Cara Deteksi Dini Gejala Kanker Payudara, Yuk Praktekan di Rumah!

Gejala kanker payudara perlu diwaspadai karena penyakit merupakan penyakit kanker yang sering kali menghantui kaum hawa beberapa tahun terakhir ini. Pasalnya, menurut data dari DepKes, penyakit ini termasuk salah satu penyakit penyebab kematian tertinggi karena kanker di Indonesia, disusul oleh kanker serviks dan kanker paru.

Walaupun demikian, penyakit kanker payudara dapat dicegah dan dapat disembuhkan asalkan ada kemauan untuk perubahan gaya hidup yang sehat serta mau melakukan deteksi dini untuk mendapatkan penanganan sedini mungkin.

Nah sebetulnya apa itu kanker payudara dan bagaimana cara deteksi dini gejala kanker payudara? Yuk simak ulasannya berikut ini ..

Apa Itu Kanker Payudara?

Kanker payudara adalah salah satu jenis penyakit kanker yang berkembang di sel payudara. Penyakit ini biasanya muncul pertama kali di dinding dalam saluran susu atau lobulus (penghasil air susu). Sel tumor ganas ini kemudian dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Pada kebanyakan kasus, penyakit kanker payudara memang sering terjadi pada wanita, namun sebetulnya kanker ini dapat terjadi pula pada pria.

Di Indonesia sendiri, penyakit ini lebih banyak diderita oleh wanita usia muda. Oleh karena itu, hati-hati ya ladies, waspadai tanda-tanda kanker pada wanita ini.

Payudara wanita dewasa terdiri dari lemak, jaringan penghubung, dan ribuan lobulus (yaitu kelenjar kecil penghasil air susu ibu). Saat menyusui, ASI akan melalui saluran susu dan keluar melalui puting susu.

Seperti halnya bagian tubuh lainnya, payudara terdiri dari triliunan sel mikroskopik. Sel ini kemudian akan berkembang mengganti sel yang sudah usang atau mengganti sel yang sudah mati. Pada kasus kanker, sel tsb berkembang biak tak terkendali.

Jenis kanker payudara yang terjadi di saluran susu disebut duktal karsinoma merupakan jenis kanker yang sering terjadi. Sementara kanker karsinoma lobular yang terjadi pada lobulus lebih jarang terjadi.

Gejala Kanker Payudara

Gejala kanker payudara yang muncul dapat berupa penebalan jaringan atau munculnya benjolan di sekitar payudara. Memang betul, kebanyakan benjolan pada payudara bukanlah kanker, namun bila Anda mendapati benjolan pada payudara sebaiknya segera periksakan diri.

Berikut ini adalah tanda-tanda kanker payudara yang perlu diketahui:

  • Munculnya benjolan di payudara
  • Nyeri di ketiak atau di payudara yang tidak ada kaitannya dengan siklus bulanan wanita
  • Muncul lubang pada kulit atau kulit kemerahan di sekitar payudara, seperti kulit jeruk
  • Ruam / bercak kemerahan di sekitar puting susu
  • Pembengkakan atau muncul benjolan di salah satu ketiak
  • Ada bagian payudara yang menebal
  • Salah satu puting masuk ke dalam, dan kadang-kadang berdarah
  • Perubahan bentuk dan ukuran payudara
  • Kulit puting atau kulit payudara mengelupas
Baca juga:   Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Infeksi Kandung Kemih Yang Perlu Diketahui

gejala kanker payudara

Cara Deteksi Gejala Kanker Payudara

Deteksi dini kanker sangat penting karena pada prinsipnya kanker pada stadium awal masih lebih mudah disembuhkan dibandingkan kanker stadium lanjut. Salah satu cara deteksi dini kanker payudara adalah dengan perikSA payuDAra sendiRI (SADARI).

Pemeriksaan SADARI dilakukan dengan menggunakan tangan dan mata Anda untuk memeriksa adanya perubahan bentuk, perubahan tampilan, dan perubahan fisik payudara Anda.

Perlu Anda ketahui, bentuk payudara secara normal akan berbeda dari waktu ke waktu. Perubahan ini biasanya dipengaruhi oleh perubahan hormon reproduksi.

Biasanya payudara wanita akan semaking kencang dan agak bengkak saat sebelum dan selama masa menstruasi. Memasuki masa menopause, payudara wanita akan mengendur dan lebih lembut.

Nah agar hasil pemeriksaan tidak terganggu siklus bulanan tsb, sebaiknya SADARI dilakukan beberapa hari setelah periode haid Anda berakhir.

cara deteksi dini gejala kanker payudara
SADARI untuk Deteksi Dini Gejala Kanker Payudara (image: theheartysoul.com)

Cara Deteksi Gejala Kanker Payudara di Depan Cermin

  • Berdirilah di depan cermin, bukalah pakaian Anda, lalu perhatikan payudara Anda, apakah ada perubahan bentuk, warna, dan tampilan? Biasanya kebanyakan wanita memiliki payudara dengan ukuran yang tak persis sama.
  • Letakkan tangan di pinggang lalu kencangkan otot dada. Perhatikan payudara pada kaca cermin dari sisi kiri ke kanan dan juga sebaliknya.
  • Membungkuklah hingga payudara menjulur ke bawah. Perhatikan dan raba payudara untuk memeriksa adanya perubahan / kelainan.
  • Tautkan kedua tangan di belakang kepala dan tekan ke dalam. Perhatikan payudara, termasuk bagian bawahnya.
  • Letakkan jari telunjuk dan jempol sekitar puting lalu tekan perlahan, periksa apa ada cairan yang keluar?

Cara Deteksi Gejala Kanker Payudara Saat Mandi

Selain melakukan SADARI dengan cara bercermin, Anda pun dapat melakukan pemeriksaan payudara saat mandi. Busa sabun akan memudahkan pergerakan tangan untuk memeriksa benjolan atau perubahan pada payudara.

  • Angkat satu tangan ke belakang kepala.
  • Raba payudara di sisi tangan yang terangkat menggunakan tangan yang telah dilumuri busa sabun. Gunakan jari untuk menekan-nekan bagian demi bagian dengan lembut.
  • Lakukan hal yang sama pada payudara sisi lainnya.

Cara Deteksi Gejala Kanker Payudara Dengan Berbaring

Pemeriksaan payudara dengan berbaring dapat dilakukan karena saat berbaring posisi payudara melebar dan memudahkan pemeriksaan.

  • Pilih tempat tidur atau permukaan datar lainnya yang nyaman
  • Berbaringlah, tempatkan gulungan handuk / bantal kecil di bawah pundak.
  • Letakkan tangan kanan di bawah kepala.
  • Lumuri tangan kiri dengan lotion untuk memudahkan pergerakan lalu rabalah payudara kanan dengan gerakan memutar searah jarum jam.
  • Pastikan seluruh permukaan teraba / diperiksa.
  • Ulangi pemeriksaan untuk payudara kiri dengan meletakkan tangan kiri di bawah kepala.

Bagaimana Bila Anda Merasakan Gejala Kanker Payudara?

Bila dari hasil pemeriksaan SADARI, Anda menemukan benjolan, Anda tak perlu panik karena kebanyakan benjolan bukanlah kanker. Walaupun demikian perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan oleh dokter mengenai benjolan tsb untuk memastikan penyebabnya. Apalagi bila benjolan tsb disertai juga dengan gejala kanker payudara seperti yang telah diulas di atas.

Itulah informasi seputar gejala kanker payudara dan cara pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Yuk lakukan deteksi dini kanker payudara sekarang juga. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
www.medicalnewstoday.com/articles/37136.php; www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin-kanker.pdf; www.alodokter.com/periksa-payudara-sendiri-sadari-sebelum-terlambat