15 Ciri-Ciri Penyakit Kanker Pada Wanita Yang Perlu Diwaspadai

Buah cranberry kaya akan nutrisi yang penting bagi kesehatan, seperti vitamin C, nutrisi antioksidan, serat, dan mineral.

Ciri-ciri penyakit kanker pada wanita sebetulnya dapat diketahui dari perubahan tubuh yang terjadi secara tidak normal. Kunci agar mengetahui tanda-tanda kanker yang terjadi adalah dengan memperhatikan perubahan yang terjadi pada tubuh Anda.

Perubahan tubuh adalah normal terjadi namun dari sekian banyak perubahan yang terjadi itu, ada beberapa yang harus diwaspadai sebagai ciri-ciri penyakit kanker. Pertanyaannya, apa saja perubahan yang tak normal itu yang umum terjadi para wanita?

Ciri-Ciri Penyakit Kanker Pada Wanita Yang Perlu Dicurigai

ciri-ciri penyakit kanker pada wanita

Tak hanya gejala kanker pada pria, karena ada gejala kanker yang khusus dirasakan oleh kaum hawa.

Bila Anda adalah seorang wanita, sebaiknya Anda mulai memperhatikan tubuh Anda mulai dari sekarang, dan berhati-hatilah bila tanda-tanda kanker berikut ini yang saya ambil dari webmd.com muncul pada diri Anda.

Ciri-Ciri Penyakit Kanker Pada Wanita #1: Perubahan Pada Daerah Dada
Benjolan yang muncul pada daerah dada / payudara Anda dapat saja menjadi ciri-ciri penyakit kanker payudara terutama bila ditemukan juga perubahan seperti kerutan kulit di sekitar dada, puting yang masuk kedalam, puting lepas, atau muncul bercak merah di kulit dada.

Gejala Penyakit Kanker Pada Wanita #2: Kembung
Kembung memang seringkali dialami para wanita namun bila kembung tsb terjadi lebih dari 2 minggu maka Anda harus berhati-hati karena bisa saja kembung yang Anda alami tsb merupakan tanda-tanda kanker. Apalagi bila disertai juga penurunan berat badan atau pendarahan. Kembung yang terjadi secara terus-menerus dapat saja menjadi ciri-ciri penyakit kanker ovarium.

Tanda-Tanda Penyakit Kanker Pada #3: Pendarahan
Jika Anda masih mengalami siklus menstruasi dan mengalami pendarahan atau flek di antara periode menstruasi maka Anda pun harus berhati-hati karena bisa saja itu menunjukkan ciri-ciri penyakit kanker endometrial. Pendarahan yang terjadi setelah menopause merupakan gejala abnormal dan harus segera ditangani.

Ciri-Ciri Sakit Kanker Pada Wanita #4: Perubahan Pada Kulit
Anda harus hati-hati bila memiliki tahi lalat atau bercak lain di kulit yang terus mengalami perubahan warna, bentuk, ataupun ukuran karena dapat saja itu menjadi ciri-ciri penyakit kanker kulit.

Gejala Sakit Kanker Pada Wanita #5: Darah di Urin atau di Tinja
Saat Anda melakukan buang air kecil atau buang air besar, jangan biarkan mereka pergi begitu saja hehehe, namun penting sekali Anda melihat mereka keluar atau setidaknya melihat wujud mereka saat pergi. Warna dan bentuk urin dan tinja seringkali menunjukkan penyakit tertentu.

Bila Anda menemukan darah pada urin atau tinja Anda maka Anda sebaiknya berhati-hati karena bisa saja menjadi ciri-ciri penyakit kanker terutama bila terjadi secara terus menerus dan lebih dari 2 hari.

Tinja berdarah dapat saja menjadi pertanda kanker kolon sementara urin berdarah dapat saja menjadi ciri-ciri penyakit kanker kandung kemih atau ginjal.

Tanda-Tanda Sakit Kanker Pada Wanita #6: Perubahan pada Simpul Limfa
Simpul limfa / lymph nodes atau yang dikenal dengan kelenjar getah bening merupakan kelenjar yang tersebar di dalam tubuh dengan bentuk seperti kacang dan berukuran kecil. Mungkin Anda pernah merasa simpul limfa Anda bengkak di dekat rahang saat sakit tenggorokan.

Pembengkakan kelenjar limfa memang seringkali muncul saat terjadi infeksi pada tubuh kita. Namun bila pembengkakan itu terjadi secara terus menerus misalnya dalam sebulan atau lebih maka dapat saja itu merupakan ciri-ciri penyakit kanker darah / leukemia dan limfoma / kanker getah bening.

Baca juga:   Tanda Tanda Hamil 1 Hari, 2 Hari Hingga 1 Minggu Pertama Yang perlu Diketahui

Ciri-Ciri Penyakit Kanker Pada Wanita #7: Kesulitan Menelan
Kesulitan menelan memang seringkali terjadi terutama saat sakit tenggorokan. Namun bila sering terjadi dan disertai juga dengan muntah-muntah atau penurunan berat badan maka dapat saja itu ciri-ciri penyakit kanker tenggorokan atau kanker lambung.

Gejala Kanker Pada Wanita #8: Penurunan Berat Badan Tanpa Olahraga dan Diet
Hampir setiap wanita memimpikan memiliki badan yang langsing dan seringkali senang bila berat badannya turun. Namun bila penurunan berat badan tsb terjadi drastis dan tanpa ada perubahan gaya hidup seperti melakukan olahraga atau diet ketat maka Anda harus hati-hati karena kebanyakan ciri-ciri penyakit kanker disertai dengan penuruan berat badan drastis. Misalnya kanker pancreas, kanker lambung, dan kanker paru-paru.

Tanda-Tanda Kanker Pada Wanita #9: Heartburn
Heartburn atau rasa panas dalam perut dapat terjadi karena terlalu banyak makan, minum alcohol, atau karena stress. Jika Anda mengalami heartburn, maka Anda dapat mencoba mengganti pola makan selama 1-2 minggu namun bila rasa panas tsb tidak juga hilang maka dapat saja menjadi ciri-ciri penyakit kanker lambung, kanker tenggorokan, atau kanker ovarium.

Ciri-Ciri Kanker Pada Wanita #10: Perubahan Pada Mulut
Jika Anda seorang perokok, cobalah Anda perhatikan mulut Anda apakah muncul ciri-ciri penyakit kanker mulut yang ditandai dengan munculnya tonjolan berwarna merah terang di dalam mulut atau bibir Anda.

Ciri-Ciri Penyakit Kanker Pada Wanita #11: Demam
Demam dapat menunjukkan aneka gejala penyakit, bila Anda flu biasanya sering disertai demam. Bila demam tsb terjadi secara terus-menerus namun tidak diketahui penyebabnya maka dapat saja menjadi ciri-ciri penyakit kanker darah / leukemia.

Ciri-Ciri Penyakit Kanker Pada Wanita #12: Lelah
Lelah seringkali dialami para wanita terutama para ibu rumah tangga yang menyambi sebagai wanita karir pula. Bila Anda sering mengalami lelah tanpa sebab yang jelas apalagi dibarengi dengan ciri-ciri penyakit kanker lainnya maka Anda harus ekstra hati-hati.

Ciri-Ciri Penyakit Kanker Pada Wanita #13: Batuk
Batuk biasanya akan hilang dalam waktu 3-4 minggu. Bila Anda mengalami batuk yang lebih dari sebulan maka Anda harus waspada karena bisa jadi itu adalah ciri-ciri penyakit kanker paru-paru terutama bila Anda perokok dan disertai dengan sesak nafas atau ada darah dari batuk Anda.

Gejala Penyakit Kanker Pada Wanita #14: Rasa Sakit
Rasa sakit yang muncul tanpa diketahui sebab yang jelas dan muncul dalam waktu sebulan atau lebih perlu dicurigai sebagai ciri-ciri penyakit kanker tulang, kanker otak, atau penyakit kanker lainnya.

Ciri-Ciri Penyakit Kanker Pada Wanita #15: Sakit Perut dan Depresi
Ciri-ciri penyakit kanker berikut ini memang jarang terjadi. Namun bila terjadi, sakit perut dan depresi dapat menjadi pertanda kanker pankreas.

Itulah 15 ciri-ciri penyakit kanker para wanita yang perlu diwaspadai. Bila Anda merasa mengalami tanda-tanda di atas sebaiknya segera konsultasikan apa yang Anda alami dengan dokter kepercayaan Anda untuk mendapatkan diagnose penyakit yang tepat dan menghindari penyakit yang serius.

Sumber Referensi:
http://www.webmd.com/cancer/features/15-cancer-symptoms-women-ignore