Khasiat dan Kegunaan Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Amankah buah naga untuk ibu hamil ? Mungkin ini adalah salah satu dari pertanyaan Anda. Pertanyaan ini wajar saja karena fase kehamilan adalah fase yang rentan sehingga sudah sepatutnyalah para ibu hamil untuk senantiasa berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan.

Untuk itu pada kesempatan kali ini SehatPlus.org akan mengulas aman tidaknya buah naga untuk ibu hamil, kegunaan buah naga, dan khasiat buah naga untuk ibu hamil.

Sekilas Tentang Buah Naga

Namun sebelum membahas mengenai kegunaan dan khasiat buah naga untuk ibu hamil serta segi keamanannya, alangkah lebih baik bila Anda mengenal buah naga itu seperti apa.

Buah naga atau dikenal juga dengan nama pitaya merupakan jenis buah yang dihasilkan oleh tanaman dari keluarga kaktus-kaktusan. Tanaman ini sendiri awalnya berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Namun sekarang sudah banyak dibudidayakan di perkebunan maupun di pekarangan rumah.

kegunaan buah naga untuk ibu hamil
Buah Naga (dmatxi.com)

Buah naga sendiri terdiri dari beberapa jenis ada yang berasa manis namun ada juga yang asam. Dari segi warnanya, ada buah naga merah, buah naga putih, dll. Tekstur daging buahnya hampir sama dengan kiwi dan mengandung banyak biji hitam di dalamnya.

Apakah Aman Mengkonsumsi Buah Naga Untuk Ibu Hamil ?

Manfaat dan kegunaan buah naga dapat dirasakan oleh siapa saja yang mengkonsumsinya bahkan baik pula untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Kandungan nutrisi dalam buah naga tak hanya membantu menjaga kesehatan ibu hamil namun juga melindungi janin dari beberapa kecacatan dan gangguan kesehatan. Akan lebih baik lagi untuk mengkonsumsi buah naga merah selama kehamilan.

khasiat buah naga untuk ibu hamil
Buah Naga Bagi Ibu Hamil (theworstbandever.com)

Khasiat Buah Naga Untuk Ibu Hamil Yang Perlu Diketahui

Tak hanya mengenyangkan atau memuaskan keinginan memakan buah naga saat hamil, namun ternyata ada beberapa kegunaan buah naga yang dapat diperoleh pada masa kehamilan tsb, berikut ini adalah diantaranya …

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil #1: Mencegah Cacat Lahir

Khasiat buah naga untuk ibu hamil tsb dimungkinkan karena kandungan folatnya. Seperti yang Anda ketahui, folat termasuk salah satu vitamin penting yang diperlukan saat hamil. Fungsi vitamin ini adalah membantu melindungi janin dari kecacatan. Tak hanya folat, buah naga pun mengandung beberapa vitamin penting lainnya seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, dan vitamin lainnya yang dapat meningkatkan kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangan janin.

Baca juga:   Cara Menghitung Usia Kehamilan Dalam Minggu dan Bulan Untuk Mempersiapkan Persalinan

Kegunaan Buah Naga Untuk Ibu hamil #2: Membantu Perkembangan Tulang

Khasiat buah naga untuk ibu hamil ini dimungkinkan karena kandungan kalsium dan fosfor di dalam buah naga. Kalsium dapat menguatkan tulang dan gigi ibu hamil, sementara kalsium dan fosfor dapat membantu perkembangan tulang janin sesuai yang diharapkan.

Khasiat Buah Naga Untuk Ibu Hamil #3: Meningkatkan Hemoglobin

Kandungan zat besi dan vitamin C di dalam buah naga dapat membantu meningkatkan jumlah hemoglobin darah selama kehamilan. Jumlah hemoglobin yang cukup sangat penting untuk mencegah terjadinya anemia dan gejala lain yang disebabkan anemia.

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil #4: Mengatasi Konstipasi

Wanita hamil sangat rentan mengalami konstipasi / susah buang air besar. Kandungan serat di dalam buah naga akan membantu melancarkan pencernaan, melancarkan pergerakan usus besar, dan mencegah risiko konstipasi selama kehamilan. Kandungan nutrisi lainnya dalam buah naga akan memberikan efek membersihkan usus dan mencegah terjadinya gangguan saluran pencernaan.

Kegunaan Buah Naga Untuk Ibu Hamil #5: Mencegah Infeksi Mikroba

Buah naga memiliki kandungan zat anti bakteri dan anti jamur yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur di organ tubuh serta melawan infeksi selama masa kehamilan. Mengkonsumsi buah naga saat hamil pun dapat membantu mempercepat regenerasi sel dan penyembuhan luka.

Khasiat Buah Naga Untuk Ibu Hamil #6: Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan dan vitamin C di dalam buah naga mampu menetralisir radikal bebas, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mencegah risiko kanker selama kehamilan. Kandungan karoten didalamnya juga memiliki sifat anti kanker dan menghambat pertumbuhan sel tumor.

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil #7: Sumber Energi

Karbohidrat yang ada di dalam buah naga merupakan salah satu sumber energi utama yang diperlukan untuk pertumbuhan janin. Dalam 100 gram buah naga terkandung 9-14 gram karbohidrat.

Kegunaan Buah Naga Untuk Ibu Hamil #8: Sumber Lemak Sehat

Mengkonsumsi buah naga saat hamil tak hanya memberikan energi namun pula memberikan sejumlah lemak sehat. Lemak diperlukan untuk pembentukan otak pada janin. Dalam 1 penyajian buah naga mengandung 0,1-0,6 gram lemak sehat.

Itulah beberapa kegunaan buah naga yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui khasiat buah naga untuk ibu hamil di atas, Anda tak perlu ragu untuk mengkonsumsinya karena benar-benar aman. Walaupun demikian, tak semestinya juga Anda mengkonsumsi buah naga ini sepanjang hari dan setiap hari. Mengkonsumsi aneka buah tentunya akan lebih baik. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
www.momjunction.com/articles/dragon-fruit-during-pregnancy_00379937/