3 Tahapan Melahirkan Normal Yang Perlu Diketahui

Selain rasanya yang enak, buah sirsak memiliki banyak manfaat kesehatan.

Tahapan Melahirkan Normal – Seperti dengan tahapan proses kehamilan, maka tahapan proses persalinan normal perlu diketahui oleh para ibu maupun para suami yang mendampingi istrinya yang sedang hamil dan akan melahirkan.

Kenapa?

Karena saat-saat menjelang proses melahirkan adalah saat-saat yang membuat perasaan ibu gundah, tak sabar ingin segera melihat bayinya namun khawatir terjadi sesuatu saat melahirkan.

Seperti pasangan yang ingin cepat hamil dan ada juga yang tak sabar ingin segera melihat buah hatinya terlahir ke dunia ini.

Proses melahirkan memang terdapat berbagai pilihan namun sampai saat ini proses melahirkan secara normal yang paling banyak dipilih karena lebih murah dan tidak terlalu membuat rasa sakit.

Setidaknya ada 3 tahapan melahirkan normal yang akan dilalui para ibu hamil sebelum akhirnya melahirkan bayi yang telah ditunggu kedatangannya.

tahapan melahirkan normal

Tahapan Melahirkan Normal Yang Pertama

Ada 2 fase yang terjadi pada tahapan melahirkan normal yang pertama yaitu fase awal dan fase aktif.

Tanda-tanda fase awal tahapan melahirkan normal:

  • Leher rahim mulai menipis dan mulai terbuka.
  • Terjadi kontraksi ringan yang berlangsung selama 30-90 detik dengan interval yang konsisten, misalnya tiap 5 menit sekali.
  • Seiring dengan waktu leher rahim akan terus terbuka dan Anda akan melihat lendir bercampur darah keluar dari miss V.

Fase awal tahapan melahirkan normal tsb akan berakhir bila pembukaan leher rahim mencapai 4cm dan waktu yang diperlukan untuk mencapai pembukaan tsb akan berbeda untuk tiap ibu.

Bila ini adalah kehamilan pertama maka fase ini pada umumnya akan berlangsung selama 6-12 jam, namun dapat pula lebih panjang atau lebih pendek pada ibu lainnya.

Tanda-tanda fase aktif tahapan melahirkan normal:

  • Leher rahim akan melebar lebih cepat hingga mencapai 10 cm.
  • Kontraksi akan lebih kuat, lebih sering, dan lebih lama.
  • Rasa tidak nyaman mulai terasa seperti tekanan pada punggung, kram kaki, dan mungkin merasa mual.
  • Air ketuban akan mulai pecah pada fase ini.
Baca juga:   Herpes Pada Ibu Hamil Penyebab Herpes Pada Bayi, Bagaimana Cara Mencegahnya?

Jika Anda masih berada di rumah, maka inilah saat yang tepat bagi Anda untuk bergegas ke rumah sakit bersalin bila Anda menemui tanda-tanda tsb.

Fase aktif biasanya terjadi dalam waktu 4-8 jam namun inipun tergantung dari individu masing-masing.

Tahapan Melahirkan Normal Yang Kedua

Pada tahapan ini terjadi proses pendorongan bayi agar keluar dari tubuh sehingga diperlukan tenaga yang kuat.

Berikut ini adalah tanda-tanda / proses tahapan melahirkan normal yang kedua:

  • Intensitas kontraksi akan berkurang.
  • Posisi bayi akan turun ke jalan lahir secara perlahan. Pada saat ini Anda diharapkan bersabar, biarkan proses dilakukan secara alami dan tidak terburu-buru. Rasa ingin mendorong bayi akan timbul dengan sendirinya saat bayi berada di pintu bawah panggul Anda.
  • Setelah beberapa saat, akan mulai terlihat kepala bayi dan muncul rasa ingin mendorong bayi lebih kuat dan mungkin diiringi rasa terbakar di sekitar vagina dan anus Anda karena peregangan jaringan.
  • Dengan dorongan berikutnya maka kepala bayi akan keluar dengan sempurna kemudian disusul dengan bagian tubuh yang lainnya.
  • Proses mengeluarkan bayi sudah selesai maka tahap selanjutnya adalah pembersihan mulut dan hidung bayi agar mudah bernapas.

Tahapan Melahirkan Normal Yang Ketiga

Saat bayi Anda sudah keluar, proses kelahiran belum selesai karena masih ada tahapan melahirkan normal yang ketiga yaitu proses pengeluaran plasenta dari rahim Anda.

Biasanya plasenta akan keluar dalam waktu 5-10 menit namun ada pula yang harus menunggu hingga setengah jam dari proses pengeluaran bayi.

Pada tahapan melahirkan normal yang ketiga ini pun merupakan saat yang tepat untuk melakukan IMD (Inisiasi Menyusui Dini) karena ASI yang dikeluarkan pertama kali sangat baik untuk kesehatan bayi.

Kemudian dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai kondisi ibu, apakah ada jaringan yang memerlukan jahitan karena proses melahirkan tadi. Bila ada, dokter akan melakukan pembiusan sebelum melakukan penjahitan.

Nah itulah 3 tahapan melahirkan normal yang perlu Anda ketahui. Secara keseluruhan proses tahapan melahirkan normal tsb akan memakan waktu 10-20 jam tergantung dari kondisi individu masing-masing.