Gejala Awal HIV 3 Bulan Pertama Pada Wanita dan Pria Yang Perlu Diketahui

Buah kolang-kaling merupakan sumber nutrisi yang kaya akan manfaat kesehatan, seperti menyehatkan pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan kulit.

Gejala Awal HIV Pada Wanita dan Pria – Dengan maraknya pergaulan bebas dan penggunaan narkoba, Anda mungkin waswas apakah Anda, teman atau pasangan Anda terkena HIV / AIDS. Gejala awal infeksi HIV perlu Anda ketahui karena deteksi dini penyakit infeksi virus ini dapat membantu penanganan yang cepat untuk pengendalian penyebaran virus dan memperlambat perkembangan penyakit menjadi AIDS.

Perlu Anda ketahui penyakit HIV berbeda dengan penyakit AIDS, oleh karena itu ciri ciri penyakit HIV awal bukan menunjukkan gejala awal penyakit AIDS. Untuk lebih memahami apa itu perbedaannya, silahkan baca: Pengertian HIV / AIDS dan Sejarahnya.

Gejala HIV seringkali tidak disadari karena sangat mirip orang terkena flu biasa. Ini juga yang menjadi penyebab mungkin Anda tak mengenali bila sebetulnya Anda hidup dekat dengan ODHA (orang dengan HIV / AIDS)? Lalu bagaimana gejala ODHA ataupun ciri psk sehat? Mengenali ciri-ciri seseorang terkena HIV bukan berarti untuk mengucilkan ODHA ya karena penularan HIV itu khusus, jadi selama Anda bergaul dengan tepat maka Anda tak perlu takut tertular juga.

Karena pentingnya mengenali ciri ciri HIV yang muncul, maka pada kesempatan kali ini, Dunia Kesehatan akan mengajak pembaca semua untuk mengenali ciri-ciri awal HIV di setiap fasenya, berapa lama masa infeksi HIV, dan apakah yang akan terjadi bila seseorang terinfeksi virus HIV?

Apa Saja Gejala Awal HIV Pada Wanita dan Pria Yang Dapat Muncul?

Ciri-ciri awal penyakit HIV sangat mirip dengan gejala flu. Gejala awal infeksi HIV tsb meliputi:

Nah karena tanda-tanda awal HIV sangat mirip dengan flu, banyak penderita awalnya tak menyadari bila telah terinfeksi HIV.

Gejala awal HIV pada wanita berbeda dengan gejala awal penyakit HIV pada pria. Pada wanita, tanda-tanda awal HIV akan meliputi infeksi jamur v4gina (seperti keputihan) yang menjadi lebih sering dan lebih parah.

gejala awal hiv
Gejala awal HIV muncul mirip flu (image: verywell.com)

Mengenal Tanda-Tanda HIV di Tiap Fase Perkembangan Infeksinya

Gejala HIV yang muncul akan berbeda-beda tergantung pada fase perkembangan infeksinya itu sendiri. Stadium awal infeksi HIV dikenal sebagai infeksi HIV primer atau infeksi HIV akut. Stadium awal HIV ini dikenal juga sebagai sindrom retroviral akut (SRA / ARS – Acute Retroviral Syndrome). Nah apa saja ciri-ciri HIV stadium awal ini?

Pada stadium awal HIV ini, penderita akan sulit menyadari bila sudah terinfeksi HIV karena gejala awal HIV yang muncul sangat mirip sekali dengan gejala flu atau gejala infeksi saluran pernapasan ataupun saluran pencernaan.

Baca juga:   Keputihan: Jenis, Penyebab, Ciri-Ciri, dan Cara Mengatasi Keputihan

Fase stadium infeksi HIV berikutnya adalah fase latensi dimana tidak ada gejala HIV yang muncul walaupun virus di dalam tubuh penderita terus tumbuh dan berkembang. Lama waktu stadium HIV latensi ini dapat terjadi hingga 10 tahun.

Sementara pada fase stadium akhir HIV, gejala HIV yang muncul sangat parah, dimana sistem imun penderita telah lemah sekali dan penderita pun sangat mudah terkena penyakit infeksi lainnya. Gejala AIDS yang muncul diantaranya adalah mual, muntah-muntah, lemas, dan demam akan semakin terlihat jelas.

Kapan Gejala Awal HIV Muncul? Berapa Lama Masa Infeksi HIV?

Ciri-ciri awal HIV biasanya muncul dalam waktu 1-2 bulan setelah seseorang terinfeksi virus tsb. Ada pula yang menyebutkan bahwa tanda-tanda awal HIV dapat muncul lebih awal yaitu dalam waktu 2 minggu dan selambatnya 2 bulan setelah kontak darah dengan penderita HIV / AIDS.

Namun pada beberapa kasus, ada juga penderita yang tidak mengalami gejala awal infeksi HIV tsb.

Jadi sebaiknya lakukan pemeriksaan bila Anda curiga telah melakukan kontak darah / cairan tubuh dengan penderita untuk memastikan apakah Anda positif HIV atau tidak.

Apakah Yang Akan Terjadi Bila Seseorang Terinfeksi Virus HIV / HIV Positif?

Saat Anda mengalami gejala awal HIV dan dinyatakan positif HIV saat pemeriksaan darah, itu artinya Anda sudah memiliki virus di dalam tubuh Anda sejak pertama kali terinfeksi yang dapat menulari orang lain.

Bersikap bijak untuk menjaga diri untuk tidak menulari orang lain merupakan bentuk kepedulian Anda dalam mencegah penyebaran penyakit menular ini di muka bumi.

Saat Anda mengalami gejala awal HIV, penting sekali diketahui bahwa tak hanya HIV saja yang membuat Anda merasakan sakit / nyeri. Kebanyakan gejala HIV muncul karena adanya infeksi mikroorganisme lain yang memanfaatkan lemahnya sistem imun selain HIV itu sendiri.

Saat sistem kekebalan tubuh tsb melemah dan tidak diperbaiki maka mikroorganisme tsb dapat menyerang tubuh Anda dan menyebabkan infeksi lainnya. Oleh karena itu walaupun pada beberapa kasus penderita tidak mengalami gejala HIV namun saat infeksi tsb berkembang menjadi AIDS maka pasien akan langsung merasakan gejala HIV / AIDS yang parah.

Penutup

Gejala awal HIV dapat muncul seperti gejala flu namun dapat pula tidak muncul sama sekali. Gejala awal penyakit HIV dapat muncul dalam waktu 2 minggu hingga 3 bulan setelah seseorang terinfeksi HIV.

Untuk memastikan apakah gejala awal HIV tsb menunjukkan Anda positif HIV atau tidak maka diperlukan pemeriksaan HIV. Meskipun banyak orang yang merasa takut melakukan pemeriksaan HIV namun pemeriksan ini sangat penting dilakukan apalagi bila Anda merasa / curiga telah melakukan kontak darah / cairan tubuh dengan penderita HIV / AIDS.

Bila Anda mengalami gejala awal penyakit HIV dan / atau positif HIV sebaiknya jaga diri dan berusaha untuk tidak menulari orang lain.

Nah itulah informasi seputar gejala awal HIV baik pada wanita maupun pria dalam waktu 2 minggu hingga 3 bulan setelah seseorang terinfeksi HIV. Semoga informasi ciri-ciri awal HIV tsb dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Sumber Referensi:
www.healthline.com/health-slideshow/early-signs-hiv-infection www.medicalnewstoday.com/articles/315928.php