Berbagai Cara Mengetahui Jenis Kelamin Janin dalam Kandungan Ibu Hamil

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Janin dalam Kandungan – Mengetahui jenis kelamin bayi yang nantinya dilahirkan merupakan kejutan bagi pasangan orang tua. Ada yang memilih untuk mengetahuinya saat masih dalam kandungan atau ada juga yang bersabar mengetahuinya hingga dilahirkan.

Bagi Anda yang tidak sabaran, mungkin sekarang sedang menduga-duga apakah janin dalam kandungan ibu hamil tsb perempuan ataukah anak laki-laki. Nah sebetulnya ada beberapa cara mengetahui jenis kelamis janin dalam kandungan ibu hamil. Menggunakan USG saat periksa kehamilan merupakan salah satu cara yang sering dilakukan. Namun tahukah Anda, jauh sebelum ilmu kedokteran berkembang seperti sekarang ini, para orang tua kita jaman dulu memiliki cara prediksi kelamin janin dalam kandungan sendiri yang sampai sekarang masih dipercayai.

Kapan Jenis kelamin Janin Terbentuk?

Jenis kelamin seseorang sudah terbentuk saat awal proses kehamilan atau saat terjadinya pembuahan sel telur oleh sel sperma. Walaupun demikian, alat kelamin janin sendiri baru terbentuk di fase kehamilan trimester kedua yaitu pada usia kehamilan 14 minggu namun baru dapat dikenali pada usia kehamilan 18 minggu melalui USG.

Nah bila Anda ingin mengetahui jenis kelamin janin dalam kandungan menggunakan USG sebaiknya pada usia kehamilan 18 minggu atau setelahnya.

Cara mengetahui jenis kelamin janin dalam kandungan yang akurat
Cara mengetahui jenis kelamin janin dalam kandungan yang akurat (image: foodpoisoningbulletin.com)

Cara Mengetahui Bayi Laki atau Perempuan Tanpa USG

Ada banyak cara mengetahui jenis kelamin janin dalam kandungan yang dilakukan secara tradisional yang sampai saat ini masih dipercayai keakuratannya. Ada yang menebak jenis kelamin bayi menggunakan kalender cina, ada yang menggunakan kalkulator, dan ada juga yang mengamati ciri-ciri ibu hamil untuk meramal jenis kelamin bayi tanpa USG.

Nah berikut ini adalah cara mengetahui jenis kelamin janin dalam perut ibu tanpa melakukan USG, yaitu:

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Janin dalam Kandungan Berdasarkan Ngidam

Ibu yang mengandung bayi perempuan biasanya suka ngidam makanan manis sementara yang mengandung janin laki-laki biasanya suka ngidam makanan asam dan asin saat hamil.

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Janin dalam Kandungan dari Keparahan Morning Sickness

Morning sickness merupakan gejala awal kehamilan yang ditandai dengan mual dan muntah-muntah di pagi hari. Nah ternyata, para orang tua jaman dulu memperhatikan bila ibu hamil mual-mual sepanjang hari biasanya hamil anak perempuan. Hal ini dipicu oleh hormon kehamilan hCG penyebab mual saat hamil. Dan ternyata menurut penelitian, tingkat hCG ibu hamil yang mengandung anak perempuan lebih tinggi dibandingkan bayi laki-laki walaupun kadang ada faktor lain yang menyebabkan kadar hCG tersebut meningkat.

Cara Meramal Jenis Kelamin Bayi dari Nafsu Makan Ibunya

Ibu yang mengandung anak laki-laki cenderung makan lebih banyak dibandingkan ibu yang mengandung anak perempuan. Ini pula sebabnya kenapa bayi laki-laki cenderung lahir dengan berat badan yang lebih besar dibandingkan perempuan. Nah bila Anda merasakan nafsu makan yang meningkat, bisa jadi janin dalam kandungan ibu tsb adalah laki-laki.

Cara Memprediksi Jenis Kelamin Bayi Berdasarkan Bentuk Perut Ibu Hamil

Baca juga:   Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan dan Cara Mengatasinya!

Bentuk perut ibu saat kehamilan dapat pula digunakan untuk mengetahui jenis kelamin janin dalam kandungan. Bentuk perut ibu hamil yang melebar ke samping dan condong ke atas biasanya berjenis kelamin perempuan, sebaliknya bentuk perut ibu hamil yang membulat ke bawah merupakan ciri-ciri hamil bayi laki-laki.

Cara Menentukan Bayi Laki atau Perempuan Dari Warna Air Kencing

Para orang tua jaman dulu juga menebak jenis kelamin bayi dalam kandungan dengan melihat warna air kencing / urin ibu hamil. Ibu yang mengandung bayi laki-laki biasanya memiliki air kencing yang lebih gelap dibandingkan yang mengandung bayi perempuan. Namun kepercayaan ini masih dianggap mitos sampai sekarang karena gelap atau tidaknya warna urin sangat tergantung pada banyaknya air yang diminum dan makanan / minuman yang dikonsumsi.

Cara Menebak Jenis Kelamin Bayi Melalui Detak Jantungnya

Detak jantung janin perempuan lebih cepat dibandingkan laki-laki. Nah bila hasil pengecekan detak jantung janin ini lebih dari 140 denyut / menit maka dapat diperkirakan bahwa janin tsb berjenis kelamin perempuan. Ternyata cara mengetahui jenis kelamin janin ini bukan Cuma mitos semata karena menurut hasil penelitian disebutkan bahwa beberapa saat sebelum persalinan memang detak jantung janin perempuan lebih cepat dibandingkan janin laki-laki.

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Janin Dalam Kandungan dengan Metoda Yang Lebih Akurat

Seiring dengan kemajuan teknologi dan ilmu kedokteran, muncullah berbagai cara memastikan jenis kelamin bayi dalam kandungan ibu hamil yang lebih dipercayai keakuratannya. Tak hanya menggunakan USG, namun ada cara-cara lainnya yang dapat digunakan untuk melihat apakah hamil anak perempuan ataupun anak laki-laki.

Memastikan Jenis Kelamin Anak Dalam Kandungan Dengan USG

USG sudah digunakan sebagai alat kedokteran untuk melihat kondisi janin dalam kandungan. Selain dapat digunakan untuk mengetahui usia kehamilan, USG juga dapat digunakan untuk mengetahui jenis kelamin janin dalam kandungan. Nah bila Anda berencana untuk mengetahui jenis kelamin bayi dalam kandungan, cobalah minta dokter untuk melihatnya pada usia kehamilan 18 minggu atau setelahnya.

cara mengetahui jenis kelamin janin dalam kandungan menggunakan USG
cara mengetahui jenis kelamin janin dalam kandungan menggunakan USG (image: healthline.com)

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Janin Menggunakan Tes NIPT

Tes NIPT (non invasive prenatal testing) merupakan tes darah yang biasanya dilakukan pada usia kehamilan 10 minggu untuk mendeteksi adanya kelainan penyakit Down Syndrome ataupun gangguan kesehatan lainnya karena kelainan kromosom. Nah ternyata pengujian ini dapat juga dijadikan tes jenis kelamin bayi pada ibu hamil.

Cara Mengetahui Kelamin Bayi Menggunakan Tes CVS  dan Amniocentesis

Selain test NIPT, Tes CVS (chorionic villus sampling) dan amniocentesis dapat pula digunakan untuk mendeteksi kelainan Down Syndrome sekaligus untuk mengetahui jenis kelamin janin dalam kandungan. Namun berbeda dengan tes NIPT, tes ini biasanya hanya dilakukan pada ibu hamil yang memiliki risiko keguguran. Tes CVS sendiri biasanya dilakukan pada usia kehamilan 10-13 minggu, sementara tes Amniocentesis biasanya dilakukan pada usia kehamilan 16-20 minggu.

Nah itulah berbagai cara mengetahui jenis kelamin janin dalam kandungan ibu hamil mulai dari yang sifatnya prediksi hingga yang lebih akurat. Nah bagaimana? Apakah Anda sudah tak sabar ingin mengetahui apakah bayi laki-laki atau perempuan yang sedang dikandung? Atau Anda termasuk yang menyerahkan semuanya pada Sang Maha Pencipta sehingga biarkan saja melihatnya secara langsung setelah dilahirkan? Semoga bermanfaat ….

Sumber Referensi:
webmd.com/baby/features/predicting-baby-gender whattoexpect.com/pregnancy/ask-heidi/predicting-baby-gender.aspx bidanku.com/tanda-tanda-kehamilan-bayi-laki-laki babycenter.com/404_when-and-how-can-i-find-out-my-babys-sex_10366575.bc