Kenali 6 Tanda-Tanda Ini Bisa Jadi Gejala Penyakit Serius Loh!

Gejala penyakit serius sebetulnya dapat dideteksi dari tanda-tanda yang muncul pada tubuh seperti rasa nyeri, bintik merah, demam, dll. Mengenali tanda-tanda penyakit tsb tentunya sangat baik karena deteksi dini dapat menyelamatkan Anda. Ya walaupun kadang kebanyakan rasa nyeri atau sakit tsb bukanlah hal serius, namun beberapa gejala tertentu perlu Anda waspadai karena bisa jadi berbahaya.

Saat Anda merasakan atau mengenali gejala penyakit serius, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Saat pemeriksaan pun, dokter akan menanyakan mengenai gejala yang Anda alami tsb, jadi biasakan diri untuk mengenali perubahan pada tubuh Anda.

nyeri dada merupakan salah satu gejala penyakit serius yang harus diwaspadai
nyeri dada merupakan salah satu gejala penyakit serius yang harus diwaspadai (image: thehealthsite.com)

6 Gejala Penyakit Serius Yang Perlu Diwaspadai

Berikut ini adalah ciri-ciri penyakit bahaya yang sebaiknya waspadai dan jangan anggap remeh yang dilansir dari webmd.com. Bila Anda mengalami gejala penyakit serius berikut ini sebaiknya segera periksakan diri ke dokter kepercayaan Anda …

Tanda-Tanda Bahaya #1: Nyeri Dada

Nyeri dada terutama yang disertai dengan berkeringat, sulit bernafas, dada terasa tertekan, atau merasa mual harus segera mendapatkan pertolongan dokter karena tanda-tanda tsb merupakan gejala penyakit serius.

Nyeri dada atau dada terasa tertekan merupakan ciri-ciri penyakit jantung ataupun gejala serangan jantung, terutama bila dialami saat beraktivitas. Nyeri dada juga bisa juga bukan penyakit jantung namun merupakan gejala penyakit serius lainnya, seperti saat gumpalan darah bergerak ke paru-paru.

Jika dada terasa kencang atau berat selama beberapa menit kemudian hilang kemudian nyeri lagi, segeralah hubungi dokter. Janganlah berpikiran bahwa tanda-tanda tsb hal biasa.

Pertanda Bahaya #2: Lengan dan Kaki Anda Lemas

Jangan sepelekan tanda-tanda seperti lemas dan mati rasa pada lengan, kaki, ataupun wajah, karena tanda-tanda tsb bisa jadi gejala penyakit serius stroke terutama bila ciri-ciri tsb Anda alami di bagian sebelah saja, misalnya mati rasa di bagian kiri saja atau bagian kanan saja.

Anda mungkin juga mengalami gejala stroke bila mengalami tanda-tanda seperti tidak dapat menjaga keseimbangan, merasa pusing, atau mengalami kesulitan berjalan.

Segera hubungi dokter bila Anda mengalami gejala penyakit serius lanjutan seperti tidak dapat melihat dengan baik, sakit kepala yang parah, merasa bingung, atau memiliki masalah berbicara atau memahami sesuatu. Jika Anda dapat ditangani dalam waktu 4,5 jam setelah gejala penyakit serius yang pertama, maka risiko disabilitas (kelumpuhan) akibat stroke dapat diturunkan.

Gejala Penyakit Serius #3: Rasa Nyeri di Bagian Belakang Kaki Bawah (Lutut sampai Mata Kaki)

Tanda-tanda tsb merupakan gejala adanya penggumpalan darah di kaki yang disebut dengan istilah thrombosis vena dalam (deep vein thrombosis / DVT). Gejala penyakit serius DVT ini dapat dialami setelah Anda duduk terlalu lama misalnya saat perjalanan jauh naik pesawat, atau saat Anda sakit dan harus bed rest (berbaring di tempat tidur) dalam waktu lama.

Baca juga:   Penyebab, Pencegahan, dan Tanda-Tanda Kanker Otak

Saat Anda memiliki gumpalan darah di kaki, maka Anda akan merasakan nyeri saat berdiri atau berjalan. Anda mungkin juga mengalami pembengkakan kaki. Kaki Anda biasanya akan merah dan terasa nyeri saat ditekan, lebih besar ukurannya dibandingkan kaki lainnya.

Sebetulnya normal saja bila Anda merasakan nyeri dan pegal setelah olahraga namun bila Anda mengalami ciri-ciri seperti kemerahan, terasa panas, membengkak dan sangat nyeri segera hubungi dokter.

Anda juga dapat memeriksa gejala penyakit serius dengan mengenali tanda Homans, yaitu saat Anda melentukan jari kaki ke atas dan terasa sakit maka mungkin saja ada gumpalan darah. Bila terasa panas, merah, ataupun pembengkakan di salah satu kaki segera hubungi dokter. Perlu Anda ketahui, deteksi dini penggumpalan darah ini sangat penting, sebaiknya gumpalan darah tsb dapat ditangani sebelum gumpalan darah tsb pecah dan menyumbat aliran darah yang dapat memicu komplikasi penyakit serius lainnya.

Gejala Penyakit Bahaya #4: Mengi / Bengek

Gangguan pernapasan apapun sebaiknya segera diatasi. Bila Anda mengalami mengi / bengek atau mendengar suara siulan saat bernapas, periksakan diri ke dokter karena bisa jadi itu gejala penyakit serius.

Mengi / bengek bisa jadi merupakan ciri-ciri penyakit asma, penyakit paru, alergi parah, atau terkena paparan zat kimia. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk memastikan penyebab dan tindakan pengobatannya.

Mengi / bengek bisa juga merupakan gejala penyakit serius seperti pneumonia atau bronkitis. Jika Anda batuk berdahak dengan warna dahak kuning atau kehijauan, juga mengalami demam atau sesak napas, maka Anda mungkin mengalami bronkitis yang sedang berubah menuju pneumonia. Segera hubungi dokter untuk memastikan gejala penyakit serius tsb.

Pertanda Penyakit Bahaya #5: Darah di Urin

Saat Anda buang air kecil (BAK) sebaiknya perhatikan urin Anda seperti ada / tidaknya darah dalam urin. Jika ada darah dalam urin dan Anda merasa nyeri pinggang atau nyeri punggung, mungkin Anda memiliki batu ginjal. Batu ginjal adalah kristal kecil yang terbentuk dari mineral dan garam di dalam ginjal lalu bergerak menuju saluran kencing.

Untuk memastikan gejala penyakit serius tsb, dokter akan melakukan X-ray atau ultrasound untuk melihat ada / tidaknya batu ginjal.

Sebetulnya kebanyakan batu ginjal dapat keluar dari tubuh saat Anda BAK dan terasa nyeri. Kadang-kadang dokter perlu melakukan tindakan untuk membuang batu ginjal tsb.

Jika Anda melihat darah di urin dan merasa ingin terus buang air kecil, atau terasa panas saat kencing, ini bisa jadi pertanda gejala penyakit serius seperti infeksi ginjal atau infeksi kandung kemih. Jangan tunggu lebih lama lagi, segera periksakan diri ke dokter terutama bila Anda pun mengalami demam.

Jika Anda melihat dararh di urin namun tak merasakan nyeri apapun, mungkin itu adalah pertanda penyakit kanker ginjal atau kanker kandung kemih. Jadi tetap harus periksakan diri ke dokter.

Tanda Penyakit Serius #6: Merasa Tak Punya Harapan

Jika Anda merasa tak punya harapan atau terperangkap, atau merasa tak memiliki alasan untuk hidup, segeralah cari pertolongan. Berbicara pada seseorang yang Anda percayai seperti dokter dapat membantu Anda melewati krisis tsb sehingga terhindar dari risiko bunuh diri.

Itulah 6 pertanda gejala penyakit serius yang perlu Anda waspadai. Bila Anda merasakan salah satu tanda-tanda bahaya di atas, segera hubungi dokter kepercayaan Anda. Semoga bermanfaat dan semoga Anda semua selalu diberikan kesehatan dan keselamatan. Aaamiin yra …