Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan Ternyata Luar Biasa!

Buah kepel kaya akan antioksidan, vitamin C, dan serat. Antioksidan membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh, sementara vitamin C mendukung sistem kekebalan tubuh dan kesehatan kulit.

Manfaat Biji Pepaya – Mengkonsumsi daging buah pepaya sih memang sudah biasa. Lalu bagaimana bila mengkonsumsi bijinya? Walaupun kecil dan pahit, ternyata didalamnya terkandung kegunaan yang besar loh.

Anda tak perlu takut dengan mengkonsumsi biji pepaya ini karena memang betul-betul dapat dimakan. Bahkan bila Anda mengetahui manfaat biji pepaya yang luar biasa ini, kami yakin Anda pun tak akan ragu untuk memakannya.

Namun sebelum sehatplus.org membahas mengenai aneka khasiat dan manfaat biji pepaya, alangkah baiknya bila Anda mengetahui juga Khasiat dan Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Beserta Kandungan Nutrisinya.

manfaat biji pepaya untuk kesehatan
image credit: healthymagician.com

Kandungan Nutrisi Biji Pepaya

Sampai saat ini USDA (United States Department of Agriculture) belum merilis kandungan nutrisi biji pepaya. Walaupun demikian, banyak para ahli yang menyebutkan bahwa biji pepaya sangat tinggi lemak dan protein, merupakan sumber kalsium, magnesium dan fosfor yang baik. Karena kandungan lemaknya yang tinggi ini sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi biji pepaya.

Dalam 28,3 g biji pepaya (1 porsi) mengandung protein yang memenuhi asupan harian.

Aneka Manfaat Biji Pepaya Yang Luar Biasa

Berikut ini adalah aneka manfaat kesehatan yang mungkin Anda peroleh dengan mengkonsumsi biji pepaya:

Khasiat Biji Pepaya Dalam Mengobati Infeksi Cacing dan Parasit Lainnya

Seperti halnya pepaya muda, biji pepaya pun mengandung enzim proteolitik seperti papain yang cukup tinggi. Enzim ini dapat membantu menghilangkan parasit di dalam tubuh. Papain juga akan memecahkan protein yang tidak tercerna di saluran pencernaan juga mampu memecahkan parasit dan telurnya.

Keberadaan enzim pencernaan tsb dipercayai dapat “menormalkan” lingkungan usus sehingga menjadi kurang nyaman untuk tempat hidup cacing dan parasit lainnya.

Manfaat biji pepaya tsb juga dimungkinkan karena kandungan karpain nya yaitu sebuah alkaloid yang bersifat antelmintik (anti cacing) yang sangat efektif dalam membasmi cacing parasit dan amuba.

Manfaat Biji Pepaya Untuk Pengobatan Sirosis Hati

Penyakit sirosis hati biasanya disebabkan oleh konsumsi alkohol berlebih selama beberapa tahun sehingga organ hati menjadi mengerut dan mengeras. Saat kondisi ini terjadi, fungsi organ hati untuk membuang racun tubuh menjadi terganggu dan memicu aneka gangguan kesehatan lainnya.

Untuk mendapatkan khasiat biji pepaya untuk pengobatan sirosis ini, Anda dapat menggiling 5 biji pepaya kering atau cukup menggerus 1 biji segar lalu mencampurnya denga 1 sdm perasan jeruk nipis. Minumlah ramuan tsb 2x sehari selama sebulan dan rasakan perubahannya. Banyak penderita sirosis yang mendapatkan banyak perbaikan dari konsumsi obat herbal tsb.

Baca juga:   Cara Mencerahkan Kulit Wajah Menggunakan Buah Kiwi

Walaupun demikian, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter dan apoteker kepercayaan Anda mengenai pengobatan sirosis hati menggunakan biji pepaya tsb terutama bila dikhawatirkan ada interaksi obat yang diresepkan dengan enzim papain.

Manfaat biji pepaya pun tak hanya terbatas untuk mengobati sirosis karena bagi Anda yang sehat pun, mengkonsumsi biji pepaya secara teratur dapat membantu detoksifikasi hati dan meningkatkan kesehatan secara umum.

Khasiat Biji Pepaya Untuk Tumor dan Kanker

Biji pepaya mengandung senyawa fenolik dan flavonoid yang memiliki sifat antioksidan. Selain itu biji pepaya pun mengandung senyawa yang dapat memperlambat pertumbuhan kanker.

Manfaat Biji Pepaya Lainnya

Biji pepaya juga berkhasiat untuk mengobati keracunan makanan. Biji pepaya dipercayai mengandung zat anti bakteri dan anti radang yang baik untuk saluran pencernaan. Berdasarkan penelitian, ekstrak biji pepaya sangat efektif membasmi E. coli, Salmonella (penyebab tipes), Staphylococcus dan infeksi bakteri lainnya.

Selain itu, manfaat kesehatan dari biji pepaya lainnya adalah membantu mengubah lingkungan usus menjadi tempat yang nyaman untuk bakteri baik dan tidak nyaman untuk bakteri jahat. Keberadaan bakteri baik ini dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Banyak juga laporan penelitian yang menyebutkan bahwa biji pepaya ini mampu mengobati infeksi virus seperti DBD seperti yang dilakukan di Costa Rica. Namun sebelum menggunakannya, karena penyakit DBD ini merupakan penyakit serius yang memerlukan penanganan yang cepat, sebaiknya periksakan diri ke dokter bila Anda mengalami gejala DBD.

Peringatan dan Perhatian

Walaupun manfaat biji pepaya untuk kesehatan sangatlah luar biasa namun konsumsi biji pepaya sebaiknya dihindari oleh wanita hamil dan wanita menyusui.

Selain itu karena biji pepaya mengandung zat anti parasit yang kuat dan mungkin terlalu “keras” untuk saluran pencernaan bayi, maka sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum memberikan terapi ini pada balita.

Kandungan benzyl isotiosianat dalam biji pepaya memiliki efek beracun pada hewan dengan penggunaan dosis tinggi. Ekstrak biji pepaya pun memiliki efek kontrasepsi (menghambat kesuburan) pada hewan. Walaupun demikian efek samping tsb belum diketahui terjadi atau tidaknya pada manusia.

Cara Mengkonsumsi Biji Pepaya

Ujntuk mendapatkan manfaat biji pepaya seperti yang diuraikan di atas sebetulnya Anda tak perlu mengkonsumsi keseluruhan biji yang ada dalam buahnya. Jadi simpanlah kelebihan biji tsb di kulkas ataupun freezer dalam wadah tertutup rapat. Namun ingat cucilah biji pepaya tsb terlebih dahulu di air bersih yang mengalir sebelum Anda mengkonsumsinya atau menyimpannya. Anda dapat memakannya langsung, atau ditambahkan ke dalam salad.

Itulah informasi seputar khasiat dan manfaat biji pepaya untuk kesehatan. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
superfoodprofiles.com/health-benefits-papaya-seeds; www.livestrong.com/article/543510-the-nutritional-value-of-papaya-seeds/