Penyebab dan Tanda-Tanda Kanker Kelenjar Getah Bening

Sayuran articok ini sangat serbaguna dan dapat diolah dengan berbagai cara, mulai dari dikukus, direbus, hingga dipanggang, menyajikan rasa yang nikmat dan khas.

Tanda-Tanda Kanker Kelenjar Getah Bening – Kanker kelenjar getah bening atau bahasa kedokterannya Limfoma merupakan salah satu jenis penyakit mematikan yang harus diwaspadai setiap orang.

Kanker kelenjar getah bening merupakan salah satu jenis kanker darah. Jenis kanker ini menyerang sistem limfatik yaitu bagian tubuh yang berperan dalam menjaga kekebalan tubuh seseorang.

Orang yang memiliki gangguan pada sistem limfatik dapat dengan mudah terserang penyakit dan tak mampu melawan bibit penyakit tsb.

Agar Anda dapat memahami kanker kelenjar getah bening, yuk simak ulasan Dunia Kesehatan mengenai jenis kanker getah bening, penyebab kanker kelenjar getah bening, tips pencegahan, dan tanda-tanda kanker kelenjar getah bening yang wajib diwaspadai.

Jenis Kanker Kelenjar Getah Bening

Penyakit kanker kelenjar getah bening ini biasanya terjadi pada bagian ketiak, leher, atau dapat pula terjadi pada bagian pangkal paha.

Ada dua jenis penyakit kanker kelenjar getah bening yaitu limfoma Hodgkin dan limfoma non Hodgkin.

Penyakit Limfoma Hodgkin / Kanker Kelenjar Getah Bening Hodgkin

Jenis penyakit ini biasanya jaringan limfoid yang terdapat pada kelenjar limpa atau limfe.

Pada umumnya, jenis penyakit kanker getah bening ini merupakan jenis kanker yang sering menyerang para pria dengan usia 1-38 tahun atau di atas 50 tahun.

Penyakit Limfoma Non-Hodgkin / Kanker Kelenjar Getah Bening Non-Hodgkin

Jenis penyakit kanker ini lebih parah dibandingkan jenis kanker limfoma Hodgkin karena penyakit kanker ini biasanya menyebar ke berbagai kelejar lainnya di dalam tubuh seperti organ limfoid, hati, limpa dan bahkan dapat menyerang sumsum tulang belakang.

Faktor Risiko dan Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening

Berikut ini adalah faktor risiko dan penyebab kanker kelenjar getah bening yang perlu Anda ketahui:

  • Faktor keturunan atau faktor genetik
  • Faktor gaya hidup, seperti kurang minum air putih, terlalu banyak minum alkohol, merokok, kurang olahraga, kurang istirahat, mengkonsumsi makanan tidak sehat seperti kurang sayuran dan buah atau terlalu banyak memakan makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti pengawet, pewarna, makanan tercemar pestisida, dll.
  • Akibat terserang virus. Virus biasanya akan mudah tersebar melalui media angin, hewan, dll. Orang yang terserang virus biasanya akan mengalami infeksi / peradangan dan bila tidak ditangani dengan baik akan muncul pembengkakan kelenjar getah bening
  • Akibat infeksi. Infeksi yang dibiarkan terus menerus akan membuat sistem kekebalan tubuh menurun. Inflamasi atau terjadinya peradangan.
  • Terjadinya kanker darah. Penyakit kanker darah yang tidak ditangani sesegera mungkin dapat memicu dan menyebabkan kanker kelenjar getah bening.
Baca juga:   Cara Penularan HIV / AIDS, Bagaimana Seseorang Dapat Terkena HIV/AIDS ?

Tips Pencegahan Kanker Kelenjar Getah Bening

Berdasarkan penyebab kanker kelenjar getah bening di atas, berikut ini adalah tips pencegahannya:

  1. Lakukan gaya hidup sehat dan seimbang seperti olahraga dan istirahat yang cukup, makan dan minuman sehat dengan nutrisi seimbang, berhenti minum alkohol dan merokok, kurangi makanan yang mengandung zat kimia.
  1. Tangani penyakit infeksi secepat mungkin. Segeralah konsultasikan ke dokter bila Anda sering mengalami infeksi.

Tanda-Tanda Kanker Kelenjar Getah Bening

Berdasarkan jenis kanker getah bening, berikut ini adalah gejala kanker kelenjar getah bening yang sering muncul.

penyebab kanker getah bening, tips pencegahan kanker getah bening, gejala kanker getah bening
Anatomi Sistem Limfatik (photo credit: cancer.gov)

Tanda-Tanda Kanker Limfoma Hodgkin

  • Muncul pembengkakan kelenjar pada ketiak, bagian leher, lipatan paha dan terasa nyeri adalah tanda-tanda kanker kelenjar getah bening yang harus diwaspadai.
  • Pada beberapa orang ada yang mengalami kesulitan bernafas.
  • Muncul demam dan adanya kebiasaan berkeringat di malam hari.
  • Mengalami penurunan berat badan dan penurunan nafsu makan.

Tanda-Tanda Kanker Limfoma Non-Hodgkin

  • Terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening merupakan tanda-tanda kanker kelenjar getah bening.
  • Terjadi pembesaran adenoid, tonsil, limfonodus yang terdapat pada bagian leher dan tampak kemerahan adalah tanda-tanda kanker kelenjar getah bening yang perlu juga dicurigai.
  • Seperti halnya tanda-tanda kanker limfoma Hodgkin, pada kanker limfoma non-Hodgkin pun muncul demam, berkeringat di malam hari, tubuh mudah lelah, dan berat badan menurun drastis tanpa sebab yang jelas.

Itulah gejala kanker limfoma yang sering muncul. Bila Anda mendapati tanda-tanda kanker kelenjar getah bening di atas pada tubuh Anda, segeralah periksakan diri ke dokter.

Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik pada bagian yang membesar dan dilanjutkan dengan tes darah. Terapi khusus akan diberikan berdasarkan hasil pengujian tsb.