Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sayuran acorn squash kaya akan nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, serat, dan kalium. Kandungan nutrisinya memberikan berbagai manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kesehatan mata, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatur pencernaan, dan menjaga kesehatan jantung.

Manfaat Vitamin C – Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang memiliki manfaat kesehatan terbanyak. Selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin ini pun merupakan salah satu anti oksidan yang dapat memerangi penyakit jantung dan penuaan dini.

Banyak penelitian yang dilakukan selama ratusan tahun lalu untuk mendapatkan bukti tentang manfaat vitamin C untuk kesehatan dan kecantikan. Dan hasilnya, khasiat dan manfaat vitamin C ini memang sangat luar biasa.

Untuk mendapatkan khasiat dan manfaat vitamin C maka ada dosis harian yang harus di dikonsumsi baik dari sumber alami seperti buah dan sayuran maupun dari sumber sintentik suplemen kesehatan.

Berapa Dosis Yang Disarankan Untuk Mendapatkan Manfaat Vitamin C ?

Dosis harian konsumsi vitamin C yang disarankan oleh Badan Kesehatan Dunia adalah 75-90mg per hari untuk orang dewasa. Namun banyak peneliti yang menyarankan untuk mengkonsumsi vitamin C tsb hingga 500mg / hari untuk mendapatkan khasiatnya pada kesehatan seacara maksimal. Dosis harian tsb sebaiknya tidak melebihi 2000mg / hari.

Walaupun mengkonsumsi vitamin C dalam bentuk suplemen sangat praktis, namun akan jauh lebih baik bila Anda mendapatkan vitamin C tsb dari buah dan sayuran segar. Alasanya karena selain mendapatkan manfaat vitamin C, Anda pun akan mendapatkan aneka manfaat vitamin lainnya, aneka manfaat mineral, dan zat-zat fitokimia yang sangat baik untuk mencegah penyakit dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Fungsi dan Peranan Vitamin C di Dalam Tubuh

Sebelum SehatPlus.org membahas mengenai aneka manfaat vitamin C, sebaiknya Anda ketahui dulu beberapa peranan dan fungsi vitamin C di dalam tubuh itu seperti apa.

khasiat dan manfaat vitamin C untuk kesehatan dan kecantikan

Berikut ini adalah fungsi dan peranan vitamin C di dalam tubuh:

  • Vitamin C (asam askorbat) sangat diperlukan untuk pertumbuhan, perkembangan, dan perbaikan semua jaringan tubuh. Fungsi vitamin C ini berkaitan erat dengan banyak fungsi tubuh seperti pembentukan kolagen, penyerapan zat besi, sistem kekebalan tubuh, penyembuhan luka, dan menjaga kesehatan tulang rawan, tulang, dan gigi.
  • Vitamin C juga merupakan salah satu anti oksidan yang dapat melindungi terjadinya kerusakan sel karena radikal bebas, bahan kimia berbahaya, dan polusi. Radikal bebas ini sangat berperan pada terjadinya penyakit kanker, penyakit jantung, dan artritis.
  • Vitamin C sangat mudah diserap tubuh dan bila dikonsumsi dengan zat besi maka akan meningkatkan penyerapan zat besi juga.
Baca juga:   Fungsi dan Manfaat Vitamin A Serta Gejala Kekurangan Vitamin A Yang Perlu Diketahui

Vitamin C merupakan vitamin larut air dan tidak disimpan di dalam tubuh. Sehingga setiap kelebihan konsumsi vitamin akan dikeluarkan dari tubuh. Walaupun tidak ada risiko overdosis, namun penggunaan vitamin C sebaiknya tidak melebihi 2000mg per hari untuk mencegah terjadinya iritasi lambung dan diare. Karena sifatnya demikian, maka asupan vitamin ini harus dilakukan secara terus menerus untuk mendapatkan manfaat vitamin C untuk tubuh.

Tanda-tanda kekurangan vitamin C meliputi lemas, anemia, timbulnya memar, dan terjadinya pendarahan.

Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah beberapa khasiat vitamin C untuk kesehatan dan kecantikan tubuh:

Kegunaan Vitamin C Untuk Melawan Stress

Stres sekarang ini sepertinya sudah menjadi bagian gaya hidup. Banyak sekali yang orang yang tertekan saat ini. Akibatnya banyak penyakit yang muncul yang berawal dari stres ini karena menurunnya sistem kekebalan tubuh. Untungnya salah satu manfaat vitamin C adalah mampu mengatasi hal itu semua.

Khasiat Vitamin C Untuk Melawan Flu

Manfaat vitamin C memang tidak dapat mengobati flu namun keberadaan vitamin ini mampu mencegah terjadinya komplikasi lainnya saat flu seperti infeksi paru dan pneumonia.

Manfaat Vitamin C Untuk Melawan Stroke

Menurut jurnal Clinical Nutrition disebutkan bahwa orang yang memiliki kadar vitamin C tinggi di dalam darahnya memiliki risiko stroke yang lebih rendah sebesar 42%. Hubungan antara khasiat vitamin C dan stroke memang belum jelas benar namun tak ada salahnya bila kita rajin mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran agar memiliki kadar vitamin C yang tinggi di dalam darah dan terhindar dari stroke.

Manfaat Vitamin C Untuk Melawan Penuaan Dini

Penuaan dini seperti momok yang menakutkan terutama untuk para wanita. Penuaan dini ini ditandai dengan munculnya flek hitam dan kerutan di kulit serta hilangnya kelembaban kulit. Zat antioksidan di dalam vitamin C ini mampu memerangi radikal bebas penyebab penuaan dini.

Kegunaan Vitamin C Lainnya Untuk Kesehatan Tubuh

Selain manfaat kesehatan dari vitamin C yang diuraikan di atas, beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa khasiat vitamin C adalah memperbaiki penurunan fungsi mata, menurunkan peradangan, menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

Bagaimana Cara Mendapatkan Vitamin C ?

Seperti yang telah disinggung sedikit di atas, Anda sebaiknya mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran untuk mendapatkan vitamin C harian Anda.

Buah yang mengandung vitamin C terbanyak diantaranya adalah jambu, jeruk, stroberi, tomat, melon, pepaya, mangga, semangka, raspberi, bluberi, nanas.

Sementara sayur yang mengadung vitamin C diantaranya adalah paprika hijau, brokoli, kentang, ubi, sayuran berdaun hijau, kembang kol, kubis, dan paprika merah.

Bila kebutuhan harian Anda belum terpenuhi karena alasan tertentu, maka Anda dapat menambahnya dengan mengkonsumsi suplemen untuk mendapatkan khasiat dan manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh.

Itulah ulasan seputar manfaat vitamin C untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
www.webmd.com/diet/the-benefits-of-vitamin-c image credit: brainprotips.com