Bagaimana Cara Menghindari Resiko Kesehatan Akibat Terlalu Banyak Duduk?

Akibat Terlalu Banyak Duduk dan Cara Mengatasinya– Bagi orang – orang kantoran tidak dapat terhindarkan dari diri mereka untuk duduk lama dan berhadapan dengan laptop / PC.

Apalagi kalau sudah deadline dan tugas sedang menumpuk intensitas duduk bersama laptop tentu akan semakin panjang saja. Bahkan malam hari terkadang menjadi waktu yang juga melelahkan untuk duduk bersama laptop. Mungkin kondisi yang seperti ini juga terjadi pada Anda?

Awas! Anda harus berhati – hati karena terlalu banyak duduk sama bahayanya dengan merokok. Kok bisa?

Hal ini karena akibat terlalu banyak duduk dapat mengakibatkan angina, mengganggu kesehatan jantung dan hati.

Lantas bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk menghindari resiko kesehatan akibat terlalu banyak duduk?

Langsung yuk kita cek informasinya yang akan diulas oleh Dunia Kesehatan di bawah ini!

Cara Menghindari Resiko Kesehatan Akibat Terlalu Banyak Duduk
image credit: blog.directofficechairs.com

Cara Menghindari Resiko Kesehatan Akibat Terlalu Banyak Duduk

JIka Anda ingin terbebas dari berbagai resiko kesehatan walau Anda merupakan salah satu orang yang juga bekerja dengan intensitas duduk yang lama, beberapa cara yang dapat Anda terapkan diantaranya :

Pastikan olahraga minimal 30 menit sehari

Olahraga dan exercise itu berbeda. Olahraga dilakukan secara terukur, terencana dan dilakukan secara berulang – ulang dengan tujuan untuk meningkatkan kebugaran fisik dapat digunakan untuk menghindari resiko kesehatan akibat terlalu banyak duduk loh!

Karena itu untuk meningkatkan kesehatan Anda ada baiknya untuk Anda lakukan olahraga secara terstruktur. Lakukan 30 menit sehari dan tubuh Anda akan sehat. Olahraga tak perlulah mahal, Anda dapat mensiasatinya dengan jalan kaki, jogging ataupun bersepeda.

Lakukan stretching di sela – sela waktu kerja

Misalkan Anda dapat melatih diri Anda sendiri dengan berdiri sesekali atau dengan berjalan berkeliling kantor ketika Anda istirahat atau ketika Anda akan makan siang.

Baca juga:   10 Gejala Penyakit Yang Sering Timbul Saat Puasa dan Cara Mengatasinya

Dengan stretching ini akan dapat membantu otot – otot Anda yang kaku merasa rileks dan melancarkan juga peredaran darah Anda. Stretching ini selain dapat menghindari resiko kesehatan akibat terlalu banyak duduk juga baik untuk menjaga kesehatan mata agar tidak terus-terusan terpapar sinar dari laptop / PC.

Kurangi aktivitas menonton TV

Upayakan untuk Anda coba batasi waktu menonton TV di rumah. Namun bukan berarti Anda mengurangi menonton TV dengan menggantinya dengan memainkan gadget ya ..

Anda bisa ganti dengan aktivitas hiburan yang lain seperti jalan – jalan, memasak, membersihkan rumah atau bahkan dengan olahraga karena akan menjadikan Anda jauh lebih sehat nantinya. Cara ini cukup efektif dalam menghindari resiko kesehatan akibat terlalu banyak duduk dan menghindari gangguan mata.

Gunakan sarana transportasi publik

Anda dapat coba gunakan bus atau kereta untuk keperluan ke kantor karena dengan demikian Anda akan bisa beraktivitas yang mengeluarkan keringat.

Anda bisa berjalan ke halte karena juga dapat menjadi salah satu bagian olahraga sebelum kerja yang akan menyehatkan tubuh Anda dan menghindari resiko kesehatan akibat terlalu banyak duduk.

Pastikan Anda Untuk Selalu Minum

Bila sedang sibuk kadang kita suka lupa untuk minum dan ini pun dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda. Jadi pastikan untuk selalu memenuhi asupan cairan tubuh dengan minum air putih setidaknya 8 gelas sehari untuk menghindari resiko kesehatan akibat terlalu banyak duduk.

Itulah sedikit informasi tentang Cara Menghindari Resiko Kesehatan Akibat Terlalu Banyak Duduk yang kami dapat berikan untuk Anda. Semoga menjadi informasi yang menginspirasi.