Penyebab Kencing Manis – Mungkin Anda sering mendengar kata penyakit kencing manis. Dan mungkin Anda bertanya apa pengertian kencing manis? Apa penyebab penyakit kencing manis? Bagaimana ciri ciri penyakit kencing manis? Bagaimana pula pengobatan dan cara menanggulanginya? Untuk lebih jelasnya yuk kita ulas satu per satu …

Pengertian Kencing Manis

Penyakit kencing manis atau penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit karena ada gangguan metabolisme tubuh. Seseorang dikatakan menderita diabetes / kencing manis bila kadar gula darahnya tinggi melebihi kadar normal.

Penyebab Kencing Manis

Ada beberapa jenis penyakit diabetes yaitu diabetes tipe 1, tipe 2, dan diabetes gestasional. Berikut ini adalah penyebab penyakit diabetes pada masing-masing tipenya …

Apa Saja Penyebab Diabetes Tipe 1?

Diabetes tipe 1 terjadi ketika sistem imun yang seharusnya melawan infeksi ternyata malah menyerang dan menghancurkan sel beta pankreas tempat produksi insulin pada tubuh. Para ahli berpikir bahwa penyebab kencing manis tipe ini disebabkan oleh faktor genetik dan lingkungan seperti adanya virus yang memicu terjadinya penyakit.

Apa Saja Penyebab Diabetes Tipe 2?

Diabetes tipe 2 merupakan penyakit diabetes paling umum dan paling banyak diderita. Penyebab kencing manis jenis ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor gaya hidup dan genetika.

Penyebab Penyakit Kencing Manis #1: Kelebihan Berat Badan, Kegemukan dan Tidak Mau Gerak

Gaya hidup sekarang yang seringkali dimanjakan oleh kemajuan teknologi membuat kebanyakan orang malas gerak / mager. Malas gerak ini ternyata sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Adanya kelebihan berat badan inilah yang kadang menyebabkan resistasi insulin yang sering kali terjadi pada penderita diabetes tipe 2.

Perut buncit atau lipatan lemak di perut juga sangat berkaitan dengan resistansi insulin, diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan penyakit pembuluh darah.

Cobalah cek BMI (body mass index / indeks massa tubuh) Anda untuk melihat risiko diabetes dan bergerak aktiflah mulai sekarang untuk mencegah diabetes.

penyebab kencing manis
Ilustrasi makan tidak sehat dan kegemukan merupakan penyebab kencing manis (image: everydayhealth.com)

Penyebab Kencing Manis #2: Resistensi Insulin

Penyakit diabetes tipe 2 biasanya diawali dengan kondisi resistensi insulin yaitu suatu kondisi dimana otot, hati, dan sel lemak tidak dapat menggunakan insulin secara baik. Tubuh memerlukan insulin untuk membawa glukosa darah masuk ke dalam sel. Saat ada glukosa maka pankreas akan membuat insulin untuk memenuhi kebutuhan tsb. Bila pankreas tak mampu membuat insulin yang cukup maka terjadilah peningkatan kadar glukosa darah.

Penyebab Kencing Manis #3: Faktor Genetik dan Sejarah Keluarga

Seperti halnya penyebab penyakit diabetes tipe 1, ada gen tertentu yang dapat memicu terjadinya diabetes tipe 2. Penyakit ini akan terjadi pada keluarga dan biasanya seringkali terjadi pada etnik tertentu seperti Afrika-Amerika, orang asli Alaska, Amerika-India, Asia-Amerika, Hispanik / Latin, orang asli Hawai, kepulauan Pasifik.

Faktor gen juga dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 bila orang tsb memiliki berat berlebih / kegemukan.

Apa Yang Menyebabkan Diabetes Gestasional?

Para ahli mempercayai bahwa diabetes gestasional merupakan jenis diabetes yang terjadi saat kehamilan. Penyebab kencing manis jenis ini adalah adanya perubahan hormon selama masa kehamilan yang dibarengi dengan faktor genetik dan gaya hidup.

Penyebab Kencing Manis Saat Hamil #1: Resistensi Insulin

Hormon yang diproduksi oleh plasenta mempengaruhi resitensi insulin dimana hal ini terjadi pada semua wanita selama kehamilan. Kebanyakan wanita hamil dapat memproduksi insulin yang cukup untuk mengatasi resistensi insulin tsb, namun sayangnya sebagian lain tidak. Penyebab penyakit kencing manis gestasional adalah saat pankreas tidak dapat memproduksi insulin yang cukup.

Seperti halnya penyebab kencing manis pada diabetes tipe 2, berat badan berlebih juga memiliki kaitan dengan terjadinya diabetes gestasional. Wanita gemuk atau obesitas mungkin sudah mengalami resistensi insulin saat hamil. Kenaikan berat badan terlalu banyak saat hamil juga merupakan faktor penyebab penyakit kencing manis tipe ini.

Baca juga:   Begini Cara Mengatasi Sakit Punggung Secara Alami Yang Mudah Di Rumah

Penyebab Kencing Manis Pada Wanita Hamil #2: Faktor Genetik dan Sejarah Keluarga

Memiliki keluarga yang menderita diabetes dapat menjadi pemicu penyebab diabetes gestasional pada wanita karena adanya faktor genetika.

Apa Penyebab Diabetes Lainnya?

Penyebab kencing manis lainnya adalah mutasi genetik, penyakit lainnya, kerusakan pankreas, dan jenis-jenis obat tertentu yang dapa menyebabkan penyakit diabetes.

Penyebab Kencing Manis Lainnya #1: Mutasi Genetik

  • Penyakit diabetes monogenik disebabkan oleh mutasi atau perubahan dalam gen tunggal. Perubahan ini juga biasanya dialami oleh keluarga tapi kadang-kadang terjadi hanya pada orang bersangkutan. Kebanyakan mutasi genetika dapat menyebabkan diabetes dengan membuat pankreas tidak mampu membuat insulin. Jenis diabetes monogenik yang paling umum adalah diabetes neonatal yaitu terjadi pada 6 bulan pertama setelah dilahirkan.
  • Penyakit sistik fibrosis memproduksi mukus kental yang dapat membuat jaringan parut di pankreas. Adanya parut ini dapat mencegah pankreas untuk membuat insulin yang cukup.
  • Penyakit hemokromatosis menyebabkan tubuh menyimpan terlalu banyak besi. Jika penyakit ini tidak diobati maka besi akan menumpuk dan merusak pankreas serta merusak organ lainnya.

Penyebab Kencing Manis Lainnya #2: Penyakit Hormonal

Beberapa penyakit hormonal dapat menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak hormon tertentu yang kadang-kandang menyebabkan resistensi insulin dan diabetes.

  • Sindrom Cushing’s terjadi ketika tubuh terlalu banyak memproduksi hormon kortisol (hormon stres)
  • Akromegali terjadi saat tubuh terlalu banyak produksi hormon pertumbuhan.
  • Hipertiroid terjadi ketika kelenjar tiroid memproduksi terlalu banyak hormon tiroid.

Penyebab Kencing Manis Lainnya #3: Kerusakan atau Pengangkatan Pankreas

Pankreatitis, kanker pankreas, dan adanya trauma dapat membahayakan sel beta sehingga sel ini tidak mampu memproduksi insulin yang cukup dan mengakibatkan diabetes. Jika pankreas yang rusak tsb diangkat / dipotong maka penyakit diabetes masih terjadi karena kehilangan sel beta tsb.

Penyebab Kencing Manis Lainnya #4: Obat-Obatan

Berikut ini adalah beberapa jenis obat yang dapat mengganggu kinerja insulin atau berbahaya bagi sel beta, yaitu:

  • Niasin / vitamin B3
  • Obat diuretik (memperbanyak urin)
  • Obat anti kejang
  • Obat psikiatrik
  • Obat untuk mengobati HIV
  • Pentamidin merupakan obat untuk mengobati pneumonia
  • Glukokortikoid merupakan obat untuk mengobati peradangan seperti rheumatoid arthritis, asma, lupus, dan kolitis ulceratif
  • Obat anti penolakan organ biasanya digunakan untuk orang yang melakukan pencangkokan organ.
  • Statin merupakan obat penurun kolesterol jahat LDL dapat meningkatkan risiko diabetes.

Jika Anda sekarang ini sedang menggunakan obat-obat di atas dan khawatir pada efek samping penyebab kencing manis, silahkan diskusikan pada dokter Anda.

Ciri Ciri Penyakit Kencing Manis

Berikut ini ciri ciri kencing manis pada wanita maupun pada pria meliputi:

Gejala diabetes tipe 1 dapat terjadi cepat sekali dalam waktu berminggu-minggu. Sementara tanda-tanda diabetes tipe 2 berkembang secara lambat, sampai bertahun-tahun, dan mungkin malah kemunculannya tidak disadari.

Kebanyakan penderita diabetes tipe 2 tidak mengalami ciri ciri penyakit kencing manis sampai dia melakukan tes kesehatan atau mengalami gangguan kesehatan seperti penglihatan kabur atau gangguan jantung.

Pengobatan Penyakit Kencing Manis

Bila Anda datang ke dokter maka Anda akan diberikan terapi pengobatan berupa insulin atau obat diabetes, atau gabungan insulin dan obat anti diabetes yang harus dibarengi dengan perubahan gaya hidup sehat seperti makan makanan sehat dan olahraga. Penderita diabetes tipe 1 akan sangat bergantung pada insulin sepanjang hidupnya.

Beberapa terapi pengobatan alternatif terus berkembang seperti pencangkokan pankreas, operasi bariatric, dll. Silahkan diskusikan dengan dokter Anda mengenai manfaat, risiko termasuk biayanya.

Beberapa penderita diabetes tipe 2 ada yang memilih menggunakan obat diabetes alami untuk mengobati penyakit kencing manis seperti minum jus pare, menggunakan kunyit, dll. Bila Anda ingin memilih ramuan obat tradisional sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter Anda.

Itulah ulasan seputar penyebab kencing manis, ciri ciri penyakit kencing manis dan pengobatan kencing manis yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
www.niddk.nih.gov/health-information/diabetes/overview/symptoms-causes