10 Jenis Makanan Yang Tidak Baik Untuk Penderita Kolesterol Tinggi Walaupun Rasanya Enak!

Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Kolesterol Tinggi – Semua orang pasti suka makan. Selain dapat membuat perut kita menjadi kenyang dan bertahan hidup lebih lama, mengkonsumsi makanan tertentu pun sudah bisa dijadikan sebagai hiburan favorit. Maka tak aneh jika saat ini terdapat sebuah istilah yang disebut sebagai ‘wisata kulier’, artinya anda mencari makanan beragam untuk memuaskan hasrat akan lidah anda.

Tetapi sayangnya, kebanyakan dari kita seringkali tak mampu mengatur asupan pola makan tersebut, terlebih jika menyangkut makanan cepat saji dan junk-food yang melezatkan. Parahnya, makanan tersebut benar-benar dapat mendatangkan berbagai macam penyakit untuk anda.

Sebut saja kolesterol tinggi dan penyakit jantung yang merupakan dua jenis penyakit paling umum diakibatkan oleh pola makan yang sangat buruk. Menurut National Heart Long and Blood Institute sendiri mengatakan bahwa kolesterol merupakan sejenis senyawa seperti lemak yang ditemukan dalam hampir semua sel-sel di tubuh manusia.

Pada dasarnya, tubuh anda membutuhkan kolesterol tersebut untuk memproduksi hormon, vitamin D, dan senyawa lainnya untuk mencerna makanan. Tetapi masalahnya tubuh anda sebenarnya sudah cukup memproduksi kolesterol tersebut secara alami, sehingga jika anda menambahkan kadarnya dari makanan maka bisa menciptakan masalah kesehatan yang fatal.

Lantas, makanan apa sajakah yang dapat memperparah kondisi penyakit kolesterol tinggi yang harus anda hindari? Tanpa berbasa-basi lagi, berikut adalah daftarnya ..

Contoh Makanan yang Tidak Baik Untuk Penderita Kolesterol Tinggi
Contoh Makanan yang Tidak Baik Untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Pantangan Makanan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

Berikut ini adalah 10 jenis makanan yang sebaiknya dihindari atau dibatasi konsumsinya oleh para penderita hiperkolesterolimia (tingginya kolesterol darah).

Hati

Sebagai makanan yang mengandung banyak sekali zat besi di dalamnya, hati bisa menjadi salah satu makanan tersehat yang bisa anda dapatkan, terutama bermanfaat untuk para penderita anemia. Tetapi bagi anda yang tengah menderita kolesterol tinggi, harap untuk menghindarinya secara total.

Hal ini karena hati dapat meningkatkan kadar kolesterol di tubuh anda. Bahkan American Heart Association menambahkan bahwa organ tubuh ini merupakan sumber utama dari kolesterol, dan menjadi tempat dimana kolesterol tersebut dibuat dan disimpan. Maka dari itulah, menghindari asupan organ hati merupakan langkah yang sangat tepat ketika anda tengah menderita penyakit kolesterol tinggi.

Margarin

Banyak orang mengira bahwa margarin dapat menjadi pengganti alternatif dari mentega, padahal faktanya tidak demikian. Sudah banyak penelitian yang justru menyebutkan bahwa margarin lebih berbahaya daripada mentega karena kandungan kolesterol yang dimilikinya.

Banyak orang mengira bahwa margarin yang biasa anda konsumsi tersebut terbuat dari minyak nabati tak jenuh, yang mana mereka berpikir bahwa itu bisa menjadi pilihan yang menyehatkan. Tetapi sayangnya asumsi tersebut ditolak oleh sebuah penelitian dari Harvard School of Public Health, dimana mereka meneliti bahwa ternyata margarin bisa sangat berbahaya untuk jantung anda. Hal ini karena jenis makanan ini mengandung sejumlah besar lemak trans dan minyak terhidrogenasi parsial.

Popcorn Microwave

Popcorn bukanlah makanan yang berbahaya – tergantung bagaimana anda mengolahnya. Jika popcorn tersebut diproses dengan menggunakan microwave, maka camilan lezat tersebut cenderung akan dikemas dengan mentega, minyak, dan garam. Tentu saja, kandungan tambahan ini bisa benar-benar meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh anda menjadi tidak normal.

Berbeda dengan popcorn yang tanpa dikemas dengan garam dan terbebas dari mentega, maka kudapan ini akan menjadi salah satu cara terlezat dalam mengatasi kadar kolesterol tinggi anda.

Kue dan Biskuit Kemasan

Kudapan lezat ini bisa menjadi teman anda yang paling setia ketika tengah menonton acara favorit di malam hari. Sayangnya, beberapa jenis kue dan biskuit kemasan yang dipanggang haruslah anda hindari sepenuhnya ketika tengah menderita penyakit kolesterol tinggi. Alasannya cukup sederhana, camilan lezat ini tentunya mengandung kadar lemak trans yang tinggi akibat penggunaan minyak nabati terhidrogenasi.

Kerang

Siapa sangka jenis makanan laut atau seafood yang menyehatkan ini pun termasuk ke dalam daftar makanan yang buruk untuk penderita kolesterol tinggi dan penyakit jantung. Lagi-lagi ini diakibatkan oleh kadar kolesterol yang dimilikinya. Faktanya, menurut EverydayHealth.com menuliskan bahwa dari satu ons kerang saja sudah mengandung sekitar 61 mg kolesterol, sehingga patut anda hindari sebisa mungkin.

Baca juga:   Penyebab Infeksi Saluran Kemih, Gejala dan Cara Mengatasinya

Hamburger

Mungkin orang zaman dahulu tidak pernah mengetahui jenis makanan yang satu ini. Tetapi seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, makanan yang berasal dari Amerika Serikat ini pun sampai ke Indonesia dan menjadi semakin populer dari waktu ke waktu. Selain tampilannya yang menggugah selera, hamburger pun disertai dengan daging olahan, bawang, dan keju, sehingga tak jarang dapat membuat lidah anda bergoyang.

Tetapi berpikirlah dua kali untuk mengkonsumsinya ketika tengah menderita penyakit kolesterol tinggi. Faktanya, hamburger ini mengandung lebih banyak kolesterol daripada kerang menyehatkan yang sudah disebutkan di atas. Beberapa merk terkenal memasukkan sekitar 85 mg hingga 175 mg kolesterol ke dalamnya, dan – tentu saja – ini merupakan angka yang sangat tinggi bahkan untuk orang sehat dan normal sekalipun – apalagi untuk seseorang yang telah menderita penyakit tertentu.

Ayam Goreng

Daging ayam yang diproses dengan cara digoreng hingga renyah memang telah menjadi salah satu makanan terpopuler di negara kita. Tapi sekali lagi, hindari makanan ini ketika anda tengah menderita kolesterol tinggi. Alasannya pun tetap sama, yaitu karena mengandung kadar kolesterol tinggi layaknya hamburger dan kerang seperti yang sudah dijelaskan di atas.

French Fries

Nama dari makanan ini tentu sudah tidak begitu asing di telinga orang Indonesia. Tetapi untuk anda yang belum tahu, makanan ini terbuat dari kentang yang diiris dan kemudian di goreng di dalam minyak nabati terhidrogenasi. Tentu saja, seperti yang sudah dijelaskan di atas berkali-kali bahwa minyak jenis ini dapat menyebabkan makanan tersebut mengandung kadar kolesterol yang sangat tinggi – sekalipun itu sayuran kentang yang menyehatkan.

Penelitian dari Harvard School of Public Health menjelaskan bahwa minyak nabati terhidrogenasi parsial dapat membuat makanan menjadi lebih stabil dan cenderung tidak merusak tampilannya, sehingga sangat tepat digunakan terhadap makanan kemasan. Tetapi sayangnya, makanan tersebut akan menciptakan sejenis lemak bernama lemak trans yang menjadi musuh bagi para penderita penyakit jantung dan kolesterol tinggi.

Kuning Telur

Hampir semua orang sudah tahu bahwa telur merupakan jenis makanan yang sangat menyehatkan, bahkan para ahli kesehatan dunia pun telah memasukkan jenis makanan ini ke dalam daftar superfood atau makanan super, karena manfaatnya dalam mengobati dan mencegah berbagai macam penyakit. Tetapi bagi anda yang tengah menderita kolesterol tinggi, lagi-lagi bisa menjadi larangan untuk dimakan.

Namun untungnya, hanya bagian tertentu saja yang tidak boleh anda sentuh, yaitu kuning telur. Terlebih lagi, anda tidak harus menghindarinya secara total, cukup kurangi saja porsinya setiap minggunya. Menurut MayoClinic.org sendiri menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi telur secara utuh (bersama dengan kuningnya) sebanyak 4 buah atau kurang setiap minggunya cenderung tidak akan membuat seseorang meningkatkan resiko penyakit jantung.

Daging Merah

Jenis daging ini sangat kaya akan zat besi, sehingga menjadi salah satu makanan terlezat yang cocok dikonsumsi oleh para penderita penyakit darah rendah. Namun di saat yang bersamaan, American Heart Association (AHA) mengatakan bahwa mereka sangat tinggi akan kolesterol dan lemak jenuh, sehingga dapat berkontribusi terhadap naiknya kolesterol di tubuh anda.

Dikarenakan anda pun tidak bisa menghilangkan asupan protein begitu saja, maka AHA pun merekomendasikan anda untuk mendapatkan protein sumber alternatif dari kacang-kacangan (beans), daging ayam (bukan yang diproses secara digoreng), dan ikan (seperti salmon) yang juga kaya akan asam lemak omega-3.

Nah itulah 10 contoh jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh para penderita penyakit kolesterol tinggi. Nah agar tubuh Anda tetap sehat, selain dengan mengatur pola makan seperti yang telah diuraikan di atas, sebaiknya barengi juga dengan olahraga. Semoga bermanfaat …