Fakta Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Serta Kandungan Nutrisinya

Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan – Anda mungkin sudah kenal dengan buah yang satu ini karena begitu populer dan selalu ada di toko buah. Buah apel yang memiliki rasa asam manis, renyah saat digigit termasuk buah yang banyak penggemarnya.

Bahkan ada yang bilang bila makan buah apel setiap hari dapat menghindarkan kita dari penyakit. Buah ini pun seringkali disebut buah ajaib. Nah sebetulnya apa saja ya manfaat dan khasiat makan buah apel?

Apel termasuk salah satu dari 10 makanan tersehat versi medicalnewstoday.com. Manfaat buah apel untuk kesehatan ini dimungkinkan karena buah yang satu ini memang sangat kaya akan antioksidan, flavonoid, dan serat selain kandungan nutrisi lainnya yang diperlukan oleh tubuh.

Beberapa manfaat buah apel untuk kesehatan adalah membantu menurunkan risiko terjadinya kanker, hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung.

Namun sebelum membahas lebih lanjut mengenai kegunaan dan khasiat mengkonsumsi buah apel, sebaiknya Anda ketahui juga kandungan nutrisi buah apel serta apa saja yang harus diwaspadai saat mengkonsumsi buah ini.

Apa Saja Kandungan Nutrisi Buah Apel?

Buah apel termasuk buah istimewa yang baik untuk dikonsumsi karena hampir tidak mengandung lemak, natrium ataupun kolesterol.

Manfaat buah apel bagi kesehatan tubuh dimungkinkan karena buah ini mengandung banyak nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh, diantaranya:

  • Vitamin C, merupakan antioksidan alami yang mampu menghambat kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas serta meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Vitamin B-complex (riboflavin, thiamin, dan vitamin B6), merupakan kunci dalam menjaga kesehatan sel darah merah dan sistem saraf.
  • Serat, dapat mencegah aneka penyakit tertentu dan membantu mencegah kenaikan kolesterol “jahat”.
  • Fitonutrien dalam apel yang kaya akan komponen polifenolik, dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.
  • Mineral seperti kalsium, kalium, dan fosfor.

Berikut ini kandungan nutrisi buah apel per 100 gram nya menurut USDA:

  • 52 kkal energi
  • 13,81 g karbohidrat
  • 0,17 g lemak
  • 0,26 g protein
  • 85,56 g air
  • 1 mg sodium
  • 27 μg beta karoten
  • 29 μg zeaxanthin
  • 0,017 mg vitamin B1
  • 3 μg vitamin A
  • 0,026 mg vitamin B2
  • 0,091 mg vitamin B3
  • 0,061 mg vitamin B5
  • 0,041 mg vitamin B6
  • 3 μg vitamin B9 / folat
  • 4,6 mg vitamin C
  • 0,18 mg vitamin E
  • 2,2 μg vitamin K
  • 6 mg kalsium
  • 0,12 mg besi
  • 5 mg magnesium
  • 0,035mg mangan
  • 11 mg fosfor
  • 107 mg kalium
manfaat buah apel untuk kesehatan
segudang manfaat buah apel untuk kesehatan manusia (imagee: hotaagro.com)

Apa Saja Potensi Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Tubuh ?

Banyak sekali penelitian yang dilakukan untuk membuktikan dan menemukan aneka manfaat kesehatan dari buah apel yang tersembunyi.

Berikut ini adalah manfaat dan khasiat buah apel yang telah terbukti secara ilmiah, yaitu:

Kegunaan Buah Apel dalam Menjaga Kesehatan Saraf

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Food Science menyebutkan bahwa manfaat makan apel adalah baik untuk kesehatan saraf.

Sementara itu penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Experimental Biology and Medicine menemukan bahwa quercetin (salah satu antioksidan yang terkandung dalam buah apel) merupakan salah satu dari 2 komponen yang membantu menurunkan kematian sel yang disebabkan oleh oksidasi dan peradangan sel saraf (neuron).

Manfaat buah apel lainnya disebutkan dalam penelitian lainnya yang dipublikasikan dalam Journal of Alzheimer’s Disease menyebutkan bahwa konsumsi jus apel dapat meningkatkan produksi neurotransmiter penting otak yang disebut asetilkolin sehingga dapat membantu meningkatkan daya ingat pada orang yang memiliki gejala Alzheimer.

Khasiat Buah Apel dalam Mencegah Kanker Payudara

Menurut serangkaian penelitian yang dilakukan oleh Rui Hai Liu (peneliti Cornell terkenal) bahwa salah satu manfaat makan sebuah apel setiap hari dapat membantu pencegahan kanker payudara.

Memperbanyak konsumsi buah dan sayur termasuk apel dapat memperbanyak asupan fenolik yang sudah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan.

Manfaat Buah Apel dalam Menghindari Obesitas

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Food Chemistry menyebutkan bahwa komponen bioaktif dalam apel dapat mempengaruhi perkembangbiakan bakteri usus yang baik sehingga mampu mencegah kegemukan / obesitas.

Manfaat Makan Apel dalam Menurunkan Risiko Diabetes

Wanita yang makan 1 buah apel setiap hari memiliki tingkat risiko terkena penyakit diabetes tipe 2 yang lebih rendah sebanyak 28% dibandingkan orang yang memakan apel.

Manfaat buah apel dalam pencegahan penyakit diabetes ini dikarenakan apel mengandung serat larut yang dapat mencegah perubahan kadar gula darah yang ekstrim.

Baca juga:   Ternyata Ini Loh Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat Makan Buah Apel dalam Menurunkan Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung

Selain baik untuk menjaga kesehatan usus dan menstabilkan kadar gula darah, ternyata kandungan serat dalam buah apel pun sangat baik dalam mengikat lemak yang ada dalam usus sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Itu artinya, pembentukan plak di pembuluh darah arteri pun dapat dikurangi.

Selain itu manfaat apel dalam mencegah penyakit jantung juga didukung oleh komponen fenolik yang ada di kulit apel yang dapat mencegah kolesterol menempel di dinding pembuluh darah arteri. Perlu Anda ketahui, saat plak tsb terbentuk maka terjadilah penyempitan pembuluh darah arteri yang kemudian memicu penyakit jantung koroner.

Manfaat Buah Apel untuk Detoks Hati

Zat-zat buangan yang tidak diperlukan tubuh akan dikeluarkan melalui bantuan hati. Walaupun banyak dokter yang menyangsikan diet detoks karena pertimbangan lebih banyak efek sampingnya dibandingkan manfaatnya, namun buah-buahan seperti apel ternyata merupakan cara detoks hati yang alami, aman, mudah, dan terbaik.

Manfaat Buah Apel dalam Meningkatkan Sistem Imun

Khasiat apel dalam meningkatkan kekebalan tubuh dimungkinkan karena apel merah mengandung banyak antioksidan seperti quercetin. Antioksidan ini mampu menangkal serangan penyakit terutama saat Anda dalam keadaan stress.

Khasiat Buah Apel dalam Mencegah Katarak

Manfaat buah apel untuk kesehatan mata ini didukung dengan beberapa hasil penelitian yang dilakukan secara berkesinambungan menemukan bahwa orang yang konsumsi banyak buah yang mengandung antioksidan seperti apel memiliki tingkat risiko terkena katarak lebih rendah sebanyak 10-15%.

Khasiat Makan Buah Apel dalam Mencegah Batu Empedu

Batu empedu terbentuk bila terlalu banyak kolesterol di dalam empedu. Biasanya kondisi ini terjadi pada orang-orang yang gemuk. Untuk mencegah batu empedu ini, dokter akan merekomendasikan untuk makan makanan yang tinggi serat seperti apel dan buah atau sayuran lainnya untuk mengontrol berat badan sekaligus kadar kolesterol.

Kegunaan Makan Buah Apel dalam Mengatasi Diare dan Konstipasi

Manfaat buah apel dalam menghentikan diare dan konstipasi dimungkinkan karena kandungan serat di dalamnya. Serat larut air ini dapat membantu melancarkan saluran pencernaan dan menyehatkan saluran cerna.

Serat dapat menarik air keluar usus untuk menjaga kotoran tetap bergerak atau menyerap kelebihan air dari dalam tinja untuk memperlambat pergerakan usus.

Khasiat Buah Apel dalam Mengatasi Wasir / Hemoroid

Hemoroid adalah kondisi dimana pembuluh darah vena di anus mengembang. Walaupun kondisi ini tidak mengancam jiwa, namun Anda akan merasakan sakit di anus terutama saat buang air besar.

Wasir pun menjadi salah satu penyebab buang air besar berdarah. Untuk mengatasi rasa nyeri saat buang air besar, penderita biasanya disarankan untuk konsumsi makanan kaya serat seperti buah apel ini.

Apa Saja Dampak Negatif Mengkonsumsi Buah Apel?

Anda sudah mengetahui kandungan nutrisi dan potensi manfaat buah apel untuk kesehatan. Mungkin pertanyaan Anda berikutnya apakah ada efek samping makan buah apel?

Sebetulnya tidak ada efek samping serius yang berkaitan dengan konsumsi buah apel, namun agar Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya ketahui beberapa perhatian berikut ini:

  • Biji apel mengandung sianida yang merupakan zat beracun. Memakan terlalu banyak biji apel dapat berakibat fatal. Sebaiknya hindari makan biji apel ini.
  • Buah apel agak sedikit asam yang dapat merusak gigi 4 x lebih besar dibandingkan minuman berkarbonasi, jadi sebaiknya hindari makan buah apel sepanjang hari, bila diperlukan cukup 1 buah apel per hari.

Nah itulah beberapa perhatian yang perlu Anda ketahui saat mengkonsumsi buah apel. Mungkin Anda bertanya, bagaimana dengan kulit buah apel?

Kulit buah apel aman dan baik dikonsumsi karena banyak mengandung serat dan antioksidan juga. Asalkan cuci bersih dengan air mengalir sebelum memakannya ya …

Lalu bagaimana bila Anda memiliki penyakit diabetes?

Menurut American Diabetes Association, buah apel merupakan sumber makanan bergizi yang masih dapat Anda konsumsi sekalipun Anda memiliki penyakit diabetes.

Itulah informasi seputar kandungan gizi dan potensi manfaat buah apel bagi kesehatan tubuh beserta efek sampingnya. Agar Anda mendapatkan kegunaan dan khasiat makan buah apel seperti yang dijelaskan di atas sebaiknya tidak mengkonsumsinya secara berlebihan ya.

Makan variasi buah dan sayur jauh lebih baik dibandingkan makan apel sepanjang hari. Anda dapat memakan buah pir, stoberi, dll sebagai alternatifnya. Semoga bermanfaat ..

Sumber Referensi:
www.medicalnewstoday.com/articles/267290.php; www.besthealthmag.ca/best-eats/nutrition/15-health-benefits-of-eating-apples/