Penyebab Sering Haus Mungkin Gejala Penyakit Serius

Penyebab Sering Haus – Rasa haus sebetulnya adalah sistem alarm tubuh yang menandakan bahwa tubuh memerlukan asupan cairan untuk menjalankan metabolisme tubuh.

Rasa haus ini sebetulnya normal namun bila Anda merasakan rasa haus sepanjang hari, maka Anda patut waspada karena sering merasa dahaga tsb mungkin adalah pertanda gejala penyakit serius.

Nah bila Anda belakangan ini sering merasa haus, cobalah kenali beberapa penyebab sering haus yang akan dibahas oleh Dunia Kesehatan berikut ini ..

penyebab sering haus
image credit: psu.com

Penyebab Sering Haus Yang Perlu Diketahui

Berikut ini adalah beberapa penyebab rasa haus yang perlu Anda ketahui, meliputi:

1. Makanan

Beberapa makanan tertentu seperti makanan asin dan pedas dapat menjadi penyebab rasa haus dan menstimulasi tubuh untuk mengkonsumsi cairan lebih banyak.

2. Cuaca Panas

Udara yang panas juga dapat menjadi penyebab sering haus terutama bila Anda sedang beraktivitas di bawah terik matahari.

3. Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan biasanya terjadi bila Anda tidak mengkonsumsi cairan dalam waktu yang lama apalagi bila Anda melakukan aktivitas yang banyak menguras keringat, atau terjadi penyakit diare atau muntah.

4. Kehamilan

Wanita hamil sering merasa ingin buang air kecil karena kandung kemih yang tertekan oleh janin. Karena banyaknya pembuangan cairan ini membuat wanita hamil lebih sering merasa haus dan ingin minum terus.

5. Obat-Obatan Tertentu

Obat tertentu seperti litium dan diuretic dapat menjadi penyebab sering haus karena seringnya buang air kecil.

6. Penyakit Serius

Disamping penyebab sering haus di atas, rasa haus yang berlebihan juga menandakan adanya penyakit serius, seperti:

Diabetes Melitus

Penyakit diabetes melitus merupakan penyakit kronis yang terjadi karena kadar gula di dalam darah yang tinggi dan dapat menjadi penyebab sering haus.

Baca juga:   Penyebab Sering Mengantuk di Siang Hari dan Cara Mengatasinya

Tingginya kadar gula darah memicu ginjal untuk memproduksi urine lebih banyak untuk melepaskan kelebihan gula dari darah tsb.

Semakin banyak urine yang dihasilkan maka penderita diabetes akan lebih sering merasa haus sebagai pertanda bagi Anda untuk segera mengganti kehilangan cairan tsb.

Diabetes Insipidus

Selain penyakit diabetes mellitus, diabetes insipidus pun dapat menjadi penyebab sering haus yang Anda alami.

Penyakit ini terjadi karena tingginya hormone antidiuretic (ADH) atau vasopressin yang berfungsi mengatur kadar cairan dalam tubuh. Produksi urine yang berlebih membuat pengidapnya sering merasa kehausan.

Ketoasidosis Diabetikum

Masih seputar penyakit diabetes, komplikasi diabetes karena kadar gula darah terlalu tinggi namun kadar insulin (hormon pemecah gula) yang rendah juga merupakan penyakit serius penyebab sering haus.

Karena tidak mampu memecah gula tsb maka tubuh akan memecahkan lemak sebagai sumber energy tubuh, akibatnya terjadi penumpukan keton yang sangat membahayakan.

Komplikasi ini sering terjadi pada pengidap diabetes tipe 1 namun kadang pada tipe 2 juga. Selain haus berlebih, gejala penyakit ketoasiadosis diabetikum juga ditandai dengan tubuh yang terasa sangat lelah, sering buang air kecil, susah bernapas panjang, sakit pada perut bagian atas, dan bahkan dapat terjadi koma.

Anemia Sel Sabit

Penyakit serius lainnya yang menjadi penyebab sering haus adalah anemia sel sabit.

Penyakit ini merupakan penyakit turunan yaitu suatu kondisi di mana sel darah merah berkembang tidak normal, berbentuk seperti sabit. Sel darah abnormal ini akan menghambat pembuluh darah dan menyebabkan kerusakan organ tubuh termasuk ginjal dan pasien pun sering merasa kehausan.

Selain itu dapat pula disertai dengan tubuh yang lemah dan sesak napas.

Itulah beberapa penyebab sering haus yang perlu Anda ketahui. Bila Anda sering merasa kehausan secara terus menerus, alangkah baiknya bila Anda segera memeriksakan diri ke dokter kepercayaan Anda untuk menghindari terjadinya penyakit serius seperti yang telah diulas di atas.