Cara Mengatasi Sakit Pinggang Akut dan Kronis Yang Perlu Diketahui

Cara Mengatasi Sakit Pinggang – Salah satu gangguan kesehatan yang sering dikeluhkan masyarakat modern saat ini adalah sakit pinggang. Gangguan kesehatan ini tak hanya dialami oleh orang yang telah lanjut usia namun sering juga dialami oleh anak muda usia produktif. Hal ini terutama dikarenakan oleh faktor gaya hidup dimana masyarakat sekarang ini lebih senang “mager” (malas gerak), duduk di depan gadget masing-masing.

Selain faktor gaya hidup memang masih banyak penyebab sakit pinggang lainnya seperti karena trauma, atau adanya indikasi gangguan kesehatan lainnya. Nah bila nyeri pinggang ini dibiarkan tentunya akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, SehatPlus.org akan mengulas beberapa cara mengatasi sakit pinggang sehingga Anda dapat melanjutkan aktivitas sehari-hari tanpa kendala.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Yang Perlu Diketahui

Cara menyembuhkan sakit pinggang yang paling baik adalah dengan mengenali gejalanya dan mengatasi penyebab sakit pinggang itu sendiri.

Namun sebelum membahas mengenai cara mengobati sakit pinggang, sebaiknya Anda ketahui dulu jenis-jenis sakit pinggang. Berdasarkan dari lama, frekuensi, dan keparahan sakit pinggang dikenal ada 2 jenis sakit pinggang yaitu sakit pinggang akut dan sakit pinggang kronis.

penyebab sakit pinggang kiri dan kanan, cara mengatasi sakit pinggang

Cara Menyembuhkan Sakit Pinggang Akut

Sakit pinggang akut atau dikenal juga sebagai sakit pinggang jangka pendek adalah jenis sakit pinggang yang baru saja terjadi dan biasanya berlangsung tidak lebih dari 6 minggu. Cara mengobati sakit pinggang akut jenis ini biasanya dapat dengan menggunakan obat penghilang nyeri yang dijual bebas (seperti analgesik parasetamol dan ibuprofen) dan dengan tips mengatasi nyeri pinggang berikut ini ..

  1. Mengatur Posisi Tidur

Posisi tidur yang benar akan membantu pemulihan kondisi badan Anda. Salah satu cara mengatasi sakit pinggang adalah dengan meregangkan punggung saat tidur. Bila Anda lebih menyukai tidur telentang, cobalah letakkan bantal di bawah lutut untuk membantu mempertahankan bentuk punggung bawah yang normal. Nah bila Anda lebih menyukai posisi miring, cobalah tekuk salah satu kaki lalu tarik sedikit ke arah dada lalu tempatkan bantal atau guling di antara kaki.

cara mengatasi sakit pinggang dengan mengatur posisi tidur
Posisi Tidur Yang Benar Dapat Mengatasi Nyeri Pinggang (source: jointessential.com, edited by: sehatplus.org)
  1. Terapi Panas atau Dingin

Mandi air panas atau menempelkan botol berisi air panas pada area pinggang yang nyeri merupakan salah satu cara mengatasi sakit pinggang akut. Bila Anda tidak menyukai terapi air panas, Anda dapat menggunakan kompres batu es (yaitu batu es yang dibungkus dengan kain) untuk membantu meringankan nyeri pinggang. Biasanya orang Indonesia lebih menyukai terapi air panas dibandingkan terapi dingin.

  1. Relaksasi

Tahukah Anda bahwa pikiran positif dan rileks akan membuat kondisi kesehatan Anda tetap prima. Cobalah Anda rileks dan bersantai sebagai salah satu cara mengatasi sakit pinggang yang disebabkan oleh ketegagngan otot karena stress.

  1. Tetap Aktif

Kebiasaan malas gerak (mager) dalam waktu lama akan berakibat buruk untuk kesehatan pinggang dan juga kondisi kesehatan Anda secara umum. Nah bila Anda merasakan gejala sakit pinggang, cobalah tetap aktif walaupun terasa nyeri. Anda dapat berjalan di sekitar rumah bersama keluarga atau teman. Selain sehat jasmani Anda pun akan sehat rohani karena dapat rileks sebentar.

  1. Menjaga Berat Badan

Cara mengatasi sakit pinggang yang disebabkan oleh kelebihan berat badan adalah dengan menurunkan bobot tubuh dan menjaga berat badan yang sehat. Anda dapat mengatur pola makan dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Selain itu Anda pun sebaiknya melakukan olah raga, tak harus mahal-mahal, cukup dengan berjalan kaki, jogging, berenang, ataupun bersepeda.

Baca juga:   Obat Diabetes dan Cara Mengatasi Diabetes Yang Efektif

Cara Menghilangkan Sakit Pinggang Kronis

Nyeri pinggang kronis atau dikenal juga dengan sakit pinggang jangka panjang adalah rasa nyeri di area pinggang yang sudah berlangsung lama, lebih dari 6 minggu. Bila Anda mengalami sakit pinggang jenis ini sebaiknya Anda periksakan diri ke dokter apalagi bila rasa nyeri yang diderita sangat parah dan mengganggu aktivitas Anda.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi sakit pinggang kronis yang disarankan oleh dokter yaitu meminum obat penghilang nyeri dan beberapa terapi berikut ini …

  1. Minum Obat Penghilang Nyeri

Bila obat penghilang nyeri seperti parasetamol ataupun ibuprofen sudah tidak mempan, biasanya dokter akan meresepkan obat diazepam, kodein, ataupun obat anti depresan TCA (antidepresan trisiklik) seperti amitriptyline. Obat golongan TCA ini selain dapat mengobati depresi juga merupakan salah satu cara mengatasi sakit pinggang kronis.

  1. Latihan / Olahraga

Melakukan latihan / olahraga bertujuan untuk memperbaiki postur tubuh dan memperkuat otot. Latihan / olahraga khusus pun dapat digunakan sebagai cara mengatasi sakit pinggang loh namun ingat sebaiknya dilakukan dengan pengawasan oleh instruktur yang terlatih ya ..

  1. Terapi Manual

Jenis terapi manual ini diantaranya adalah teknik manipulasi, teknik mobilisasi dan teknik pijat yang biasanya dilakukan oleh ahli tulang, ahli osteopati atau fisioterapis. Cara mengatasi sakit pinggang ini biasanya dilakukan sebanyak 9 sesi dalam waktu 12 minggu.

Berdasarkan hasil penelitian, terapi pijat justru lebih efektif daripada chiropractic dan akupunktur untuk menghilangkan rasa nyeri pinggang karena kejang otot. Selain memperbaiki sirkulasi darah, terapi pijat juga dapat merelaksasi otot dan membantu meningkatkan hormon endorphin yaitu hormon penghilang rasa sakit alami.

  1. Terapi Akupunktur

Bagi Anda yang menyukai jalur pengobatan alternative, teknik akupunktur dapat digunakan sebagai cara mengatasi sakit pinggang bawah. Teknik pengobatan Cina kuno ini dilakukan dengan menusukkan jarum khusus pada titik-titik bagian tubuh tertentu. Biasanya jenis terapi ini terdiri dari 10 sesi dalam waktu hingga 12 minggu.

  1. Terapi Nerve Block

Jenis terapi ini dilakukan dengan cara menyuntikkan anestesi (bius) atau steroid di daerah punggung sekitar tulang belakang di daerah mana pinggang tsb sakit. Penyuntikan ini bertujuan untuk memblokir akar saraf sehingga tidak terasa sakit lagi. Cara mengatasi sakit pinggang kronis ini cukup efektif bila penyebab nyeri pinggang adalah saraf yang terjepit atau ada radang di tulang belakang.

  1. Terapi Facet Joint Injection

Sendi facet adalah sendi yang menghubungkan antar tulang belakang sehingga dapat berfungsi selaras. Salah satu cara mengatasi sakit pinggang berikutnya adalah dengan menyuntikkan steroid atau anestesi ke dalam sendi facet ini. Ini tentunya harus dilakukan oleh dokter ahli.

  1. Operasi

Bila cara mengatasi sakit pinggang seperti yang diuraikan di atas masih gagal, biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan pembedahan. Opsi pengobatan sakit pinggang ini biasanya disarankan bila rasa nyeri sangat parah dan sampai Anda tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari.

Itulah beberapa informasi seputar cara mengatasi sakit pinggang akut dan cara menangani sakit pinggang kronis. Sebaiknya Anda diskusikan dulu dengan dokter Anda risiko dan manfaat dari setiap terapi yang direkomendasikan. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
mediskus.com