6 Tips Memelihara Kesehatan Mata Untuk Mata Indah dan Sehat

Ubi merupakan sayuran serbaguna yang kaya akan nutrisi penting, sifat antioksidan, dan manfaat kesehatan.

Tips Memelihara Kesehatan Mata – Mata ibaratnya jendelanya dunia, termasuk salah satu alat vital dalam tubuh manusia. Berbagai keluhan mata dapat saja terjadi mulai dari mata merah, mata gatal, kantung mata, sampai mata rabun dapat saja terjadi. Agar fungsi penglihatan mata tetap terjaga dengan baik maka kita perlu merawat dan menjaga kesehatan mata tsb.

Sejalan dengan peningkatan usia, berbagai fungsi organ tubuh mengalami penurunan, termasuk penurunan fungsi mata. Sehingga tak heran bila orang tua perlu bantuan kacamata untuk membaca. Namun hal tsb sebetulnya dapat dicegah atau setidaknya diminimalisasi dengan beberapa langkah sederhana memelihara kesehatan mata sehingga penglihatan mata Anda tetap baik walaupun sudah lanjut usia.

Bila Anda sedang mencari artikel tentang kesehatan mata dan untuk mengetahui tips kesehatan mata tsb silahkan ikuti ulasan SehatPlus.org berikut ini ..

cara memelihara kesehatan mata dan tips kesehatan mata
image: kurwaeye.com

Tips Memelihara Kesehatan Mata

Berikut ini adalah cara memelihara kesehatan mata yang dapat Anda lakukan …

Tips Kesehatan Mata #1: Konsumsi Makanan untuk Kesehatan Mata

Kesehatan mata yang baik berawal dari makanan yang Anda makan sehari-hari. Nutrisi seperti asam lemak omega 3, lutein, zinc, vitamin Avitamin C dan vitamin E dapat membantu mengatasi penurunan fungsi mata karena usia seperti katarak dan degenerasi makular (yaitu kondisi dimana terjadi kerusakan macula / bagian tengah retina yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan dan kebutaan).

Berikut ini adalah contoh makanan untuk kesehatan mata yang dapat Anda konsumsi untuk memelihara kesehatan mata, yaitu:

  • Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kale, dll
  • Salmon, tuna, dan iklan lainnya yang kaya akan lemak omega 3
  • Telur, kacang-kacangan, dan sumber protein bukan daging lainnya
  • Jeruk, lemon, dsb
  • Tiram

Itulah beberapa contoh makanan untuk kesehatan mata. Pola makan yang seimbang, selain dapat membantu memelihara kesehatan mata juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat. Menjaga berat badan dapat menghindarkan Anda dari risiko obesitas (kegemukan) dan penyakit diabetes tipe 2 yang dapat memicu terjadinya kebutaan pada usia lanjut.

Tips Memelihara Kesehatan Mata #2: Berhenti Merokok

Bahaya merokok untuk kesehatan tidak hanya mengganggu saluran pernapasan namun mengganggu pula kesehatan mata. Beberapa risiko merokok yang berkaitan dengan mata diantaranya adalah katarak, kerusakan saraf mata, dan degenerasi macular. Jadi cobalah berhenti merokok untuk menjaga kesehatan mata dan kesehatan tubuh Anda. Bila sekarang masih gagal, cobalah terus. Bila diperlukan, mintalah bantuan dokter untuk berhenti dari kebiasaan merokok ini.

Baca juga:   Gejala Gula Darah Tinggi dan Cara Mengatasi Hiperglikemia Pada Diabetes Yang Perlu Diketahui

Tips Menjaga Kesehatan Mata #3: Gunakan Kaca Mata Pelindung

Tips memelihara kesehatan mata berikutnya adalah gunakan kacamata pelindung. Saat Anda akan beraktivitas di luar rumah saat terik matahari, gunakanlah kacamata yang dapat melindungi mata dari bahaya UV (ultra violet) sinar matahari. Mata yang terlalu banyak terkena sinar matahari dapat meningkatkan risiko katarak dan degenerasi macular.

Sebaiknya gunakan kacamata yang dapat memblok sinar UVA dan UVB sebanyak 99-100%. Lensa yang menutupi keseluruhan mata dapat melindungi mata dari samping. Lensa polarisasi dapat mengurangi silau saat Anda mengemudi. Jika Anda menggunakan kontak lensa dengan perlindungan UV, sebaiknya gunakan pula kacamata hitam untuk perlindungan ekstra.

Begitu pula saat Anda akan beraktivitas menggunakan zat-zat kimia berbahaya ataupun percikan api sebaiknya gunakan kacamata pengaman untuk keselamatan dan memelihara kesehatan mata Anda.

Tips Memelihara Kesehatan Mata #4: Hindari Menggunakan Komputer / HP Secara Terus Menerus

Kemajuan teknologi membuat perubahan pada gaya hidup. Sekarang ini orang lebih suka “memandang” ponsel untuk bersosialisasi dibandingkan ketemu secara langsung. Rasanya gatal bila tidak memainkan gadget atau sekedar memegangnya. Nah bagi Anda yang sudah kecanduan dengan gadget ini sebaiknya hati-hati karena dapat menimbulkan dampak buruk pada kesehatan seperti ketegangan mata, pandangan kabur, kesulitan melihat benda jauh secara fokus, mata kering, sakit kepala, nyeri leher, nyeri punggung, dan nyeri bahu.

Nah bila Anda memang harus menggunakan komputer atau gadget tsb dalam waktu lama karena tuntutan pekerjaan, berikut ini adalah beberapa tips memelihara kesehatan mata yang dapat dilakukan:

  • Gunakan kacamata komputer untuk mengurangi efek cahaya layar komputer
  • Bila diperlukan pasang layar anti silau
  • Pastikan gunakan komputer dengan posisi ketinggian mata Anda sejajar dengan ketinggian bagian atas monitor
  • Gunakan komputer dengan posisi duduk yang nyaman
  • Istirahatkan mata setiap 20 menit sekali dengan cara melihat pemandangan yang jauh selama 20 detik.
  • Bila mata Anda kering, berkediplah lebih sering

Tips Mencegah Gangguan Kesehatan Mata #5: Periksakan Mata Anda

Mungkin Anda mengira kesehatan mata Anda baik-baik saja atau sehat-sehat saja. Namun untuk memastikan kesehatan mata Anda sebaiknya kunjungi dokter dan periksakan kondisi kesehatan mata Anda. Beberapa penyakit mata seperti glaucoma, penyakit mata karena diabetes, dan degerasi macular seringkali muncul tanpa gejala. Nah pengujian mata inilah untuk mendeteksi gangguan mata dari usia dini. Selain itu pemeriksaan mata juga dapat mendeteksi adanya penyakit lainnya.

Tips Memelihara Kesehatan Mata #6: Cucilah Tangan dan Lensa Kontak

Biasakan untuk selalu mencuci tangan dulu sebelum melepaskan ataupun menaruh lensa kontak. Hal ini untuk menghindari terjadinya risiko infeksi mata. Pastikan juga untuk menggunakan disinfektan sesuai petunjuk penggunaan lensa kontak.

Itulah 6 cara memelihara kesehatan mata sehingga penglihatan Anda tetap baik sampai usia senja. Semoga tips kesehatan mata dan artikel kesehatan mata di atas dapat bermanfaat …

Sumber Referensi:
nei.nih.gov/healthyeyes/eyehealthtips; www.webmd.com/eye-health/good-eyesight