Walaupun buah namnam memiliki bentuk yang aneh namun buah ini mengandung berbagai nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan.

Kanker Lidah merupakan salah satu jenis penyakit kanker mulut. Seperti halnya penyakit kanker lainnya, kangker lidah juga terjadi saat sel pada organ lidah tumbuh dan membelah di luar kendali atau terjadi tumor lidah.Bila Anda seringkali terkena sariawan yang tak kunjung sembuh, sebaiknya Anda hati-hati karena bisa jadi lidah Anda sudah terkena kanker.

Sebetulnya ada dua jenis kanker yang dapat terjadi pada lidah. Kanker yang terjadi pada 2/3 bagian depan lidah inilah yang disebut kanker lidah. Sementara kanker yang terjadi pada 1/3 bagian belakang lidah lebih disebut sebagai jenis kanker kepala dan leher. Kangker lidah juga biasanya terjadi pada permukaan lidah.

Jenis kanker lidah ini sebetulnya jarang terjadi dibandingkan jenis kanker lainnya. Kebanyakan orang menderita penyakit ini saat berusia senja. Sendangkan kasus kangker lidah pada anak-anak jarang terjadi.

Untuk mengetahui penyebab, gejala, dan cara mengatasi kanker lidah, yuk simak ulasan Dunia Kesehatan berikut ini …

Gejala Kanker Lidah
image: encognitive.com

Penyebab Kanker Lidah

HPV (Human Papilloma Virus) yang seringkali menyebabkan infeksi penyakit menular seksual, menyebabkan kanker serviks, ternyata dapat menjadi penyebab kanker lidah juga. Virus ini disebarkan melalui hubungan seksual.

Selain HPV, ada beberapa faktor lainnya yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker ataupun tumor lidah, yaitu:

Gejala Kanker Lidah

Gejala kanker lidah sangat mirip dengan gejala jenis kanker mulut lainnya. Banyak orang yang menyangka terkena kangker lidah saat merasakan demam yang tak kunjung pergi yang disertai nyeri mulut yang terus-menerus.

Tanda-tanda kanker lidah yang paling umum terjadi adanya benjolan pada lidah yang berwarna merah muda hingga kemerahan dengan rasa nyeri yang tak kunjung hilang. Gejala kangker lidah inilah yg sering dikenali sebagai sariawan. Benjolan tsb bila disentuh ataupun digigit dapat berdarah.

Berikut ini adalah tanda-tanda kanker lidah lainnya, yaiitu:

  • Sariawan yang tak kunjung sembuh
  • Nyeri lidah atau nyeri rahang terus menerus
  • Adanya penebalan atau benjolan pada lidah
  • Ada lapisan putih atau merah pada gusi, lidah, tonsil ataupun lapisan mulut lainnya
  • Sakit tenggorokan atau merasa ada yang menghalangi tenggorokan Anda yang tak kunjung hilang
  • Kesulitan menelan atau mengunyah
  • Kesulitan menggerakan rahang atau lidah
  • Perubahan suara menjadi serak
Baca juga:   Penyebab, Cara Mencegah, dan Cara Mengobati HIV / AIDS

Gejala kanker lidah di atas memang mirip dengan jenis kanker mulut lainnya. Oleh karena itu bila Anda mendapati tanda-tanda kanker seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya periksakan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Jenis kanker yang terjadi pada pangkal lidah mungkin memberikan gejala yang tidak Anda sadari. Biasanya gejala kanker lidah tsb dapat diketahui saat pemeriksaan gigi oleh dokter.

Cara Diagnosa Kangker Lidah

Untuk memastikan penyakit kanker yang diderita, setelah menanyakan gejala yang muncul maka dokter akan melakukan pemeriksaan mulut. Dokter biasanya akan merekomendasikan tes pengujian menggunakan X-ray atau CT scan (computerized tomography). Selain itu dokter pun akan melakukan biopsi dengan mengambil contoh jaringan di dalam lidah / mulut.

Terapi Pengobatan Kanker Lidah

Pengobatan kanker akan sangat tergantung dimana letak tumor lidah tsb dan seberapa besar ukurannya.

  • Operasi sering dipilih dan sampai saat ini merupakan cara terbaik untuk menghilangkan tumor lidah di bagian depan. Dokter pun akan mengambil beberapa jaringan sehat dan jaringan dekat kelenjar getah bening untuk memastikan semua sel kanker telah hilang / bersih.
  • Terapi radiasi seperti sinar X atau radiasi lainnya seringkali digunakan untuk menghilangkan tumor lidah di bagian belakang. Kombinasi antara kemoterapi atau obat anti kanker tertarget dengan dengan radiasi seringkali dipilih sebagai obat kanker lidah terbaik.

Selain itu, setelah terapi pengobatan kanker dilakukan, Anda pun memerlukan terapi pengobatan lainnya untuk membantu memulihkan kondisi lidah Anda sehingga Anda mampu menguyah, menggerakan lidah, menelan, dan berbicara lebih baik lagi.

Untuk mencegah kangker lidah muncul kembali, sebaiknya lakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur.

Cara Mencegah Kanker Lidah

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi untuk mencegah kanker pada lidah, yaitu:

  • Vaksinasi HPV
  • Gunakan kondom lateks bila pasangan Anda terinfeksi HPV saat berhubungan intim
  • Jangan merokok
  • Jangan minum alkohol
  • Rawatlah kesehatan gigi dan gusi
  • Jika Anda menggunakan gigi palsu, pastikan gunakan dengan benar

Itulah beberapa informasi seputar penyebab, gejala, cara diagnosa, cara mencegah, dan terapi obat kanker lidah. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda …

Sumber Referensi:
www.webmd.com/cancer/tongue-cancer-facts#1; www.cancercenter.com/oral-cancer/types/tab/tongue-cancer/