Bahaya dan Manfaat Santan Kelapa Bagi Kesehatan

Selain minyak kelapa, santan pun merupakan hasil produk dari buah kelapa. Masakan menggunakan santan memang sangat populer di Indonesia. Sebut saja, masakan padang, santan sepertinya bahan masakan yang wajib, ataupun opor ayam menu wajib saat lebaran.

Masakan bersantan sudah dikenal dengan kelezatannya. Namun bagaimana dengan dampak mengkonsumsi santan untuk kesehatan? Apa manfaat santan kelapa bagi kesehatan? Apa ada bahaya santan kelapa bagi tubuh?

Mungkin Anda sering mendengar, jangan banyak makanan bersantan karena dapat meningkatkan kolesterol. Benarkah demikian?

Seperti dilansir di kompas.com, Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor, Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan mengatakan bahwa santan merupakan lemak nabati. Kandungan dan khasiatnya berbeda dengan lemak hewani seperti yang terkandung pada ayam.

Karena perbedaan sifat inilah, santan tidak bisa dikatakan sebagai lemak jenuh yang jahat seperti pada lemak hewani. Jadi kalau ada pandangan yang mengatakan bahwa santan sebagai lemak jahat itu harus diluruskan.

Pendapat yang sama juga muncul menurut ahli gizi lainnya bahwa santan benar-benar jahat hanyalah mitos belaka. Seperti dilansir dari detikHealth, Guru Besar Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Prof. Dr. Nur Indrawaty Lipoeto, MmedSci, Phd., mengatakan bahwa kadar lemak jenuh pada santan berbeda dengan daging. Efeknya juga pasti berbeda satu sama lain. Selain itu juga, santan itu lemak jenuh nabati sedangkan daging yaitu lemak hewani.

Santan kelapa sebenarnya mengandung asam lemak dan trigliserid yang mudah dibakar oleh tubuh, selain itu juga mengandung sedikit fruktosa yang merupakan pemanis alami. Walaupun begitu, makanan berbahan santan sebaiknya dikonsumsi sekali habis alias jangan berulangkali dipanaskan. Saat dipanaskan maka akan menimbulkan lapisan minyak, nah minyak inilah yang tidak baik dikonsumsi.

Sebetulnya santan merupakan salah satu alternatif pengganti susu sapi yang memilki sejumlah manfaat kesehatan loh! Namun sebelum membahas mengenai manfaat santan bagi kesehatan tubuh, sebaiknya diintip dulu apa saja kandungan nutrisi di dalam santan ini.

Apa Saja Kandungan Gizi Dalam Santan?

Santan kelapa merupakan sumber makanan berkalori tinggi, 93% kalorinya berasal dari lemak, baik lemak jenuh yang dikenal sebagai trigliserida rantai menengah. Selain itu santan kelapa juga merupakan sumber beberapa vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Berikut kandungan nutrisi santan kelapa dalam 1 cangkir (240 gram), yaitu:

  • Kalori: 552 Kal
  • Lemak: 57g
  • Protein: 5g
  • Karbohidrat: 13g
  • Serat: 5g
  • Vitamin C: 11% dari kebutuhan harian
  • Folat: 10% dari kebutuhan harian
  • Besi: 22% dari kebutuhan harian
  • Magnesium: 22% dari kebutuhan harian
  • Kalium: 18% dari kebutuhan harian
  • Tembaga: 32% dari kebutuhan harian
  • Mangan: 110% dari kebutuhan harian
  • Selenium: 21% dari kebutuhan harian
  • Fosfor: 24% dari kebutuhan harian
manfaat santan kelapa bagi kesehatan tubuh
manfaat santan kelapa bagi kesehatan tubuh (image: livestrong.com)

Apa Saja Manfaat Santan Kelapa Bagi Kesehatan?

Nah berdasarkan dari kandungan gizi yang telah disebutkan di atas, ada beberapa potensi manfaat kesehatan dari santan kelapa seperti yang perlu diketahui, yaitu:

Kegunaan dan Manfaat Santan Kelapa untuk Diet, Menurunkan Berat Badan dan Metabolisme

Banyak penelitian yang dilakukan untuk membuktikan bahwa konsumsi santan kelapa dapat memberikan manfaat kesehatan.

Kandungan utama santan kelapa adalah lemak trigliserida rantan menengah. Namuh Anda jangan berprasangka buruk dulu pada kandungan lemak dalam santan. Pasalnya lemak dalam santan kelapa ini justru memiliki manfaat kesehatan seperti penurunan berat badan, pembentukan badan, dan metabolisme.

Sekitar setengahnya lemak dalam santan kelapa ini adalah berupa lemak rantai menengah yang disebut dengan asam laurat. Selain itu santan kelapa juga mengandung sejumlah sedikit asam lemak rantai medium lainnya seperti asam kaprik dan asam kaprilat.

Tak seperti jenis lemak lainnya dengan rantai panjang, justru lemak rantai menengah ini akan masuk ke saluran cerna dan langsung masuk ke hati, yang nantinya akan diolah menjadi energi atau produksi keton. Bentuk lemak rantai medium ini pun tidak disimpan dalam bentuk lemak tubuh.

Para peneliti juga menyebutkan bahwa lemak rantai medium ini dapat menurunkan nafsu makan, menurunkan asupan kalori, dibandingkan jenis lemak lainnya.

Meskipun belum ada penelitian yang dilakukan secara langsung mengenai manfaat santan kelapa untuk diet ataupun dampak positif santan kelapa untuk pengaturan berat badan / metabolisme, namun beberapa penelitian menunjukan hasil baik terkait efek minyak kelapa dan lemak rantai medium pada tubuh.

Manfaat santan kelapa lainnya adalah dapat membantu pembentukan otot. Pada saat Anda mengikuti latihan pembentukan otot, nah otot Anda pun memerlukan sejumlah nutrisi termasuk elektrolit seperti magnesium dan kalium yang terkandung dalam santan kelapa, yang nantinya nutrisi ini akan membantu perbaikan jaringan yang rusak dan membuat tubuh lebih kuat. Santan kelapa juga dapat membantu Anda merasa lebih kenyang dan mencegah Anda ngemil sepanjang hari.

Baca juga:   Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan Ternyata Luar Biasa!

Efek Konsumsi Makanan Bersantan Pada Kolesterol dan Kesehatan Jantung

Banyak orang yang takut makan santan karena kandungan lemaknya dan mereka menyangka bahaya santan kelapa dapat meningkatkan kadar kolesterol darah serta tidak baik untuk jantung.

Yap, asam lemak yang terkandung pada santan kelapa memanglah jenis lemak jenuh, namun jangan berpikiran bahwa lemak ini akan meningkatkan kadar kolesterol dan menyebabkan penyakit jantung. Faktanya justru salah satu manfaat santan kelapa adalah dapat menurunkan kadar kolesterol darah, memperbaiki tekanan darah, dan mencegah serangan jantung ataupun stroke.

Hasil penelitan menyebutkan bahwa salah satu manfaat santan kelapa bagi kesehatan dapat dirasakan baik oleh orang yang memiliki kadar kolesterol darah rendah maupun tinggi. Justru dengan memakan santan dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) lebih banyak dibandingkan konsumsi susu kedelai.

Manfaat konsumsi santan juga dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik) dalam tubuh sebanyak 18% lebih baik dibandingkan susu kedelai yang hanya 3% saja.

Dampak positif santan kelapa juga baik untuk menurunkan tekanan darah dan menjaga pembuluh darah tetap fleksibel, elastis serta terhindar dan pembentukan plak. Hal ini dikarenakan santan kelapa mengandung  mineral yang penting dalam sirkulasi dan pengontrolan aliran darah. Sebagai contoh, magnesium dapat membantu melawan tekanan dan tegangan otot, membantu otot tetap rileks dan mencegah serangan jantung.

Jadi Anda tak perlu khawatir makan makanan bersantan karena tidak terlalu berefek pada peningkatan kolesterol Anda, asalkan tidak berlebihan. Namun, bukan berarti karena rasanya enak dan sehat, jadi menambah porsi makan termasuk penambahan nasi, nah inilah yang tidak diperbolehkan hehehe.

Khasiat Santan Kelapa Dapat Mencegah Kelelahan

Santan kelapa merupakan sumber elektrolit dan mineral penting yang dibutuhkan untuk menjaga volume darah, mengatur kesehatan jantung, mencegah dehidrasi atau diare.

Saat udara panas, selepas berolahraga, ataupun saat proses pemulihan dari sakit, elektrolit akan mencegah kelelahan, nyeri otot atau kram, dan mencegah menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Lemak yang terkandung pada santan kelapa sangat mudah digunakan oleh otak sebagai sumber energi tanpa harus melalui proses pencernaan dulu dengan asam empedu seperti lemak jenis lainnya. Kalori santan kelapa merupakan sumber kalori yang cepat dan efisien untuk otak.

Kegunaan Santan Kelapa Sebagai Pengganti Susu

Santan kelapa hanya mengandung lemak nabati dan tidak mengandung laktosa sehingga merupakan pilihan terbaik bagi Anda yang selama ini alergi susu sapi ataupun susu kedelai ataupun susu dari jenis kacang lainnya.

Manfaat Santan Kelapa Untuk Kesehatan Pencernaan

Santan kelapa akan menutrisi dinding saluran cerna dengan kandungan elektrolit dan lemak sehatnya sehingga dapat meningkatkan kesehatan usus, mencegah konstipasi, dan mencegah penyakit IBS (irritated bowel syndrome / radang usus besar).

Manfaat Makan Santan Kelapa Untuk Penderita Diabetes

Kandungan lemak pada santan dapat menurunkan kecepatan pelepasan gula ke pembuluh darah, membantu mengontrol kadar insulin, dan mencegah kenaikan gula. Pada penderita diabetes, santan kelapa dapat dijadikan alternatif sumber energi pilihan untuk tubuh dibandingkan gula.

Khasiat Memakan Santan Kelapa Untuk Pencegahan Anemia

Salah satu penyebab anemia adalah kekurangan zat besi. Santan kelapa mengandung besi yang cukup tinggi sehingga dapat membantu mencegah penyakit kurang darah.

Manfaat Santan Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh Lainnya

Selain potensi manfaat kesehatan konsumsi santan kelapa untuk makanan yang disebutkan diatas, masih ada beberapa manfaat mengkonsumsi santan lainnya, yaitu:

  • Mengurangi peradangan sendi dan mencegah arthritis.
  • Mencegah tukak lambung kambuh kembali bahkan efeknya santan kelapa ini lebih baik dibandingkan air kelapa.
  • Melawan bakteri dan virus penyebab infeksi.

Bahaya Santan Kelapa Bila Dikonsumsi Untuk Kesehatan

Sebetulnya tidak ada efek samping mengkonsumsi santan kelapa kecuali bila Anda memiliki alergi terhadapnya. Dibandingkan dengan alergi pada kacang, justru kasus alergi pada santan ini relatif lebih jarang.

Meskipun dapat dikatakan hampir tidak ada dampak negatif memakan santan, namun bukan berarti Anda dapat makan berlebih-lebihan, ingat santan kelapa mengandung kalori tinggi!

Selain itu, bila Anda membeli santan kelapa dalam kemasan, sebaiknya pilih kemasan yang tidak mengandung  BPA (bisphenol yang dapat menyebabkan gangguan reproduksi dan kanker).

Bagaiman Cara Mendapatkan Santan Kelapa Untuk Makanan?

Untuk mendapatkan santan kelapa yang sehat dan segar, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Caranya cukup sederhana, tinggal parut lalu peras deh atau tambahkan air secukupnya tergantung keinginan kekentalan santan itu sendiri.

Berikut cara membuat santan kelapa sendiri di rumah, yaitu:

  • Pilih buah kelapa segar dengan cara menggoyangkan kelapa, bila Anda mendengan suara air di dalamnya berarti buah kelapa tsb masih segar.
  • Buka buah kelapa tsb dan ambil daging buahnya.
  • Cuci buah kelapa lalu parut.
  • Tambahkan air. Jumlah air yang digunakan tergantung kebutuhan, apakah Anda menginginkan santan lebih kental atau lebih encer.
  • Saring sambil diremas-remas. Nah cairan yang berwarna putih inilah yang disebut santan kelapa.

Nah bila Anda lebih senang sesuatu yang bersifat instan, termasuk santan kelapa instan alias santan kelapa kemasan.

Nah bila Anda ingin membeli santan instan, berikut ini adalah beberapa tips pemilihan santan kelapa dalam kemasan:

  • Baca label pada kemasan, sebaiknya pilih yang hanya memiliki kandungan kelapa dan air. Hindari membeli santan kelapa kemasan yagn mengandung pengawet, pemanis. Santan kelapa kemasan yang diproses dengan tekanan dingin (dengan sedikit pemanasan) jauh lebih baik.
  • Pilih kaleng yang bebas BPA
  • Pilih kemasan karton, santan kelapa tanpa pemanis dalam kemasan karton biasanya mengandung sedikit lemak dan kalori dibandingkan kemasan kalengan.

Nah itulah beberapa informasi terkait manfaat santan kelapa bagi kesehatan, bahaya santan kelapa, dan bagaimana cara mendapatkan santan kelapa yang sehat. Semoga informasi di atas bermanfaat …

Sumber Referensi:
Healthline.com: Coconut Milk Health Benefits and Uses, diterbitkan 31 July 2016; Draxe.com: Coconut Milk Nutrition – 9 Benefits + Recipes, diambil 02 Jun 2018.