6 Manfaat Penting Mengkonsumsi Roti Gandum Utuh Untuk Kesehatan

Manfaat Roti Gandum Utuh Bagi Kesehatan – Banyak orang menghindari atau mengurangi asupan karbohidrat dari nasi dan roti, terutama bagi mereka yang tengah menjalani diet menurunkan berat badan dan menderita penyakit diabetes. Tetapi sebenarnya, tidak semua jenis karbohidrat itu dapat merugikan kesehatan anda. Bahkan sebaliknya, banyak para ahli diet dan ahli gizi mengatakan bahwa asupan jenis karbohidrat yang tepat malah dapat menyediakan energi melimpah sepanjang hari untuk anda.

WebMD sendiri menggunakan perumpanan hal ini terhadap mobil. Jadi, karbohidrat tersebut layaknya bensin untuk mobil. Jika anda tidak memberikan bahan bakar, tentu saja mobil tersebut tidak mampu berjalan sekalipun memiliki mesin yang baru (tubuh sehat) dan terawat baik (mendapatkan asupan nutrisi). Sama halnya seperti tubuh anda, asupan nutrisi seperti vitamin dan mineral saja tidak akan cukup membuat tubuh anda mampu bergerak tanpa adanya karbohidrat.

Tapi sekali lagi, pastikan untuk memilih karbohidrat yang tepat. Karena faktanya, terdapat jenis yang sederhana dan berkualitas rendah di luaran sana. Sebut saja karbohidrat dari dalam roti putih yang cenderung dapat meningkatkan kadar gula darah anda secara drastis, kemudian turun kembali setelah beberapa saat sehingga akan menyebabkan anda merasa lapar lebih cepat dan kehilangan energi di saat yang bersamaan.

Tetapi jika anda memilih roti gandum utuh dengan kandungan karbohidrat berkualitas tinggi, maka tidak hanya akan memberikan dorongan energi berlimpah yang dapat bertahan selama berjam-jam lamanya, melainkan juga dapat mendatangkan berbagai macam manfaat untuk anda. Nah, di bawah ini telah kami sajikan hal positif apa saja yang bisa anda dapatkan darinya.

Manfaat Roti Gandum Utuh Untuk Kesehatan
Manfaat Roti Gandum Utuh Untuk Kesehatan

Manfaat Makan Roti Gandum Utuh Bagi Kesehatan

Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah manfaat mengkonsumsi roti gandum untuk kesehatan tubuh anda.

Sehat Secara Keseluruhan

Tidak peduli apakah anda seseorang yang berusia muda, berusai lanjut, pria, maupun wanita – anda masih bisa memetik secara maksimal manfaat dari mengkonsumsi roti gandum utuh untuk kesehatan anda.

Hal ini telah dibuktikkan oleh sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi karbohidrat dari gandum utuh ternyata dapat mengurangi seseorang terkena resiko penyakit kardiovaskular, diabetes tipe-2, tekanan darah tinggi, kanker usus besar, stroke, dan hingga obesitas.

Tetapi selalu ingat porsinya. Anda bisa mengkonsumsi setidaknya 3 kali roti gandum utuh setiap harinya, dimana setiap porsinya saja sudah bisa mengurangi resiko anda terkena berbagai macam penyakit yang telah disebutkan di atas.

Mampu Bertahan Hidup Lebih Lama

Usia hanya Tuhan yang tahu, namun hukum di dunia ini tetap mengharuskan seseorang terkena sebab dan akibat. Artinya, untuk bertahan hidup pun haruslah didukung dengan usaha sendiri, salah satunya adalah mendapatkan asupan makanan.

Para peneliti dari Harvard School of Public Health menemukan keterkaitan antara pola makan yang kaya akan gandum utuh dengan berkurangnya resiko terkena kematian. Penelitian tersebut melibatkan lebih dari 100 ribu orang dan menyimpulkan bahwa ternyata gandum utuh dapat mengurangi resiko kematian sebanyak 5% dan terhindar dari meninggal akibat penyakit kardiovaskular hingga 9%.

Temuan ini tentunya memberikan dukungan lebih lanjut terhadap teori mengkonsumsi roti gandum utuh yang dapat meningkatkan kesehatan seseorang secara keseluruhan yang telah disebutkan di atas.

Merasa Lebih Bahagia

Merasa sedih dan tidak semangat dalam menjalani hari-hari anda? Berhati-hatilah, karena itu bisa menjadi salah satu gejala dari gangguan mental yang tanpa disadari mulai mendekati anda. Namun untungnya, untuk mengatasi perasaan galau tersebut ternyata sangat mudah, yaitu dengan meningkatkan asupan roti gandum utuh saja yang menyehatkan.

Menurut Psychology Today, karbohidrat pun ternyata dapat meningkatkan kadar neurotransmitter perasaan baik di dalam otak seseorang yang disebut sebagai serotonin, sehingga dengan mengkonsumsi roti gandum utuh saja sudah bisa berkontribusi terhadap meningkatnya perasaan baik dan mengontrol suasana hati, sekaligus terhindari dari ngidam makanan yang biasanya muncul akibat dari perasaan stres dan khawatir itu sendiri.

Baca juga:   8 Manfaat Kesehatan Dari Mendengarkan Musik Menurut Para Ahli Kesehatan

Teori ini tentunya sangatlah berguna bagi mereka yang tengah menderita gangguan mental. Seperti yang kita tahu bahwa mereka yang tengah terkena stres, depresi, serangan kecemasan, dan khawatir biasanya cenderung melampiaskannya terhadap makanan manis. Padahal, makanan tersebut malah dapat memicu peradangan dalam tubuh sehingga akan memperparah kondisi yang tengah anda hadapi saat itu. Tak dielakkan lagi, mengkonsumsi makanan manis pun dapat meningkatkan lingkar pinggang anda secara signifikan.

Mengurangi Berat Badan

Kata siapa roti gandum bikin gemuk?

Jika mengkonsumsi makanan manis dapat meningkatkan berat badan, lain lagi dengan mengkonsumsi roti gandum utuh yang dapat berkontribusi sangat besar terhadap diet menurunkan berat badan anda. Hal ini karena roti gandum utuh dikemas dengan serat yang sangat melimpah – di samping dari kandungan utamanya yaitu karbohidrat.

Salah satu manfaat penting dari serat dalam roti gandum utuh adalah kemampuannya dalam tetap menjaga perut anda tetap kenyang lebih lama, sehingga mampu mengekang keinginan anda mengkonsumsi terlalu banyak kalori.

Selain itu, jenis karbohidrat dalam roti gandum utuh termasuk ke dalam karbohidrat kompleks, artinya tubuh anda akan membutuhkan lebih banyak waktu dalam mencernanya sehingga membuat anda merasa kenyang lebih lama. Ditambah lagi, seratnya yang menyehatkan dapat mencegah melonjaknya kadar gula darah sesaat anda mengkonsumsi karbohidrat tersebut, dengan begitu bisa terhindar dari penyakit mengerikan seperti diabetes tipe-2.

Mencegah Terkena Konstipasi

Selain dapat menjaga agar anda tetap kenyang lebih lama, serat dalam roti gandum utuh pun memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan anda. Terdapat banyak sekali masalah terkait perut, salah satunya adalah konstipasi atau sembelit. Tetapi karbohidrat dari gandum utuh sendiri dapat membuat limbah dalam perut tetap bergerak secara konsisten sehingga anda pun bisa pergi ke kamar kecil secara teratur setiap harinya.

Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut

Siapa yang menyangka bahwa kecantikan kulit dan rambut bisa anda mulai dengan sarapan roti gandum utuh menyehatkan di pagi hari? Meskipun cukup terdengar aneh dan sedikit meragukan, tetapi ternyata teori tersebut benar adanya.

Roti gandum utuh dikemas dengan vitamin B dan protein, yang mana keduanya sangatlah diperlukan karena kulit dan rambut anda akan kehilangan dua nutrisi penting tersebut seiring dengan berjalannya waktu dan usia anda.

Alasannya pun tidak berhenti sampai di sana. Seperti yang kita tahu bahwa gandum utuh bukanlah karbohidrat berkualitas rendah, sehingga terhindar dari gula sederhana dan lemak. Gula sendiri – terutama rafinasi – sangatlah buruk terhadap kesehatan kulit anda.

Menurut Total Dermatology juga mengatakan bahwa selain dapat meningkatkan efek penuaan di kulit, glikasi (sebuah kondisi dimana gula yang dicerna menempel pada kolagen di kulit secara permanen) juga dapat memperparah kondisi masalah kulit seperti jerawat dan rosacea. Glikasi sendiri bisa diciptakan oleh peradangan akibat asupan gula berlebih sehingga memproduksi enzim yang memecah kolagen dan elastin. Alhasil, akan terdapat kerutan di kulit anda.

Terlebih lagi, semakin banyak anda mengkonsumsi gula, maka akan semakin mungkin anda mengembangkan resistensi insulin, yang biasanya akan bermanifestasi terhadap pertumbuhan rambut berlebih (hirsustisme) dan bercak gelap di leher dan lipatan tubuh anda.

Nah itulah beberapa manfaat roti gandum bagi kesehatan Anda, jadi daripada memilih roti manis, cobalah ganti dengan roti gandum. Terdapat banyak merk roti gandum di minimarket ataupun supermarket dengan pilihan bentuk dan harga. Tinggal Anda selektif memilihnya. Semoga bermanfaat …