Cara Deteksi Penyakit Melalui Lidah, Yuk Kenali Warna Lidah Anda!

kandungan nutrisi sayuran buncis

Cara Deteksi Penyakit Melalui Lidah – Pernahkah Anda bercermin dan melihat lidah Anda? Tahukah Anda ternyata warna lidah dan tanda-tanda yang muncul pada lidah dapat menunjukkan adanya gangguan lidah dan bahkan gangguan pada kondisi kesehatan Anda?

Tak hanya deteksi penyakit lewat mata ataupun mengenali penyakit lewat warna urin, ternyata Anda pun dapat mendeteksi penyakit dengan melihat kondisi lidah Anda.

Warna dan bentuk lidah yang normal seperti biasanya tidaklah perlu dikhawatirkan, namun bagaimana bila Anda mendapati ada benjolan, lapisan, luka, atau warna lidah yang tak seperti biasanya? Anda mungkin merasa was-was dan ingin mengetahui penyebab gangguan lidah tsb.

Untuk mengetahui jawabannya, yuk ikuti ulasan Dunia Kesehatan mengenai cara deteksi penyakit melalui lidah berikut ini ..

Cara Deteksi Penyakit Melalui Lidah
image: hypothyroidmom.com

Cara Deteksi Penyakit Melalui Lidah Yang Perlu Diketahui

Berikut ini apa yang dikatakan lidah tentang kondisi kesehatan Anda ..

Cara Deteksi Penyakit Melalui Lidah #1: Jika Lidah Berwarna Merah Stroberi

Lidah yang berwarna merah stroberi merupakan tanda-tanda kekurangan vitamin. Lidah berwana merah terang yang cerah merupakan gejala kekurangan vitamin B12 atau kekurangan zat besi. Kedua zat nutrisi ini diperlukan untuk mendewasakan papilla pada lidah. Papilla adalah rambut-rambut / titik-titik pada lidah yang berfungsi sebagai reseptor / perasa.

Nah bila seseorang terkena defesiensi kedua zat tsb maka lidah akan terlihat lebih lembut tanpa papilla.

Pada kasus yang parah, papilla dapat hilang sama sekali sehingga lidah nampak botak. Akibatnya bila orang tsb memakan makanan panas atau makanan pedas akan merasakan nyeri.

Kekurangan vitamin B12 dan mengalami lidah berwarna merah stroberi biasanya diderita oleh vegetarian karena vitamin B12 kebanyakan bersumber dari daging. Selain itu, kekurangan vitamin juga berkaitan dengan penyakit otoimun pada saluran pencernaan dimana lambung tidak mampu menyerap vitamin.

Cara Deteksi Penyakit Melalui Lidah #2: Jika Lidah Berwarna Coklat atau Kehitaman

Bila Anda mendapati lidah seperti ini, artinya kebersihan lidah, mulut dan gigi tidak terjaga dengan baik. Biasanya lidah tertutupi rambut gelap disebabkan oleh kebiasaan merokok, minum kopi, teh hitam, dan kebersihan gigi yang tidak baik. Untuk mengembalikan kondisi lidah normal kembali, silahkan hindari kebiasaan tsb.

Baca juga:   Apa Saja Penyebab Kegemukan dan Bagaimana Cara Mengatasi Obesitas?

Cara Deteksi Penyakit Melalui Lidah #3: Jika Lidah Berwarna Putih

Penyebab warna putih pada lidah adalah infeksi jamur. Kondisi penyakit ini bernama oral thrush yaitu sebuah jenis penyakit infeksi jamur yang disebabkan oleh banyaknya produksi candida, menyebabkan gangguan dan rasa nyeri pada lidah.

Kondisi ini sering berkaitan dengan penggunaan antibiotik yang kurang tepat. Oral thrush juga dapat disebabkan oleh lemahnya sistem kekebalan tubuh dan penyakit otoimun. Berbeda dengan jenis infeksi jamur lainnya seperti sariawan, penyakit thrush tidak dapat diobati dengan obat yang dijual bebas di pasaran. Cara terbaik untuk mengatasi thrush adalah segeralah periksakan diri pada dokter.

Cara Deteksi Penyakit Melalui Lidah #4: Jika Lidah Keriput

Munculnya keriput pada lidah menunjukkan bahwa seseorang semakin tua. Adanya retakan pada lidah biasanya tidak berbahaya namun bila Anda tak bisa menjaga kebersihan mulut dan gigi maka akan berisiko terjadinya infeksi. Bila sudah terjadi infeksi maka akan menyebabkan rasa nyeri, bau dan kadang-kadang rasa terbakar. Untuk mencegah infeksi yang terjadi, sikat gigi secara teratur, jaga kesehatan mulut dan gigi, serta minum air yang cukup.

Cara Deteksi Penyakit Melalui Lidah #5: Jika Ada Benjolan Putih Kecil Pada Lidah

Kondisi ini menunjukkan adanya iritasi pada mulut. Lapisan putih yang tidak berasa nyeri disebut juga sebagai leukoplakia disebabkan oleh pertumbuhan sel yang berlebih. Jika orang tsb perokok, biasanya sebanyak 5-17% lapisan tsb akan berkembang menjadi kanker.

Jika orang tsb bukanlah perokok maka lapisan putih tsb dapat terjadi karena lidah bergesekan dengan gigi. Namun bila lapisan putih tsb tidak hilang dalam 1-2 minggu segera periksakan diri ke dokter gigi.

Cara Deteksi Penyakit Melalu Lidah #6: Jika Ada Benjolan Merah Pada Lidah

Kondisi ini dapat menjadi tanda-tanda kanker lidah ataupun sariawan. Namun bila benjolan merah tsb tidak hilang dalam 2 minggu maka Anda sebaiknya curiga bila itu merupakan gejala kanker lidah.

Kanker lidah dan mulut selain dapat disebabkan oleh rokok, dapat juga disebabkan oleh virus HPV.

Cara Deteksi Penyakit Melalui Lidah #7: Jika Lidah Terasa Terbakar

Kondisi ini dapat disebabkan karena Anda mengalami postmenopause (bila wanita) atau menggunakan pasta gigi yang salah. Salah satu kandungan odol yaitu sodium lauril sulfat dapat menyebabkan lidah terasa terbakar. Untuk mengatasinya, gantilah pasta gigi Anda. Namun bila kondisi tidak membaik sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Cara Deteksi Penyakit Melalui Lidah #8: Jika Lidah Bergelombang

Ini merupakan kondisi normal dan tidak memerlukan penanganan khusus. Namun bila lidah Anda terasa nyeri segerlah periksakan ke dokter.

Cara Deteksi Penyakit Melalui Lidah #9: Jika Lidah Luka dan Nyeri

Ini dapat berarti Anda sedang stress sehingga mengalami sariawan. Sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 2 minggu.

Bila luka tsb muncul juga di bibir, sebaiknya hati-hati karena bisa jadi ini adalah tanda-tanda herpes mulut.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara deteksi penyakit melalui lidah dan mengenali tanda-tanda gangguan lidah, silahkan lihat gambar berikut ini ..

Cara Deteksi Penyakit Melalui Lidah
Cara Deteksi Penyakit Melalui Lidah

Itulah informasi seputar cara deteksi penyakit melalui lidah dan bagaimana cara mengenali gejala gangguan lidah. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
www.rd.com/health/conditions/tongue-disease-signs/