Penyebab Sakit Liver Yang Harus Diketahui

Biji ketumbar, dengan kandungan nutrisinya yang kaya dan manfaat kesehatannya yang banyak, layak menjadi bagian dari makanan sehat kita

Penyebab Sakit Liver – Liver memiliki peranan yang sangat penting dan termasuk organ vital pada tubuh manusia. Saat organ ini terserang penyakit ataupun terluka maka fungsi tsb tidak akan optimal atau bahkan hilang yang dapat menyebabkan kondisi tubuh memburuk. Penyakit liver dikenal juga sebagai penyakit hati.

Apakah Itu Penyakit Liver ?

Sebelum SehatPlus.org membahas mengenai penyebab sakit liver, alangkah lebih baik bila Anda mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan penyakit liver.

Penyakit liver adalah gangguan yang terjadi pada fungsi hati yang dapat menyebabkan rasa sakit. Biasanya penurunan fungsi hati tsb dapat terjadi setelah 75% atau lebih bagian hati tsb mengalami gangguan.

Mengenal Fungsi Hati

Liver adalah salah satu organ terbesar di dalam tubuh dan seringkali disebut sebuah kelenjar karena fungsinya membuat dan mengeluarkan empedu. Liver sendiri terletak di atas perut sebelah kanan dan terlindung oleh tulang rusuk. Terdapat 2 bagian utama liver yaitu bagian kanan dan kiri. Sel hati ini mendapatkan suplai darah dari 2 sumber yang berbeda, yaitu arteri yang menyalurkan darah kaya oksigen yang berasal dari jantung dan vena portal yang menyalurkan nutrisi dari usus dan limpa. Vena portal pun akan membawa zat kimia dan toksin dari saluran cerna ke dalam liver untuk proses detoksifikasi dan penyaringan sebelum akhirnya disalurkan ke seluruh bagian tubuh.

fungsi dan penyebab sakit liver

Selain itu, liver pun memiliki fungsi lainnya, yaitu sbb:

  • Produksi empedu yang diperlukan untuk mencerna lemak
  • Menyimpan kelebihan gula sebagai glikogen lalu mengubahnya kembali menjadi glukosa saat tubuh memerlukan energi
  • Pembentukan faktor pembekuan darah
  • Produksi asam amino sebagai bahan pembentukan protein termasuk yang berperan dalam melawan infeksi
  • Menyiapkan dan menyimpan zat besi yang diperrlukan untuk pembentukan sel darah merah
  • Membentuk kolesterol dan zat kimia lainnya untuk pemindahan lemak
  • Mengubah hasil buangan dari metabolisme tubuh menjadi urea yang kemudian dikeluarkan melalui urin
  • Metabolisme obat menjadi bentuk aktifnya.

Penyebab Sakit Liver

Berikut ini beberapa cara yang dapat merusak hati dan menjadi penyebab sakit liver, yaitu:

  • Terjadi peradangan pada organ hati, misalnya hepatitis
  • Gangguan pada aliran empedu, misalnya kolestasis
  • Akumulasi kolesterol dan trigliserida, misalnya steatosis
  • Gangguan aliran darah ke liver
  • Jaringan liver rusak karena zat kimia dan mineral, atau karena pertumbuhan sel yang abnormal seperti pada kasus kanker

Untuk lebih jelasnya mengenai apa saja penyebab sakit liver, mari kita bahas satu per satu …

1. Penyalahgunaan Alkohol

Alkohol dapat meracuni sel hati dan menyebabkan radang hati. Pada penyalahgunaan alkohol yang bersifat kronis (berlangsung lama) maka akan terjadi akumulasi lemak di dalam hati sehingga menurunkan fungsi liver itu sendiri. Kasus penyalahgunaan alkohol sebagai penyebab sakit liver lebih banyak dialami oleh warga Amerika karena pengaruh gaya hidup di sana.

Bila hal ini dibiarkan maka akan terbentuk sirosis yaitu tahap akhir dari penyakit hati dengan terbentuknya parut dan pengerasan jaringan. Sirosis dapat menyebabkan hilangnya fungsi sel liver sehingga dapat memicu terjadinya gagal hati. Bila sudah terjadi sirosis maka akan bersifat permanen dan kondisi hati tidak dapat dikembalikan ke semula.

2. Penggunaan Obat dan Terpapar Toksin

Sel hati dapat mengalami peradangan secara temporer maupun permanen bila terpapar pengobatan atau obat-obatan. Untuk menjadi penyebab sakit liver biasanya diperlukan dosis tinggi namun untuk beberapa kasus ada obat yang memiliki efek samping merusak hati pada dosis yang diresepkan.

Obat pereda nyeri seperti asetaminofen / paracetamol dapat merusak hati dan bila dikonsumsi secara terus menerus dapat menjadi penyebab sakit liver.

Selain itu obat-obatan yang mengandung statin (digunakan untuk mengontrol kadar kolesterol) dapat pula menjadi penyebab sakit liver karena pada dosis yang diresepkan pun mungkin dapat menyebabkan radang hati. Cara mengatasi efek samping obat ini biasanya dengan menghentikan pengobatan.

Contoh obat lain yang berfungsi untuk mengontrol kadar kolesterol adalah niasin namun jenis obat ini baru dapat menyebabkan radang hati tergantung dosis yang digunakan.

Selain obat yang disebutkan di atas masih ada obat-obatan lain yang dapat memicu terjadinya radang hati dan menjadi penyebab sakit liver seperti antibiotik (nitrofurantoin, amoxicillin, asam klavulanat, tetrasiklin, dan isoniazid), metotreksat (obat untuk mengatasi penyakit auto imun dan kanker), dan disulfiram (untuk mengobati kencanduan alkohol).

Baca juga:   Ciri-Ciri HIV Pada Pria dan Gejala AIDS Pada Pria

Selain obat-obatan kimia yang disebutkan di atas, ternyata beberapa produk herbal dan konsumsi vitamin berlebihan pun dapat menjadi penyebab penyakit liver. Beberapa tanaman jamur pun dapat meracuni hati dan bahkan mematikan karena mengandung alfatoksin.

3. Penyebab Sakit Liver Karena Infeksi Hepatitis

Hepatitis adalah radang hati yang disebabkan oleh infeksi virus. Hepatitis merupakan penyebab sakit liver yang umum terjadi di Indonesia dan negara-negara berkembang lainnya.

Hepatitis A merupakan penyakit hati yang disebabkan infeksi virus yang penyebarannya melalui “fecal oral” yaitu makanan dan minuman yang dikonsumsi terkontaminasi kotoran dari feses yang mengandung virus tsb. Penyebab sakit liver ini dapat dihindari dengan imunisasi selain membudayakan hidup bersih.

Hepatitis B merupakan penyakti hati yang disebabkan infeksi virus karena tubuh terpapar cairan tubuh (misalnya jarum suntik dari pengguna obat terlarang, darah terkontaminasi, dan hubungan intim). Penyebab sakit liver ini dapat dihindari dengan vaksinasi selain melakukan gaya hidup sehat dan bersih.

Hepatitis C dapat menjadi penyebab sakit liver kronik. Seperti halnya hepatitis B, hepatitis C pun dapat menular karena terkena cairan tubuh (seperti melalui jarum suntik, darah terkontaminasi, dan hubungan intim). Hepatitis C kronik dapat menjadi penyebab sakit liver siroris dan kanker hati.

Hepatitis D adalah penyakit infeksi hati yang baru dapat muncul bila penderita mengalami hepatitis B. Virus ini menyebar melalui paparan cairan tubuh (melalui jarum suntik dari pengguna obat terlarang, darah terkontaminasi, dan hubungan intim).

Hepatitis E adalah penyakit infeksi hati yang disebabkan oleh virus yang disebarkan melalui makanan dan air yang terkontaminasi.

4. Infeksi Lainnya

Selain infeksi virus hepatitis, ada jenis virus lain yang dapat menjadi penyebab sakit liver seperti infeksi mononucleosis (virus Epstein Barr), adenovirus, dan sitomegalovirus.

Pada kasus yang jarang, infeksi non-virus seperti toksoplasmosis dan Rocky Mountain juga dapat menjadi penyebab sakit liver.

5. Penumpukan Lemak Hati Bukan Karena Alkohol

Selain pada pengguna alkohol, penumpukan lemak hati dapat saja terjadi pada pengguna non-alkohol dan menjadi penyebab sakit liver seperti pada orang yang kegemukan.

6. Gangguan Genetik

Berikut ini adalah beberapa gangguan genetik yang dapat menjadi penyebab sakit liver yaitu:

  • Hemokromatosis yaitu gangguan metabolisme yang dapat memicu penumpukan zat besi di dalam tubuh. Kelebihan zat besi ini dapat tersimpan di hati, pankreas, dan jantung dan dapat menjadi penyebab sakit liver seperti radang hati, sirosis, kanker hati, dan gagal hati.
  • Penyakit Wilson yaitu gangguan metabolisme sehingga tembaga terakumulasi di dalam hati dan memicu terjadinya sirosis dan gagal hati.
  • Penyakit Gilbert yaitu gangguan metabolisme bilirubin di dalam hati.

7. Kanker

Penyebab sakit liver lainnya adalah adanya kanker hati. Ada 2 jenis kanker yang dapat terjadi pada organ liver yaitu kanker primer (muncul pada sel hati seperti kanker hepatoselular dan colangio) dan kanker metastatik (sel kanker muncul pada organ lain kemudian menyebar ke sel hati melalui aliran darah).

8. Gangguan Pada Aliran Darah

Beberapa gangguan pada aliran darah dapat menjadi penyebab sakit liver, di antaranya adalah:

  • Sindrom Budd Chiari yaitu terjadinya gumpalan darah yang terbentuk pada vena hepatic sehingga mencegah aliran darah keluar dari hati. Penyebab sindrom ini adalah polisitemia (peningkatan jumlah sel darah normal secara abnormal), penyakit radang usus, dan kehamilan.
  • Gagal jantung kongestif dapat menyebabkan pembengkakan dan peradangan pada hati.

9. Gangguan Pada Aliran Empedu

Pada kasus normal, empedu akan mengalir dari hati menuju kandung empedu dan kemudian usus untuk membantu pencernaan makanan. Saat aliran empedu ini terhambat maka dapat menjadi penyebab sakit liver. Yang paling umum adalah terbentuk batu empedu yang menghambat aliran empedu tsb.

Begitu pula bila terjadi gangguan saluran empedu menuju usus halus maka akan menyebabkan aliran empedu tsb abnormal.

Itulah beberapa penyebab sakit liver yang perlu diketahui. Intinya biasakanlah gaya hidup sehat dan bersih sekarang juga. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
www.medicinenet.com/liver_disease/article.htm www.medicinenet.com/liver_anatomy_and_function/article.htm image credit: dietdoctor.com, healthcare.utah.edu