Anda Punya Tanda-Tanda Kehamilan Awal Ini? Mungkin Anda Hamil!

Tanda-Tanda Kehamilan AwalKehamilan mungkin adalah suatu momen yang ditunggu-tunggu oleh pasangan yang sudah menikah. Namun ada juga yang merasa was-was takut hamil karena merasa belum siap. Anda pun bertanya-tanya apakah saya hamil?

Walaupun satu-satunya cara mengetahui seseorang hamil atau tidak adalah tes kehamilan namun sebetulnya Anda pun dapat memperkirakannya dari tanda-tanda kehamilan awal.

Gejala awal kehamilan bukan hanya mual dan muntah saja loh namun masih ada ciri-ciri kehamilan lainnya yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui kehamilan.

Tanda-Tanda Kehamilan Awal Yang Perlu Diketahui

Gejala awal kehamilan pada setiap wanita adalah berbeda-beda begitu pula ciri-ciri kehamilan awal yang Anda alami di kehamilan pertama pun mungkin berbeda dengan gejala kehamilan di kehamilan berikutnya.

Banyak juga wanita yang tak menyadari tanda-tanda kehamilan awal ini karena gejala yang muncul mirip sekali dengan gejala yang muncul sebelum dan selama menstruasi atau yang dikenal sebagai PMS (pre menstrual syndrome)

Oke langsung saja, pada kesempatan kali ini Dunia Kesehatan akan membahas mengenai gejala kehamilan awal yang umum terjadi. Namun perlu diketahui, ciri-ciri kehamilan tsb dapat pula disebabkan oleh kondisi kesehatan lainnya. Jadi untuk memastikan kehamilan itu sendiri masih diperlukan tes kehamilan yang lebih akurat.

tanda-tanda kehamilan awal
Tanda-Tanda Kehamilan Awal Perlu Dipastikan Dengan Tes Kehamilan (image: bubhub.com.au)

Gejala Awal Kehamilan #1: Telat Datang Bulan

Bila Anda merasa terlambat bulan setelah melakukan hubungan suami istri maka sebaiknya Anda curiga bahwa mungkin Anda hamil. Walaupun tidak semua telat haid ini disebabkan oleh kehamilan, namun sebaiknya bila Anda mengalami tanda-tanda awal kehamilan ini segera melakukan tes kehamilan.

Tanda-Tanda Kehamilan Awal #2: Mual

Mual dan muntah atau yang lebih dikenal dengan istilah “morning sickness” merupakan salah satu gejala kehamilan yang paling umum. Sehingga setiap ada pasangan yang baru menikah dan menunjukkan gejala tsb maka orang terdekat selalu menyangka hamil.

Penyebab mual dan ingin muntah sendiri belum diketahui secara pasti namun hormon yang mempengaruhi kehamilan pun ikut berperan dalam gejala kehamilan yang satu ini. Rasa mual selama kehamilan dapat saja terjadi kapan pun namun lebih sering terjadi di pagi hari, itulah kenapa diberi istilah “morning sickness” yang artinya sakit di pagi hari.

Pada tanda-tanda kehamilan awal ini, wanita hamil mengalami “ngidam” yang artinya menginginkan sesuatu makanan biasanya sih yang asam-asam.

Perlu Anda ketahui, ciri-ciri kehamilan ini tidak selalu dialami oleh setiap wanita hamil dan biasanya gejala kehamilan ini akan berkurang pada kehamilan minggu ke-13 atau ke-14. Walaupun demikian pastikan Anda menjaga asupan nutrisi yang penting untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan Anda.

Baca juga:   Berbagai Cara Mengetahui Jenis Kelamin Janin dalam Kandungan Ibu Hamil

Ciri-Ciri Awal Kehamilan #3: Kram dan Bercak Darah

Setelah beberapa hari terjadinya pembuahan (bersatunya sel sperma dan sel telur) maka sel telur akan menempel di dinding rahim yang dapat menyebabkan timbulnya bercak darah dan kadang disertai kram / nyeri perut sebelah kiri bawah pada wanita.

Tanda-tanda kehamilan awal ini dikenal juga dengan istilah “pendarahan implantasi” yang terjadi pada hari ke 6-12 hari setelah terjadinya pembuahan.

Kram yang muncul sebagai gejala kehamilan ini sangat mirip dengan kram / sakit perut saat menstruasi sehingga banyak wanita yang menyangka adanya bercak darah dan kram tsb adalah gejala menstruasi awal.

Selain munculnya bercak darah, beberapa wanita hamil pun mendapati cairan putih susu / keputihan sebagai tanda-tanda awal kehamilan. Cairan putih ini muncul karena terjadinya penebalan dinding v4gina yang terjadi setelah pembuahan.

Keputihan sebagai gejala kehamilan ini dapat terus berlangsung pada masa kehamilan, tidak berbahaya dan tidak memerlukan penanganan khusus. Namun dalam kasus tertentu bila keputihan ini disertai rasa terbakar dan gatal sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan karena bisa jadi Anda mengalami infeksi jamur atau infeksi bakteri.

Tanda-Tanda Kehamilan Awal #4: Perubahan Payudara

Perubahan hormon reproduksi yang cepat setelah pembuahan akan membuat payudara membengkak, nyeri dan lebih sensitive selama 1-2 minggu kemudian. Bagian areola (area yang mengelilingi puting susu) pun menjadi lebih gelap.

Perubahan pada payudara ini bisa jadi buka tanda-tanda kehamilan awal. Untuk membedakannya, bila perubahan payudara ini merupakan ciri-ciri awal kehamilan maka akan diperlukan beberapa minggu sampai nyerinya pun mereda. Rasa nyeri di payudara yang tak kunjung hilang dan bahkan memarah patut Anda curigai sebagai tanda-tanda kanker payudara.

Oh ya sebagai wanita, Anda pun sebaiknya waspada akan gejala kanker pada wanita.

Tanda-Tanda Kehamilan Awal #5: Kelelahan

Kelelahan merupakan gejala kehamilan yang normal. Wanita hamil biasanya akan merasa lelah setidaknya 1 minggu setelah hamil. Alasannya karena tingginya hormon progesterone selain rendahnya kadar gula darah, tekanan darah rendah, dan meningkatnya produksi darah.

Bila Anda merasa lelah sebagai ciri-ciri kehamilan maka penting sekali bagi Anda untuk istirahat yang cukup serta memperbanyak asupan makanan yang mengandung protein dan zat besi.

Gejala Awal Kehamilan #6: Sering Buang Air Kecil

Merasa ingin sering kencing pun merupakan ciri-ciri kehamilan yang biasanya terjadi pada minggu ke 6-8 setelah pembuahan. Penyebab sering buang air kecil sebetulnya bermacam-macam, bisa karena perubahan hormon saat kehamilan, infeksi saluran kemih, diabetes, atau karena menggunakan diuretik.

Tanda-Tanda Kehamilan Awal #7: Sulit Buang Air Besar

Tingginya hormon progesteron saat hamil dapat menyebabkan terjadinya konstipasi / sembelit. Ini juga lah yang menyebabkan sakit perut bagian bawah saat hamil. Untuk mengatasi gejala kehamilan ini, minumlah banyak air, olahraga, dan perbanyak makanan kaya serat.

Tanda-Tanda Kehamilan Awal #8: Perubahan Emosi Secara Cepat

Ini merupakan gejala kehamilan yang umum terjadi terutama pada trimester pertama. Perubahan mood ini pun disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi saat kehamilan.

Ciri-Ciri Kehamilan Awal #9: Sakit Kepala, Sakit Punggung, Pusing, dan Pingsan

Banyak juga ibu hamil yang mengalami gejala kehamilan seperti sakit kepala dan sakit punggung kronis. Sementara rasa pusing dan pingsan disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah, turunnya tekanan darah dan gula darah.

Itulah 9 tanda-tanda kehamilan awal yang perlu Anda ketahui. Bila Anda mengalami gejala kehamilan di atas, segera lalukan tes kehamilan untuk memastikannya. Selain itu Anda pun perlu waspada bila gejala di atas dirasakan berlebihan dan mengganggu aktivitas sebaiknya waspadai sebagai tanda kehamilan bahaya. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
www.webmd.com/baby/guide/pregnancy-am-i-pregnant