Penyebab, Tips Pencegahan, dan Tanda-Tanda Kanker Usus

Tanda-Tanda Kanker Usus – Usus merupakan bagian dari sistem pencernaan yang berfungsi untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi yang terkandung dalam makanan tsb yang selanjutnya digunakan untuk keperluan tubuh.

Apa yang Anda makan dan pola makan Anda akan sangat mempengaruhi fungsi saluran pencernaan. Bila tidak hati-hati maka dapat menyebabkan aneka gangguan kesehatan, baik di usus maupun kesehatan secara umum. Mulai dari gejala penyakit ringan hingga berat.

Salah satu penyakit mengerikan yang dapat saja terjadi pada usus adalah penyakit kanker usus. Apa saja penyebab kanker usus? Bagaimana tips pencegahan kanker usus? Apa saja tanda-tanda kanker usus? Bila Anda memiliki pertanyaan tsb, yuk temukan jawabannya di ulasan Dunia Kesehatan berikut ini:

Penyebab Kanker Usus

Kanker usus dapat menyerang siapa saja terutama pada orang yang memiliki gaya hidup tidak sehat. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan instan, junk food, makanan kaya lemak jahat, rendah gizi, kurang mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, serta kurang memakan makanan berserat merupakan penyebab kanker usus paling utama.

Orang dengan kelebihan berat badan memiliki faktor risiko yang lebih besar terkena kanker usus. Makanan yang mengandung zat kimia seperti formalin dapat pula menyebabkan kanker usus.

Tips Pencegahan Kanker Usus

Dilihat dari penyebab kanker usus di atas, maka yang dapat dilakukan untuk pencegahan kanker usus adalah dengan melakukan pola hidup sehat terutama mengkonsumsi makanan sehat dengan nutrisi seimbang, mengandung cukup serat sehingga dapat memperlancar kinerja sistem pencernaan.

Memperbanyak konsumsi buah dan sayur, memenuhi kebutuhan asupan serat dan air putih, serta mengurangi atau membatasi makanan berlemak juga merupakan kiat mencegah gangguan perut dan penyakit kanker.

Baca juga:   Begini Cara Mengatasi dan Mencegah Serangan Jantung Agar Tidak Kambuh Kembali!

Tanda-Tanda Kanker Usus

penyebab kanker usus, pencegahan kanker usus, ciri-ciri kanker kolon
photo credit: medicalplanzone.com

 

Memperhatikan diri sendiri dan mengenali ciri-ciri kanker usus merupakan upaya yang sangat penting untuk meraih kesembuhan dengan penanganan yang cepat dan tepat.

Berikut ini adalah gejala kanker usus yang umum terjadi pada penderitanya:

  • Rasa sakit / nyeri saat buang air besar (BAB). Rasa sakit ini terjadi karena adanya gesekan permukaan dinding usus yang terkena kanker. Rasa sakit yang tidak biasa ini perlu Anda curigai sebagai tanda-tanda kanker usus.
  • Sulit membuang air besar merupakan ciri-ciri kanker usus lainnya. Pada tahap kronis, penderita akan mengalami kesulitan BAB dalam waktu lama karena jalur pengeluaran kotoran tertutup oleh sel kanker yang makin membesar.
  • Terjadi pendarahan saat BAB. Pendarahan terjadi karena adanya bagian sistem pencernaan yang terluka karena gesekan. Munculnya darah saat BAB perlu dicurigai sebagai tanda-tanda kanker usus.
  • Berat badan menurun tanpa sebab yang jelas seperti tanpa diet atau tanpa olahraga perlu diwaspadai sebagai gejala kanker usus.

Itulah tanda-tanda kanker usus yang perlu Anda waspadai. Ciri-ciri kanker usus di atas memang mirip dengan ciri-ciri penyakit ambeien karena secara garis besar yang menyebabkan nyeri di perut hingga pangkal dubur adalah terhalangnya jalur kotoran.

Namun apapun penyakit Anda, bila Anda merasakan ada kesulitan saat BAB yang berkepanjangan maka sebaiknya Anda segera mengkonsultasikan keluhan Anda pada dokter kepercayaan Anda.

Berdasarkan tanda-tanda kanker usus yang Anda alami, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan apakah benar Anda terkena kanker usus dan penanganan seperti apa yang tepat untuk kondisi penyakit Anda.

Itulah sekilas tentang penyebab kanker usus, tips pencegahan kanker usus, dan tanda-tanda kanker usus yang perlu Anda ketahui dan waspadai. Semoga bermanfaat …