Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil – Saat kehamilan merupakan saat-saat yang penting untuk tumbuh kembang anak. Bila Anda menginginkan bayi dan anak yang sehat dan normal, jagalah kehamilan Anda dengan memberikan asupan makanan yang bergizi.

Salah satu cara menyediakan makanan yang bergizi untuk sang buah hati adalah dengan mengkonsumsi buah alpukat saat kehamilan. Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil tak perlu diragukan lagi karena memang buah ini kaya akan mineral, antioksidan, serat, dan vitamin.

Saat kehamilan dan menyusui, Anda akan disarankan untuk mengkonsumsi makanan berkalori dan ini dapat Anda peroleh dengan menambahkan alpukat pada menu makan Anda. Selain itu manfaat buah alpukat untuk ibu hamil lainnya adalah meredakan gejala “morning sickness”.

Bila artikel sebelumnya mengulas tentang Khasiat dan Kegunaan Buah Naga Untuk Ibu Hamil, maka sekarang saatnya Sehat Plus mengulas aneka manfaat mengkonsumsi buah alpukat saat kehamilan di bawah ini …

manfaat buah alpukat untuk ibu hamil
image: 123countries.com

Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil

Terdapat banyak manfaat kesehatan yang dapat Anda peroleh saat mengkonsumsi buah alpukat selama kehamilan, yaitu …

Khasiat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil #1: Sumber Asam Folat

Buah alpukat sangat kaya asam folat, dalam ½ cangkir irisan buah alpukat mengandung 59mcg asam folat.

Sperti yang Anda ketahui, asam folat sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan organ pada janin. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan kecacatan pada janin. Asam folat pun dapat mencegah komplikasi terjadinya depresi, kelesuan, anemia, insomnia, mood yang berubah-ubah, dan preeklamsia.

Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil #2: Mengandung Kalsium

Buah alpukat juga mengandung kalsium. Sementara saat kehamilan, kebutuhan asupan kalsium akan naik berkali lipat. Mengkonsumsi buah alpukat dapat menambah kalsium untuk mencukupi kebutuhan kalsium saat kehamilan.

Baca juga:   Fakta Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Serta Kandungan Nutrisinya

Kegunaan Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil #3: Kaya Vitamin

Buah alpukat pun kaya akan vitamin seperti vitamin C, E, K, B1, B2, dan B6 yang sangat penting untuk kesehatan ibu hamil dan pertumbuhan janinnya. Bila Anda sering mengalami mual-mual dan muntah-muntah sebagai gejala “morning sickness” saat kehamilan, Anda pun dapat mencoba mengkonsumsi buah ini untuk meredakan gejalanya loh.

Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil #4: Mencegah Anemia

Salah satu penyebab anemia adalah kekurangan zat besi. Untungnya, buah alpukat kaya akan zat besi. Untuk memenuhi asupan zat besi pada masa kehamilan, Anda dapat menambahkan beberapa iris buah alpukat dalam menu harian Anda.

Khasiat Buah Alpukat Pada Kehamilan #5: Melancarkan Pencernaan

Salah satu gangguan yang muncul saat kehamilan adalah gangguan perut seperti konstipasi (susah buang air besar). Buah alpukat mengandung banyak serat yang dapat membantu saluran pencernaan dalam mencerna makanan.

Manfaat Buah Alpukat Pada Ibu Hamil #6: Sumber Lemak “Yang Baik”

Penambahan berat badan memang diperlukan saat kehamilan namun bukan berarti Anda dapat mengkonsumsi jenis makanan apapun seperti makanan “junk food” yang tidak sehat. Kabar baiknya, buah alpukat mengandung banyak kalori dan lemak tak jenuh yang merupakan lemak baik untuk menambah berat badan secara sehat.

Lemak juga diperlukan untuk perkembangan struktur sel tubuh pada bayi Anda.

Manfaat Kesehatan Mengkonsumsi Buah Alpukat Saat Hamil #7: Membantu Penyerapan Nutrisi

Buah alpukat tak hanya bergizi namun juga membantu penyerapan nutrisi dari sumber makanan lainnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi buah alpukat dapat membantu meningkatkan penyerapan karotenoid dalam tubuh. Karotenoid sangat baik untuk kesehatan mata dan bersifat sebagai antioksidan juga.

Manfaat Buah Alpukat Pada Ibu Hamil #8: Kaya akan Mineral

Buah alpukah juga mengandung fosfor, kalsium, magnesium, zat besi, dan niasin yang sangat penting untuk menjaga kesehatan selama masa kehamilan.

Manfaat Buah Alpukat Pada Ibu Hamil #9: Perkembangan Otak Bayi

Secangkir daging buah alpukat mengandung 22 mg kolin yaitu suatu zat yang berfungsi membantu perkembangan otak dan sistem saraf pada bayi Anda.

Manfaat Buah Alpukat Pada Ibu Hamil #10: Meringankan Kram Kaki

Kram kaki seringkali terjadi pada ibu hamil. Jika Anda mengalami hal yang sama, Anda dapat mengkonsumsi buah alpukat untuk meringankannya. Hal ini dimungkinkan karena buah alpukat mengandung kalium yang dapat meringankan kram.

Manfaat Buah Alpukat Pada Ibu Hamil #11: Menyeimbangkan Kadar Kolesterol dan Gula Darah

Salah satu manfaat mengkonsumsi buah alpukat adalah menjaga kadar kolesterol darah tetap rendah dan kadar gula darah tetap stabil.

Perhatian dan Risiko Kesehatan Mengkonsumsi Buah Alpukat Selama Masa Kehamilan

Anda sudah mengetahui bahwa buah alpukat sangat baik dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Namun pertanyaannya, apakah aman bila buah ini dikonsumsi saat hamil?

Walaupun manfaat buah alpukat untuk ibu hamil sangat banyak namun sebaiknya mengkonsumsi buah ini dihindari bila Anda memiliki reaksi alergi terhadap buah alpukat itu sendiri.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari buah alpukat pada masa kehamilan yang optimal sebaiknya konsumsi buah alpukat yang segar, cucilah buah sebelum dikonsumsi, jangan mengkonsumsi buah ini secara berlebihan. Jangan lupa mengkonsumsi jenis buah lain untuk meningkatkan variasi dan mendapatkan manfaat kesehatan yang tidak diberikan oleh buah ini.

Itulah informasi seputar manfaat buah alpukat untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat ..

Sumber Referensi:
www.momjunction.com/articles/reasons-eat-avocadoes-pregnancy_0085824/