5 Manfaat Sayur Bayam Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Sayur Bayam Untuk Kesehatan – Bayam merupakan salah satu sayuran berdaun hijau yang dinobatkan sebagai sumber makanan tersehat. Walaupun demikian, bayam pun mengandung oksalat yang dapat mengganggu penyerapan kalsium dan menjadi penyebab gangguan ginjal atau kandung kemih. Salah satu cara untuk mengurangi kadar oksalat di dalamnya adalah dengan memasaknya seperti membuat sayur bayam.

manfaat sayur bayam
Bayam (keworganics.com.au)

Sayur bayam tak hanya enak dikonsumsi namun juga memiliki aneka kegunaan dan khasiat. Lalu apa saja manfaat sayur bayam untuk kesehatan? Simak ulasannya di SehatPlus.org berikut ini …

Aneka Khasiat dan Manfaat Sayur Bayam Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat sayur bayam
Sayur Bayam (santeaja.com)

Khasiat Sayur Bayam #1: Baik Untuk Pengaturan Berat Badan

Manfaat sayur bayam bagi kesehatan tak perlu diragukan lagi bahkan Anda pun tak perlu ragu berat badan akan naik saat mengkonsumsinya. Alasannya, kandungan kalori dan lemak dalam bayam termasuk rendah. Bayam sendiri hanya mengandung 3 kalori untuk tiap ½ cangkir penyajian. Bayam dapat membuat kenyang tanpa menggemukkan.

Manfaat Sayur Bayam #2: Dapat Meningkatkan Energi

Kandungan zat besinya dalam bayam dapat membantu dalam produksi sel darah merah yang disebut hemoglobin. Fungsi hemoglobin sendiri adalah mengantarkan oksigen ke jaringan-jaringan tubuh. Orang yang kekurangan besi dapat mengalami kelelahan, menurunnya sistem kekebalan tubuh, dan lemas.

Bayam dapat menyediakan asupan zat besi tanpa kalori ataupun lemak seperti yang ada pada produk berbahan daging. Khasiat sayur bayam ini tentunya sangat diperlukan oleh anak-anak, wanita yang sedang menstruasi, wanita yang sedang menyusui, orang tua, dan orang dewasa.

Baca juga:   Manfaat Buah Manggis Untuk Ibu Hamil dan Janin, Amankah Dikonsumsi Saat Hamil?

Kegunaan Sayur Bayam #3: Menajamkan Pikiran

Mungkin Anda pernah merasa tak dapat fokus belakangan ini atau tak dapat menyerap pelajaran? Bila iya, salah satu penyebabnya karena otak Anda sedang mengalami gangguan. Namun Anda tak perlu panik karena salah satu manfaat sayur bayam adalah menyehatkan dan menjaga fungsi otak tetap optimal. Alasannya karena bayam mengandung vitamin E sebagai antioksida yang dapat menjaga kesehatan otak.

Khasiat sayur bayam ini dapat ditingkatkan dengan menambahkan sedikit minyak zaitun.

Manfaat Sayur Bayam #4: Anti Radang

Bayam mengandung zat anti radang yang dapat membantu menurunkan peradangan yang terjadi pada tubuh. Jenis radang yang dapat terjadi meliputi asma, migraine, osteoporosis, dan artritis rematik.

Manfaat sayur bayam ini dapat terjadi karena kandungan vitamin A (betakaroten), vitamin K, vitamin C, riboflavin, dan magnesium didalam bayam.

Manfaat Sayur Bayam #5: Memperbaiki Kesehatan Tulang

Vitamin K membantu mencegah pengikisan tulang. Di daam usus, Vitamin K1 akan berubah menjadi vitamin K2 yang dapat mengaktifkan ostekalsin yaitu protein tulang non kolagen. Selain itu kalsium pun akan membantu pembentukan tulang.

Manfaat sayur bayam untuk kesehatan tulang ini dimungkinkan karena dalam satu cangkir penyajian bayam segar mengandung lebih dari 200% asupan harian vitamin K, sementara dalam 1 cangkir penyajian bayam yang telah dimasak (setara dengan 6 cangkir bayam segar) menyediakan 10 x dari asupan harian vitamin K. Bayam pun sangat kaya akan kalsium dan magnesium. Dalam ½ cangkir penyajian bayam segar mengandung 15mg kalsium dan 12mg magnesium.

Itulah aneka informasi khasiat dan manfaat sayur bayam untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
www.livestrong.com/article/251240-what-are-the-benefits-of-spinach-soup/