Khasiat dan Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Beserta Kandungan Nutrisinya

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan – Siapa yang tak tahu buah pepaya? Buah ini memang termasuk buah yang populer di negara kita karena memang asli tanaman tropis. Penggunaanya buah nya pun tak hanya dikonsumsi langsung begitu saja, tapi juga sering dimanfaatkan untuk dijus, disayur, dirujak, bahkan dibuat manisan,

Banyak orang sudah mengetahui khasiat buah pepaya untuk melancarkan pencernaan. Namun tahukah Anda ternyata masih banyak manfaat buah pepaya untuk kesehatan lainnya?

khasiat dan manfaat buah pepaya untuk kesehatan tubuh
image credit: marthasbest.com

Beberapa manfaat kesehatan dari mengkonsumsi buah pepaya yang paling mungkin adalah menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, kanker, melancarkan sistem pencernaan, membantu pengendalian kadar gula darah pada penderita diabetes, menurunkan tekanan darah, dan membantu mempercepat penyembuhan luka.

Para ahli sangat yakin bahwa mengkonsumsi aneka buah-buahan dan sayuran sangat berkaitan dengan peningkatan kondisi kesehatan. Demikian pula dengan manfaat buah pepaya untuk kesehatan juga sudah dilakukan beberapa penelitian. Beberapa diantaranya adalah menurunkan risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, menyehatkan rambut, dan meningkatkan energi. Yuk kita bahas satu per satu …

Kandungan Nutrisi Buah Pepaya

Sebelum Sehat Plus membahas mengenai manfaat buah pepaya untuk kesehatan, yuk kita lihat dulu apa saja kandungan gizi buah pepaya ini.

Dalam sebuah pepaya berukuran sedang mengandung sekitar 120 kalori, 30g karbohidrat (termasuk 5g serat dan 18g gula) dan 2g protein.

Pepaya sangat kaya vitamin C, dalam buah ukuran sedang mengandung sekitar 224% dari kebutuhan harian vitamin C. Selain itu pepaya juga merupakan sumber folat, vitamin A, magnesium, tembaga, asam pantotent, dan serat yang baik.

Buah pepaya juga mengandung vitamin B, alfa & beta karoten, lutein, zeaxantan, vitamin E, kalsium, kalium, vitamin K, dan antioksidan likopen.

Untuk kandungan nutrisi buah pepaya lebih lengkapnya silahkan lihat di gambar bawah ini:

kandungan nutrisi buah pepaya
image source: wikipedia.com

Aneka Khasiat Buah Pepaya

Berdasarkan kandungan gizinya, berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang dapat Anda peroleh dengan mengkonsumsi buah pepaya:

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Mata

Pepaya mengandung zeaxanthin yaitu sebuah antioksidan yang dapat menyaring paparan sinar biru yang berbahaya dan melindungi mata dari kerusakan mata karena usia.

Khasiat Buah Pepaya Untuk Mencegah Asma

Risiko terjadinya asma akan lebih kecil pada orang-orang yang sering mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi tertentu. Salah satu nutrisi yang penting untuk pencegahan asma adalah antioksidan betakaroten yang banyak terkandung pada buah pepaya, apricot, brokoli, melon, labu kuning, dan wortel.

Kegunaan Buah Pepaya Untuk Mencegah Kanker

Antioksidan betakaroten yang ada dalam buah pepaya tak hanya baik untuk pencegahan asma namun pula memiliki dampak yang sangat baik dalam menurunkan risiko perkembangan kanker usus.

Baca juga:   Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan dan Kecantikan, Fakta atau Mitos?

Bahkan menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard pada sekelompok pria muda, memakan makanan yang kaya betakaroten juga akan membantu melindungi orang tsb dari kanker prostat.

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tulang

Salah satu penyebab rapuh dan terkikisnya tulang adalah kurangnya konsumsi vitamin K. Mengkonsumsi vitamin K yang cukup sangat penting untuk kesehatan tulang dengan cara mengubah protein tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan menurunkan pembungan kalsium melalui urin. Kabar baiknya buah pepaya kaya akan vitamin K loh.

Khasiat Buah Pepaya Untuk Diabetes

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 1 yang mengkonsumsi makanan kaya serat dapat menurunkan kadar gula darah sementara pada penderita diabetes tipe 2 dapat membantu memperbaiki kadar gula darah, lemak, dan kadar insulin. Kabar baiknya pepaya termasuk buah yang kaya serat.

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Pencernaan

Buah pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu sistem pencernaan. Enzim ini dapat membantu melunakkan serat daging.

Selain itu kandungan air dan serat dalam buah pepaya dapat membantu mencegah konstipasi / sembelit / susah buang air besar dan membantu menyehatkan saluran pencernaan.

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Jantung

Kandungan serat, kalium, dan vitamin di dalam buah pepaya dapat membantu melindungi jantung terkena penyakit. Salah satu cara untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular adalah mengganti asupan natrium dengan asupan kalium.

Khasiat Buah Pepaya Untuk Mengurangi Peradangan

Buah pepaya mengandung kolin, yaitu sebuah zat penting yang dapat membantu tubuh kita untuk tidur, pergerakan otot, belajar, dan daya ingat. Kolin juga membantu menjaga struktur membrane sel, membantu transmisi impuls saraf, membantu absorpsi lemak, dan menurunkan peradangan kronis.

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Kulit dan Penyembuhan Luka

Para peneliti mempercayai bahwa kandungan enzim proteolitik simopapain dalam buah pepaya sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan mempercepat penyembuhan luka. Gunakan daging buah pepaya yang telah dihaluskan pada kulit yang terluka atau terbakar untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah infeksi.

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Rambut

Buah pepaya pun sangat baik untuk kesehatan rambut karena mengandung vitamin A yaitu sebuah nutrisi penting yang diperlukan dalam produksi sebum yang dapat menjaga kelembaban rambut. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

Selain itu kandungan vitamin C dalam buah pepaya pun dapat membantu pembentukan dan menjaga kolagen, yaitu sebuah zat yang membentuk struktur kulit dan rambut.

Cara Mengkonsumsi Buah Pepaya

Untuk mendapatkan buah pepaya yang enak, pilihlah buah yang segar dengan warna kulit oranye kemerahan dan saat disentuh terasa empuk. Anda dapat mengkonsumsi buah pepaya ini secara langsung. Selain daging buahnya, biji pepaya pun sebetulnya dapat saja dikonsumsi namun rasanya memang pahit.

Bila Anda ingin mendapatkan manfaat buah pepaya untuk kesehatan seperti di atas tanpa rasa bosan, Anda tentu saja dapat mengkombinasikannya misalnya membuat salad dari buah pepaya, nanas, dan mangga.

Memasukan potongan pepaya ke dalam segelas air lemon, es teh, ataupun air akan memberikan rasa segar buah yang enak. Silahkan gunakan kreasi Anda …

Adakah Risiko Kesehatan Karena Mengkonsumsi Buah Pepaya?

Walaupun manfaat buah pepaya untuk kesehatan tubuh sangat banyak namun bukan berarti Anda harus memakannya setiap hari sepanjang hari. Akan jauh lebih baik bila Anda selalu memakan variasi buah-buahan dan sayuran.

Mengkonsumsi buah pepaya sebaiknya dihindari bagi Anda yang memiliki alergi lateks karena akan memberikan reaksi alergi yang sama karena kandungan sitanases dalam pepaya.

Itulah beberapa informasi kandungan nutrisi buah pepaya, khasiat buah pepaya, manfaat buah pepaya untuk kesehatan, cara mengkonsumsinya, dan risiko kesehatan yang mungkin timbul. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
http://www.medicalnewstoday.com/articles/275517.php, wikipedia.org, marthasbest.com