Fase Kehamilan Trimester Pertama, Ini Yang Terjadi Pada Ibu dan Janinnya di Tiap Minggu!

Fase Kehamilan Trimester Pertama – Kehamilan merupakan momen yang membahagiakan bagi pasangan suami istri yang sudah mendambakan kehadiran buah hati di tengah-tengah keluarga. Selain perubahan perut yang makin membesar, ada perubahan lainnya yang terjadi pada ibu hamil. Bagi Anda yang baru pertama kali, perubahan ibu hamil ini tentunya akan membuat kaget dan rasa was-was. Untuk itu bagi Anda pasangan yang baru menikah perlu mengetahui apa saja yang terjadi saat proses kehamilan tsb.

Tidak hanya perlu mengetahui tanda awal kehamilan namun perlu mengetahui juga tahap perkembangan bayi pada proses kehamilan tsb. Nah untuk lebih memudahkan, para ahli sepakat membagi tahapan kehamilan tsb dalam trimester yaitu trimester 1, 2 dan 3. Fase kehamilan trimester pertama artinya pada usia kehamilan 1-3 bulan, trimester kedua yaitu pada usia kehamilan 4-6 bulan, lalu trimester ketiga adalah usia kehamilan 6-9 bulan.

Nah pada kesempatan kali ini Sehat Plus akan membahas mengenai fase kehamilan trimester pertama, apa saja yang terjadi pada ibu dan janinnya? Dan bagaimana pengertian kehamilan trimester 1?

proses kehamilan
Proses Kehamilan (image: en.wikipedia.org)

Apa Saja Yang Perlu Diketahui Mengenai Fase Kehamilan Trimester Pertama?

Pada awal-awal masa kehamilan, Anda mungkin belum terlihat hamil namun Anda dapat merasakannya.

Pengertian Kehamilan Trimester 1

Yang dimaksud dengan fase kehamilan trimester pertama adalah pada usia kehamilan 1 hingga 13 minggu.

Perkembangan Bayi Pada Trimester Pertama

Pada fase kehamilan trimester pertama, terjadi perkembangan bayi dari yang awalnya zigot menjadi embrio yang tertanam pada dinding rahim lalu berkembang menjadi janin.

  • Tulang – Pada usia kehamilan 6 minggu mulai terbentuk tunas lengan dan kaki. Sementara jari jemari mulai terbentuk pada minggu ke-10.
  • Rambut dan Kuku – Kulit mulai terbentuk pada usia kehamilan 5-8 minggu. Sementara folikel rambut dan kuku mulai terbentuk di minggu ke-8.
  • Sistem Pencernaan – Pada usia kehamilan 8 minggu, mulai terbentuk usus dan ginjal.
  • Indra Peraba – Reseptor sentuhan terbentuk di wajah (bibir dan hidung) mulai usia kehamilan 8 minggu. Pada minggu ke-12, mulai terbentuk juga reseptor sentuhan di alat genital, telapak tangan dan kaki.
  • Penglihatan – Saraf optik dan lensa mata mulai terbentuk di minggu ke-4, sementara retina mulai terbentuk di minggu ke-8.
  • Jantung – Mulai usia kehamilan 5 minggu, terdapat tabung yang menjadi jantung janin yang akan berdetak. Seiring waktu detak jantung tsb semakin kuat dan teratur. Anda mulai dapat mendengar detak jantung mulai minggu ke-9 hingga 10.
  • Otak – Mulai berkembang pada usia kehamilan 8 minggu.
  • Indra Perasa – Mulai minggu ke-8 mulai terbentuk indra pengecap yang terhubung ke otak. Namun untuk mulai merasakan cairan ketuban diperlukan pori-pori perasa.
  • Lainnya – Mulai terbentuk otot, produksi sel darah putih untuk melawan bibit penyakit, dan perkembangan pita suara.

Perubahan Pada Ibu Hamil di Fase Kehamilan Trimester Pertama

Berikut ini adalah ciri-ciri kehamilan yang terjadi pada ibu hamil di trimester pertama, yaitu:

  • Morning sickness – Walaupun bernama “morning” namun bukan berarti gejala awal kehamilan ini hanya terjadi di pagi hari. Mual dan muntah dapat terjadi di usia kehamilan 5 minggu. Untuk mengatasi morning sick dapat dioba dengan minum teh jahe, atau dengan makan porsi kecil tapi lebih sering. Jika parah, mintalah resep dokter untuk mengurangi mual.
  • Payudara melunak dan membesar terutama pada usia kehamilan 6 minggu.
  • Perubahan suasana hati – Pada minggu ke-7 suasana hati Anda akan berubah cepat, kadang naik, kadang turun. Bila Anda memiliki riwayat depresi, cobalah konsultasikan ke dokter Anda.
  • Perubahan lainnya – seperti rasa begah, konstipasi, rasa logam, ngidam, dan sakit kepala.

Perlu Anda ketahui bahwa gejala kehamilan dapatlah berbeda tiap individunya dan biasanya gejala awal kehamilan tsb dapat menurun atau membaik di trimester berikutnya.

Kenaikan Berat Badan Pada Fase Kehamilan Trimester Pertama

Bayi dalam kandungan di awal kehamilan masih sangatlah kecil jadi kenaikan berat badan yang diperlukan hanya 1,3-1,8 kg di trimester 1. Jika Anda merasa kehilangan napsu makan dan kehilangan berat badan pada saat tsb sebetulnya tak masalah asalkan Anda dapat meningkatkan berat badan di trimester berikutnya. Jika Anda merasa lapar, cobalah untuk makan makanan ringan bergizi yang mengenyangkan seperti alpukat, pisang, roti gandum, yogurt, ataupun biskuit.

Merasa sangat lapar? Cobalah untuk memeriksa asupan kalorinya. Sebetulnya Anda tak terlalu membutuhkan ekstra kalori di trimester pertama. Jika pada akhirnya Anda mengalami kenaikan berat badan berlebih, cobalah untuk mengembalikan kenaikan berat badan agar sesuai track di trimester berikutnya.

Gejala Kehamilan Trimester Pertama Yang Perlu Diwaspadai

Risiko keguguran memang sangat tinggi di trimester pertama. Berikut ini adalah beberapa tanda kehamilan berisiko yang perlu diketahui:

Bila Anda mengalami gejala kehamilan tak normal di atas, segeralah periksakan diri ke RS sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan secepatnya.

Perkembangan Bayi dan Perubahan Ibu Hamil Pada Fase Kehamilan Trimester Pertama Dari Minggu ke Minggu

Usia kehamilan trimester 1 adalah mulai dari minggu ke-1 hingga minggu ke-13. Nah apa saja yang terjadi pada fase kehamilan trimester pertama minggu ke minggunya?

Usia Kehamilan 1 Minggu

Ilustrasi fase kehamilan trimester pertama usia kehamilan 1 minggu
Ilustrasi fase kehamilan trimester pertama usia kehamilan 1 minggu (image: fitpregnancy.com)

Kehamilan terjadi saat proses pembuahan sel telur oleh sel sperma. Namun tidak ada yang tahu secara pasti kapan proses pembuahan itu terjadi selain Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu para ahli menetapkan usia kehamilan dimulai dari hari pertama haid terakhir.

Itu artinya pada minggu 1 fase kehamilan trimester pertama sebetulnya Anda belumlah hamil. Dengan pengertian usia kehamilan ini juga, biasanya bayi ada dalam kandungan hanya 38 minggu saja.

Saran dan larangan ibu hamil trimester pertama di minggu ke-1:

  • Mulailah minum vitamin prenatal yang mengandung 400 ug asam folat, terutama bagi Anda yang sedang memulai program cepat hamil. Silahkan konsultasikan pada dokter Anda. Asam folat merupakan salah satu vitamin B yang membantu mencegah cacat lahir pada bayi.
  • Mulai menghentikan gaya hidup tak sehat seperti merokok ataupun minum alkohol.

Usia Kehamilan 2 Minggu

Ilustrasi fase kehamilan trimester pertama usia kehamilan 2 minggu
Ilustrasi fase kehamilan trimester pertama usia kehamilan 2 minggu (image: fitpregnancy.com)

Pada minggu ke-2 fase kehamilan trimester pertama, sebetulnya Anda juga belum hamil. Pada minggu ini terjadi proses ovulasi / pembuahan. Nah untuk meningkatkan prosentase kehamilan, sebaiknya lakukan hubungan suami istri 1-2 hari sebelum tanggal pembuahan yang diinginkan.

Baca juga:   Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil Secara Mudah

Saran dan larangan ibu hamil trimester pertama di minggu ke-2:

  • Tetaplah berolahraga atau mulailah melakukan olahraga. Para ahli menyarankan setiap orang untuk melakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari 5 kali dalam seminggu atau 150 menit per minggunya. Tak perlu olahraga berat, cukup dengan berjalan kaki tergantung kemampuan Anda.

Usia Kehamilan 3 Minggu

Ilustrasi fase kehamilan trimester pertama usia kehamilan 3 minggu
Ilustrasi fase kehamilan trimester pertama usia kehamilan 3 minggu (image: fitpregnancy.com)

Usia kehamilan dihitung dari hari pertama haid terakhir (HPHT). Ini artinya, bila Anda memiliki siklus menstruasi teratur selama 4 minggu maka pada minggu ke-3 fase kehamilan trimester pertama ini bisa saja Anda hamil namun belum mengalami gejala awal kehamilan sehingga Anda pun tak tahu bahwa sedang hamil.

Perkembangan bayi pada minggu ke-3 fase kehamilan trimester pertama adalah sel telur yang telah berhasil dibuahi akan ditanam di lapisan rahim.

Saran dan larangan ibu hamil trimester pertama di minggu ke-3:

  • Jangan gunakan ataupun konsumsi obat-obatan tanpa konsultasi dengan dokter. Obat-obatan dapat saja mempengaruhi dampak buruk pada janin. Sebaiknya hindari semua produk yang mengandung vitamin A dan turunannya. Namun bila Anda memiliki penyakit tertentu seperti diabetes, asma, dll sebaiknya konsultasikan juga pada dokter sebelum memutuskan menghentikan pengobatan.
  • Lakukan vaksinasi flu bila belum pernah. Ini penting agar nantinya ibu hamil tidak mudah terserang flu. Vaksinasi flu aman untuk ibu hamil dan janinnya. Silahkan konsultasikan dulu pada dokter.

Usia Kehamilan 4 Minggu

Ilustrasi fase kehamilan trimester pertama usia kehamilan 4 minggu
Ilustrasi fase kehamilan trimester pertama usia kehamilan 4 minggu (image: fitpregnancy.com)

Pada minggu ke-4 fase kehamilan trimester pertama, Anda mungkin mengalami telat bulan dan mulai berpikir bahwa Anda hamil. Untuk memastikannya silahkan lakukan tes kehamilan.

Perkembangan bayi pada minggu ke-4 fase kehamilan trimester pertama ini adalah mulai berkembang lapisan sel yang spesifik, organ-organ bayi yang penting mulai terbentuk (seperti sistem saraf, tulang, otot dan darah).

Ibu hamil 4 minggu mungkin mulai merasakan perut kembung, kram perut, lelah, perubahan mood, nyeri di payudara, mual / muntah, dan sering buang air kecil. Gejala awal kehamilan tsb adalah normal jadi tidak perlu khawatir berlebihan.

Saran dan larangan ibu hamil trimester pertama di minggu ke-4:

  • Gunakan bra yang nyaman yang menopang pembesaran payudara.
  • Hindari zat kimia dan sebisa mungkin hindari asap rokok. Hindari juga berhubungan dengan kotoran kucing karena dapat menularkan parasit toksoplasma (yang dapat membahayakan janin).

Usia Kehamilan 5 Minggu

Ilustrasi fase kehamilan trimester pertama usia kehamilan 5 minggu
Ilustrasi fase kehamilan trimester pertama usia kehamilan 5 minggu (image: fitpregnancy.com)

Pada minggu ke-5 fase kehamilan trimester pertama, meskipun embrio baru sebesar butiran pasir, namun sudah ada jantung yang memompa darah, dan organ lain pun mulai terbentuk, sudah mulai terlihat tunas lengan dan kaki. Ibu hamil pun mulai jadi pelupa atau mudah bingung, kondisi ini dikenal dengan istilah “pregnancy brain” atau “baby brain”.

Saran dan larangan ibu hamil trimester pertama di minggu ke-5:

  • Buatlah daftar pekerjaan di rumah ataupun di tempat kerja untuk membantu kerja otak yang mudah lupa atau mudah bingung.

Usia Kehamilan 6 Minggu

Ilustrasi fase kehamilan trimester pertama usia kehamilan 6 minggu
Ilustrasi fase kehamilan trimester pertama usia kehamilan 6 minggu (image: fitpregnancy.com)

Pada minggu ke-6 fase kehamilan trimester pertama, ibu hamil sudah benar-benar merasakan kehamilan. Ibu hamil pun mungkin mulai merasa takut keguguran.

Saran dan larangan ibu hamil trimester pertama di minggu ke-6:

  • Hindari melakukan atau konsumsi sesuatu yang berlebihan. Para ahli menyarankan untuk membatasi konsumsi kafein (seperti minum kopi).
  • Mulai pikirkan kapan Anda akan memberikan kabar ke keluarga, teman, ataupun atasan di tempat kerja bahwa Anda sedang hamil. Beberapa ibu hamil ada juga yang menunggu hingga akhir trimester pertama karena risiko keguguran pada saat itu sudah menurun.

Usia Kehamilan 7 Minggu

Ilustrasi fase kehamilan trimester pertama usia kehamilan 7 minggu
Ilustrasi fase kehamilan trimester pertama usia kehamilan 7 minggu (image: fitpregnancy.com)

Pada minggu ke-7 fase kehamilan trimester pertama, embrio dalam kandungan sudah berukuran 2 kali lipatnya namun panjangnya masih kurang dari ½ inchi. Saat hormon kehamilan meningkat, ibu hamil akan merasakan “morning sick” (mual / muntah) yang lebih parah sehingga dapat menyebabkan kelaparan.

Saran dan larangan ibu hamil trimester pertama di minggu ke-7:

  • Jika Anda mual, cobalah makan dengan porsi kecil dulu, gunakan jahe dan jeruk untuk mengurangi mual, hindari bau yang kuat, bila diperlukan gunakan gelang akupresur.
  • Hindari makan berlebihan. Walaupun kenaikan berat badan harus sewajarnya pada trimester pertama, namun jangan merasa bersalah juga bila Anda ingin memakan sesuatu yang Anda inginkan.

Usia Kehamilan 8 Minggu

Ilustrasi fase kehamilan trimester pertama usia kehamilan 8 minggu
Ilustrasi fase kehamilan trimester pertama usia kehamilan 8 minggu (image: fitpregnancy.com)

Pada minggu ke-8 fase kehamilan trimester pertama, Anda sudah dapat mendengar atau melihat detak jantung janin melalui USG. Pada tahap ini, dokter pun dapat memperkirakan waktu persalinan.

Saran dan larangan ibu hamil trimester pertama di minggu ke-8:

  • Meskipun waktu persalinan masih terlalu jauh namun tidak terlalu dini juga bila Anda mulai membaca-baca tentang cara merawat bayi. Percayalah, bila Anda menundanya hingga hari H tiba, Anda tidak akan memiliki waktu yang cukup untuk mencari informasi tsb.

Usia Kehamilan 9 Minggu

Ilustrasi fase kehamilan trimester pertama usia kehamilan 9 minggu
Ilustrasi fase kehamilan trimester pertama usia kehamilan 9 minggu (image: fitpregnancy.com)

Pada minggu ke-9 fase kehamilan trimester pertama, tekanan rahim yang membesar akan menekan kandung kemih. Kondisi ini dapat menyebabkan ibu hamil tak mampu menahan buang air kecil terutama saat batuk dan tertawa..

Saran dan larangan ibu hamil trimester pertama di minggu ke-9:

  • Mulai latihan Kegel untuk mengatasi tak mampu menahan kencing. Latihan kegel juga dapat memperkuat otot panggul yang baik untuk persiapan persalinan. Bagaimana cara melakukan latihan Kegel? Silahkan simak video youtube berikut ini: (bila tidak sabar silahkan lihat di menit 1:20, 1:50, 5:20, 6:50, 7:00, 7:20).

Usia Kehamilan 10 Minggu

Ilustrasi fase kehamilan trimester pertama usia kehamilan 10 minggu
Ilustrasi fase kehamilan trimester pertama usia kehamilan 10 minggu (image: fitpregnancy.com)

Perkembangan bayi pada minggu ke-10 fase kehamilan trimester pertama sudah membentuk fetus. Gejala kehamilan seperti mual muntah sudah mulai mereda. Namun sebagai gantinya kecemasan untuk memiliki bayi sehat meningkat.

Saran dan larangan ibu hamil trimester pertama di minggu ke-10:

  • Jika Anda berumur 35 tahun atau lebih saat persalinan, cobalah konsultasikan pada dokter kandungan untuk mendapatkan saran proses melahirkan yang aman dan normal. Bila diperlukan, Anda pun dapat meminta dokter melakukan chorionic villus sampling (CVS) untuk mengetahui apakah ada kemungkinan cacat lahir pada janin Anda. Tes ini sebaiknya dilakukan pada fase kehamilan trimester pertama usia 10-12 minggu.

Usia Kehamilan 11 Minggu

Ilustrasi fase kehamilan trimester pertama usia kehamilan 11 minggu
Ilustrasi fase kehamilan trimester pertama usia kehamilan 11 minggu (image: fitpregnancy.com)

Perkembangan bayi pada minggu ke-11 fase kehamilan trimester pertama adalah semua organ fetus sudah mulai berfungsi, organ genital pun mulai membentuk apakah laki-laki atau perempuan.

Saran dan larangan ibu hamil trimester pertama di minggu ke-11:

  • Mintalah dokter untuk melakukan pemeriksaan apakah ada ketidaknormalan kromosom pada fetus atau ada risiko Down syndrome. Tes ini sebaiknya dilakukan pada usia kehamilan 11-14 minggu.

Usia Kehamilan 12 Minggu

Ilustrasi fase kehamilan trimester pertama usia kehamilan 12 minggu
Ilustrasi fase kehamilan trimester pertama usia kehamilan 12 minggu (image: fitpregnancy.com)

Pada minggu ke-12 fase kehamilan trimester pertama, rahim akan mulai membesar keluar melebihi tulang panggul Anda.

Saran dan larangan ibu hamil trimester pertama di minggu ke-12:

  • Mulai saat ini, Anda harus menghindari kegiatan yang berisiko jatuh atau cedera perut seperti menunggang kuda, panjat tebing, dll. Juga hindari juga latihan yang membuat Anda tidur telentang karena beratnya fetus dapat menekan pembuluh vena mayor menyebabkan menurunnya aliran darah ke rahim.

Usia Kehamilan 13 Minggu

Ilustrasi fase kehamilan trimester pertama usia kehamilan 13 minggu
Ilustrasi fase kehamilan trimester pertama usia kehamilan 13 minggu (image: fitpregnancy.com)

Pada akhir fase kehamilan trimester pertama ini, mulailah meningkatkan porsi makan untuk 2 orang. Rencanakan untuk meningkatkan berat badan hingga 5 kg untuk trimester ke-2.

Saran dan larangan ibu hamil trimester pertama di minggu ke-13:

  • Untuk mendukung pertumbuhan bayi tanpa harus memiliki berat badan berlebihan, cobalah untuk menambah ekstra 300 kalori dari makanan sehat setiap harinya.
  • Mulailah membeli kebutuhan persalinan.

Nah itulah tahapan perkembangan bayi trimester pertama dan perubahan yang terjadi pada ibu hamil di fase kehamian trimester pertama. Semoga bermanfaat ..

Sumber Referensi:
Your First Trimester Week by Week, diakses tgl. 17.08.2018 – www.fitpregnancy.com/pregnancy/pregnancy-calendar/your-first-trimester-week-week Your Guide to The Firt Trimester of Pregnancy, diakses tgl. 17.08.2018 – www.whattoexpect.com/first-trimester-of-pregnancy.aspx