Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri pada Payudara, Ini Infonya!

Cara Mengatasi Nyeri Pada Payudara – Pernahkah Anda merasakan nyeri di payudara? Mungkin sebagian besar pembaca artikel kesehatan di blog SehatPlus.org ini pernah mengalaminya.

Penyebab nyeri pada payudara pun bermacam-macam, namun yang paling sering terjadi karena adanya perubahan hormonal menjelang dan selama periode menstruasi.

Selain itu nyeri di payudara pun seringkali membuat para wanita khawatir karena nyeri ini seringkali dihubung-hubungkan sebagai gejala kanker payudara.

Nyeri di area payudara dikenal juga dengan istilah mastalgia yaitu nyeri atau rasa sakit yang dapat terasa di bagian atas sebelah luar payudara lalu menjalar hingga ketiak dan lengan.

Bila Anda mengalami nyeri di payudara sebaiknya tak perlu panik ataupun khawatir berlebihan terkena kanker payudara karena gejala kanker payudara ini tak hanya nyeri namun ada tanda-tanda lainnya seperti benjolan, perubahan kulit di area payudara, keluarnya cairan seperti darah dari puting susu, dll.

Nah untuk menambah pengetahuan Anda, yuk kita ulas penyebab dan cara mengatasi nyeri pada payudara ini …

penyebab dan cara mengatasi nyeri pada payudara
apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi nyeri pada payudara? (image: medicalnewstoday.com)

Apa Saja Penyebab Nyeri Pada Payudara?

Ada beberapa rasa nyeri yang timbul di area payudara, namun yang paling umum dialami dan seringkali dikeluhkan oleh para wanita adalah rasa sakit menusuk (nyut) atau payudara terasa kencang. Biasanya rasa nyeri ini hanya terasa beberapa hari sebelum atau selama siklus bulanan.

Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah beberapa penyebab nyeri pada payudara yang perlu Anda ketahui, yaitu:

Siklus Bulanan / Haid

Nyeri pada payudara seringkali jadi tanda PMS (pra menstrual syndrome) yang disebabkan oleh siklus menstruasi biasanya terjadi 3 hari sebelum menstruasi dan akan membaik atau hilang dengan sendirinya setelah menstruasi selesai.

Nyeri pada payudara jenis ini disebut dengan nyeri payudara siklik. Intensitas rasa nyeri di payudara jenis ini dapat beragam tiap bulannya, kadang dialami dan kadang juga tidak.

Menyusui

Nyeri pada payudara juga dapat dialami oleh ibu menyusui dimana payudara terasa sakit dan terjadi pembengkakan karena peradangan.

Benjolan

Penyebab nyeri pada payudara lainnya adalah adanya benjolan di payudara yang dapat timbul dan memicu rasa sakit.

Abses

Abses atau terbentuknya kumpulan nanah di dalam payudara juga dapat menjadi penyebab nyeri pada payudara.

Ukuran Payudara

Wanita yang memiliki payudara besar mungkin mengalami nyeri pada payudara karena beratnya beban. Nyeri payudara ini dapat terasa sampai ke leher, bahu dan punggung.

Cedera

Cedera otot di sekitar dada seperti karena terpukul, terjatuh, dll dapat juga menyebabkan nyeri payudara.

Operasi Payudara

Selain cedera otot, operasi di area payudara / dada dapat menimbulkan rasa nyeri di payudara. Bahkan nyeri paska operasi ini dapat dirasakan lebih lama pada sebagian wanita.

Baca juga:   Begini Cara Mengatasi dan Mencegah Serangan Jantung Agar Tidak Kambuh Kembali!

Ketidakseimbangan Asam Lemak

Penyebab nyeri pada payudara juga bisa jadi adanya ketidakseimbangan asam lemak dimana asam lemak ini dapat memengaruhi sensitivitas jaringan payudara hingga sirkulasi hormon.

Obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan seperti anti jamur, anti depresan atau anti psikotik kemungkinan dapat menyebabkan rasa nyeri di payudara.

Bagaimana Cara Mengatasi Nyeri Pada Payudara?

Seperti yang diulas di atas, penyebab nyeri payudara yang paling umum adalah karena siklus menstruasi dan nyeri ini dapat hilang dengan sendirinya seiring selesainya masa haid tsb.

Rasa nyeri payudara siklik memang kambuhan. Walaupun dapat sembuh dengan sendirinya namun ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk meringankan nyeri di payudara secara alami dan tanpa obat-obatan.

Berikut cara mengatasi nyeri pada payudara yang dapat Anda coba, yaitu:

  • Gunakan ukuran bra yang sesuai, bra yang terlalu sempit juga akan memicu nyeri payudara.
  • Mengurangi makanan yang mengandung lemak jenuh, selain dapat menjadi penyebab nyeri pada payudara juga tak baik untuk kesehatan secara keseluruhan terutama kesehatan jantung.
  • Mengurangi asupan kafein seperti mengurangi minum kopi.
  • Berhenti merokok
  • Mengompres bagian yang sakit baik dengan air hangat atau dingin juga dapat membantu meredakan nyeri di payudara.
  • Minum obat pereda nyeri bila diperlukan seperti parasetamol dan ibuprofen. Jangan lupa ikuti petunjuk penggunaannya ya. Namun bila Anda hamil ataupun sedang menyusui, sebaiknya konsultasikan dulu penggunaan obat-obatan ini sebelum mengkonsumsinya karena dapat mempengaruhi janin / bayi.

Itulah cara mengatasi nyeri pada payudara yang dapat Anda lakukan di rumah.

Bila rasa nyeri pada payudara ini terasa sangat nyeri ataupun berlangsung terus menerus hingga lebih dari 3 minggu, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Walaupun kebanyakan nyeri di payudara tidaklah berbahaya, namun sebaiknya Anda juga waspada akan kondisi khusus yang menyertai rasa nyeri di payudara, seperti:

  • Perubahan bentuk / ukuran payudara
  • Keluarnya cairan / darah dari puting susu
  • Ruam di sekitar puting atau perubahan bentuk puting seperti masuk ke dalam
  • Bengkak atau benjolan yang disertai nyeri di ketiak atau nyeri yang muncul tidak sesuai dengan datangnya siklus menstruasi

Rasa nyeri payudara yang tak kunjung mereda dan disertai gejala di atas sebaiknya diwaspadai sebagai gejala kanker payudara. Kanker payudara sendiri merupakan salah satu jenis kanker pada wanita yang paling banyak diderita sekarang ini.

Jadi bila Anda mengalami gejala di atas, segera konsultasikan dan periksakan diri ke dokter untuk mengetahui cara mengatasi nyeri pada payudara tsb dan mencegah risiko gangguan kesehatan yang lebih parah.

Itulah informasi seputar penyebab dan cara mengatasi nyeri pada payudara. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.