan pertumbuhan jamur dan menghilangkan rasa gatal pada kulit.

Cara menghilangkan panu secara alami menggunakan bawang putih dapat dilakukan dengan menggunakan minyak bawang putih ataupun jus bawang putih di kulit yang berjamur. Diamkan hingga 20 menit lalu mandilah. Lakukan cara ini setiap hari selama beberapa minggu.

Selain cara menghilangkan panu secara alami di atas, Anda pun dapat memakan bawang putih mentah sebanyak 2-3 siung dengan air hangat pada keadaan perut yang kosong. Cara ini selain dapat membasmi panu juga dapat mencegah terjadinya panu lagi di kemudian hari.

  1. Lengkuas

Cara menghilangkan panu secara alami menggunakan lengkuas merupakan resep turun temurun keluarga saya. Caranya cukup mudah yaitu dengan menggosokan lengkuas secara lembut pada permukaan kulit yang berjamur.

  1. Yogurt

Bagi Anda pecinta yogurt, Anda dapat menggunakan bahan minuman ini untuk mengobati panu. Kandungan probiotik yang ada dalam yogurt dapat mengendalikan pertumbuhan jamur selain mempercepat penyembuhan dan mencegah terkena infeksi panu lagi.

Untuk menggunakan cara menghilangkan panu secara alami menggunakan yogurt ini cukup dengan mengoleskan yogurt tanpa rasa (dan tanpa pemanis) di permukaan kulit yang berjamur selama 20-30 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Mengkonsumsi 2-3 cangkir yogurt setiap hari pun dapat mengatasi infeksi jamur dari dalam loh.

Nah itulah 5 cara menghilangkan panu secara alami. Bagaimana dengan Anda? Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
top10homeremedies.com/home-remedies/home-remedies-for-tinea-versicolor.html image credit: jabar.tribunnews.com,