Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Buah melon kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan – Buah mangga termasuk salah satu buah yang cukup populer di Indonesia. Banyak sekali varian buah mangga yang dikenal memiliki rasa yang manis dan enak, salah satunya adalah mangga harumanis. Bahkan Indramayu menjadi salah satu daerah di Indonesia yang terkenal karena produksi buah mangganya.

Buah mangga mengandung lebih dari 20 vitamin dan mineral dan karena kandungan gizi nya lah terdapat banyak kemungkinan manfaat buah mangga untuk kesehatan yang dapat kita peroleh dengan mengkonsumsinya.

Beberapa manfaat kesehatan dari buah mangga yang mungkin Anda peroleh diantaranya adalah menurunkan risiko kerusakan mata karena faktor usia, menurunkan risiko kanker usus, melancarkan sistem pencernaan, baik untuk kesehatan tulang, kesehatan kulit dan rambut.

Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti manfaat buah mangga untuk kesehatan lengkap dengan kandungan nutrisinya yang akan diulas oleh Dunia Kesehatan berikut ini.

manfaat buah mangga untuk kesehatan
Buah Mangga (image: onehdwallpaper.com)

Kandungan Gizi Buah Mangga

Sebelum mengetahui aneka manfaat buah mangga bagi kesehatan, yuk kita kenali dulu kandungan nutrisi dalam buah mangga ini.

Dalam secangkir mangga yang diiris dadu mengandung 100 kalori, 1 g protein, ½ g lemak, 25 g karbohidrat (termasuk 23g gula dan 3g serat), 100% kebutuhan harian vitamin C, 35% kebutuhan harian vitamin A, 20% kebutuhan harian folat, 10% kebutuhan harian vitamin B6, serta 8% kebutuhan harian vitamin K dan kalium.

Mangga juga mengandung tembaga, kalsium, zat besi, juga antioksidan zeaxantin dan beta karoten.

Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat kandungan gizi buah mangga menurut USDA:

kandungan gizi dan manfaat buah mangga untuk kesehatan
image: ndb.nal.usda.gov

Beberapa Kemungkinan Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

Seperti yang telah Anda ketahui, mengkonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran telah terbukti menurunkan segala jenis risiko gangguan kesehatan.

Mengkonsumsi makanan yang berasal dari tanaman seperti mangga dapat menurunkan risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan meningkatkan energi.

Manfaat Kesehatan Dari Buah Mangga #1: Kesehatan Mata

Kandungan antioksidan zeaxantin yang terdapat pada mangga dapat menyaring cahaya biru yang berbahaya untuk mata. Antioksidan inipun dapat menjaga kesehatan mata dan melindunginya dari kerusakan mata karena faktor usia.

Baca juga:   Buah Belimbing: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan #2: Mencegah Asma

Risiko terjadinya asma dapat menurun pada orang-orang yang mengkonsumsi nutrisi tertentu. Salah satu nutrisi yang berperan adalah beta karoten yang terdapat pada buah mangga, papaya, apricot, wortel, labu kuning, dan melon.

Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan #3: Mencegah Kanker

Makanan yang kaya beta karoten dapat menjaga tubuh dari serangan radikal bebas penyebab kanker prostat.

Berdasarkan hasil penelitian juga, kandungan polifenol dapat pula melindungi tubuh dari serangan kanker payudara dan kanker usus.

Khasiat Buah Mangga Untuk Kesehatan #4: Tulang

Asupan makanan yang rendah vitamin K sangat berkaitan dengan tinggi nya risiko kerapuhan tulang. Asupan vitamin K yang cukup dapat diperoleh dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran seperti mangga. Salah satu fungsi vitamin K adalah meningkatkan penyerapan kalsium untuk kesehatan tulang.

Kegunaan Buah Mangga Untuk Kesehatan #5: Diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 1 yang mengkonsumsi makanan tinggi serat memiliki kadar gula darah yang lebih rendah sementara pada penderita diabetes tipe 2, makanan kaya serat seperti buah mangga dapat memperbaiki kadar gula darah, kadar lemak, dan kadar insulin.

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan #6: Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat dan air dalam buah mangga dapat mencegah konstipasi (susah buang air besar), melancarkan, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Manfaat Kesehatan Buah Mangga #7: Penyakit Jantung

Kandungan serat, kalium, dan vitamin di dalam buah mangga dapat melindungi tubuh terkena penyakit jantung. Risiko terjadinya penyakit jantung dapat diturunkan dengan meningkatkan asupan makanan yang mengandung kalium seperti yang terkandung dalam buah mangga.

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan #8: Kesehatan Kulit dan Rambut

Buah mangga juga sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut karena kandungan vitamin A nya. Vitamin A diperlukan untuk memproduksi sebum yaitu suatu senyawa yang menjaga kelembaban rambut. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

Selain kandungan vitamin A nya, mangga pun merupakan sumber vitamin C yang baik. Vitamin C diperlukan untuk pengembangan dan menjaga kolagen yaitu suatu senyawa yang dapat membentuk struktur kulit dan rambut.

Cara Memilih Buah Mangga Yang Segar dan Berkualitas Baik

Kandungan gizi buah mangga yang optimal dapat diperoleh dari buah yang berkualitas baik, segar, dan matang. Untuk mengetahui buah mangga matang atau belum, tidak dapat ditentukan hanya dengan melihat warna kulitnya saja. Untuk memastikannya cobalah menekan buahnya bila terasa lunak berarti sudah matang. Hindari memilih mangga yang pada kulitnya terdapat banyak bintik hitam.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengkonsumsi buah mangga dan mendapatkan aneka manfaat kesehatan dari buah mangga. Anda dapat memakan langsung daging buahnya, membuat jus ataupun salad. Daging buah mangga akan terasa lebih enak bila disajikan dingin.

Walaupun terdapat banyak manfaat buah mangga untuk kesehatan namun akan jauh lebih baik bila Anda mengkonsumsi buah-buahan dengan variasi menu setiap harinya.

Itulah beberapa informasi seputar kandungan gizi buah mangga dan manfaat buah mangga untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat ..

Sumber Referensi:
www.medicalnewstoday.com/articles/275921.php