Manfaat Pisang Bagi Kesehatan dan Dampak Buruknya Yang Perlu Diketahui

Siapa yang tak kenal buah pisang? Yap, pisang termasuk salah satu buah yang paling mudah didapat dan paling banyak dikonsumsi. Selain rasanya enak, ternyata buah pisang pun memiliki banyak manfaat kesehatan. Beberapa manfaat pisang bagi kesehatan yang dipercayai di antaranya adalah dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko kanker dan asma.

Namun betulkah terdapat banyak manfaat kesehatan di dalam buah pisang ini? Apakah benar mengkonsumsi buah pisang ini baik dan aman untuk tubuh kita? Atau adakah efek samping memakan pisang ini? Nah pada kesempatan kali ini, Dunia Kesehatan akan mengulas manfaat pisang bagi kesehatan dan bahaya memakan pisang bagi tubuh.

manfaat pisang bagi kesehatan
khasiat dan manfaat pisang bagi kesehatan (image: ducklol.com)

Apa Saja Kandungan Gizi Buah Pisang?

Sebelum membahas mengenai khasiat dan manfaat pisang bagi kesehatan, sebaiknya ketahui dulu apa saja nutrisi yang dikandung didalamnya.

Nutrisi yang paling menonjol pada buah pisang adalah kandungan kalium / potasiumnya yaitu mengandung sekitar 450mg dalam 1 buah dimana kebutuhan harian akan potasium ini adalah 4700mg per hari. Buah pisang pun tidak mengandung lemak, kolesterol, dan sodium / natrium sehingga sangat baik bagi Anda yang ingin mengurangi lemak.

Berikut ini kandungan nutrisi di dalam 1 buah pisang (sekitar 126 gram)

  • 110 kalori
  • 30g karbohidrat
  • 1g protein
  • 9mg mangan
  • 450mg kalium / potasium
  • 34mg magnesium
  • 0,3mg besi
  • 81IU vitamin A
  • 0,5mg vitamin B6
  • 25mcg folat
  • 0,1mg riboflavin
  • 0,8mg niasin
  • 9mg vitamin C
  • 3g serat

Apa Saja Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Tubuh?

Berikut ini adalah beberapa potensi khasiat dan manfaat makan buah pisang untuk kesehatan tubuh:

Menurunkan Tekanan Darah

Salah satu manfaat pisang bagi kesehatan adalah membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sudah menjadi rahasia umum bila cara mengontrol hipertensi (penyakit darah tinggi) yang paling efektif adalah dengan membatasi / mengurangi makanan tinggi garam (natrium) dan menggantinya dengan makanan kaya kalium seperti buah pisang.

Mengkonsumsi makanan kaya kalium juga baik karena akan memberikan efek vasodilatasi (melebarkan pembuluh darah) sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia. Oleh karena itu sudah seharusnya kita mengubah gaya hidup untuk menjaga kesehatan jantung.

Salah satu khasiat buah pisang yang tak perlu diragukan lagi adalah dapat membuat jantung lebih sehat. Menurut para ahli, memperbanyak konsumsi makanan tinggi potasium seperti buah pisang yang diikuti dengan penurunan konsumsi garam sodium dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Manfaat makan buah pisang yang kaya kalium juga dapat menurunkan risiko stroke, menjaga masa otot, menjaga kerapatan tulang, dan menurunkan pembentukan batu ginjal.

Mengurangi Risiko Asma

Penyakit asma merupakan salah satu penyakit di saluran pernafasan yang biasanya ditandai suara mengi saat bernapas dan biasanya muncul karena ada reaksi alergi. Penyakit asma yang sedang kambuh perlu penanganan segera karena dapat mengancam jiwa.

Baca juga:   Tabir Surya Alami Menggunakan Minyak Kelapa, Ini Resep dan Khasiatnya!

Salah satu cara penanganan asma adalah dengan menghindari faktor pemicu alergi / asma. Selain itu menurut penelitian yang dilakukan di Imperial College of London menemukan salah satu manfaat pisang bagi kesehatan adalah menurunkan risiko berkembangnya penyakit asma pada anak-anak. Anak-anak yang makan buah pisang 1 per hari memiliki risiko 34% lebih rendah terkena asma dibandingkan anak yang tidak mengkonsumsi buah pisang.

Cara Mengobati Asma Dengan Pengobatan Rumah
Cara Mengobati Asma Dengan Pengobatan Rumah

Mengontrol Diabetes

Manfaat pisang bagi kesehatan lainnya adalah dapat menstabilkan gula darah karena kandungan seratnya yang tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 1 yang mengkonsumsi makanan kaya serat memiliki kadar gula randah lebih rendah, sementara penderita diabetes tipe 2 yang mengkonsumsi makanan tinggi serat mengalami perbaikan kadar gula darah, kadar lemak, dan kadar insulin dalam darah.

Disarankan untuk mengkonsumsi serat 21-25g / hari untuk wanita sementara untuk pria 30-38g / hari sementara buah pisang memiliki serat sekitar 3g / buah.

Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Semua orang percaya bahwa memperbanyak konsumsi buah dan sayur sangat baik untuk kesehatan. Buah dan sayur memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat melawan radikal bebas penyebab kanker.

Mengkonsumsi pisang, jus jeruk, dan jeruk saat bayi 2 tahun pertama dapat menurunkan risiko terkena leukemia pada anak-anak. Selain itu manfaat memakan buah pisang, buah dan sayuran lainnya juga dapat menurunkan risiko terkena kanker kolorektal karena karena kandungan seratnya yang tinggi.

Manfaat Konsumsi Pisang Untuk Mengatasi Diare

Selama diare banyak elektrolit tubuh yang terbuang sehingga membuat tubuh kita terasa lemas. Salah satu manfaat pisang bagi kesehatan adalah menyediakan asupan kalium pengganti yang terbuang saat diare tsb. Selain itu kandungan serat dalam buah pisang pun dapat menjaga kesehatan usus dan melancarkan sistem pencernaan.

Menjaga Daya Ingat dan Memperbaiki Mood

Manfaat pisang bagi kesehatan lainnya adalah baik untuk kesehatan otak. Buah pisang mengandung triptofan yaitu sebuah asam amino yang berperan dalam menjaga ingatan dan memperbaiki mood.

Adakah Risiko Dampak Buruk Mengkonsumsi Buah Pisang?

Mengkonsumsi banyak buah dan sayuran sebetulnya aman-aman saja untuk kesehatan tubuh asalkan tidak berlebihan. Berikut ini adalah beberapa perhatian dan hal-hal yang perlu diwaspadai saat mengkonsumsi buah pisang agar manfaat buah pisang bagi kesehatan ini dapat tetap Anda rasakan tanpa harus khawatir akan bahaya efek sampingnya.

  • Sebaiknya konsumsi buah pisang tidak terlalu banyak bagi Anda yang sedang menjalankan pengobatan beta blocker (yaitu obat sakit jantung yang dapat meningkatkan kadar kalium darah).
  • Terlalu banyak konsumsi kalium dapat membahayakan fungsi ginjal, bila ginjal tak mampu mengeluarkan kelebihan kalium darah maka akibatnyanya akan fatal.
  • Sebaiknya hindari konsumsi buah pisang bila memiliki alergi buah ini. Gejala alergi makan pisang diantaranya adalah gatal di mulut dan tenggorokan, muncul bentol-bentol, bengkak.
  • Mengkonsumsi buah pisang dapat memicu migrain. Bila Anda seringkali mengalami migrain (sakit kepala sebelah) sebaiknya tidak memakan buah pisang lebih dari ½ buah setiap harinya.
  • Dampak buruk makan buah pisang berlebihan lainnya adalah dapat menyebabkan kembung, sering buang angin, dan kram perut.

Nah itulah informasi seputar kegunaan, khasiat dan manfaat pisang bagi kesehatan tubuh. Walaupun makan buah pisang itu baik, namun jangan berlebihan karena dapat memicu beberapa risiko efek samping. Sebaiknya variasikan makanan Anda dengan buah dan sayuran lainnya untuk mencegah kebosanan. Semoga bermanfaat ..

Sumber Referensi:
https://www.medicalnewstoday.com/articles/271157.php