Rajin Memakan Seledri Ternyata Bisa Memberikan 9 Manfaat Kesehatan Menakjubkan

Manfaat Memakan Seledri – Bagi anda yang benci dengan sayuran dengan aroma khas ini, cobalah sekali-kali memaksakan diri untuk memakannya, terlebih ketika anda memiliki penyakit tertentu. Karena seledri yang juga memiliki nama ilmiah Apium gaveolens ini merupakan salah satu sumber antioksidan yang sangat baik sekaligus memiliki enzim yang bermanfaat. Ditambah lagi dengan kandungan luar biasanya dimulai dari vitamin K, vitamin C, kalium, folat, hingga vitamin B6.

Digunakan sebagai obat anti-hipertensi semenjak ratusan tahun yang lalu, daun seledri terus membuktikan kemampuannya dalam mengobati berbagai macam penyakit kardiovaskular. Menurut sebuah studi farmakologi baru-baru ini menyebutkan bahwa seledri juga berhasil menunjukkan aktivitas antioksidan dan anti-radang dimana nantinya bisa membantu memperbaiki tekanan darah dan kadar kolesterol dalam tubuh.

Anda juga masih bisa menemukan serat makanan dalam sayuran seledri, artinya bisa membantu anda yang tengah berusaha menurunkan berat badan dan ingin meningkatkan laju pencernaan anda.

Nah apa saja kandungan nutrisi dalam daun seledri? dan apa saja manfaat memakan seledri bagi kesehatan tubuh? Yuk ikuti ulasan Sehat Plus berikut ini ..

Manfaat Memakan Seledri Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Memakan Seledri Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan Gizi Daun Seledri

Untuk lebih jelasnya, dalam satu cangkir seledri yang telah dicincang mengandung kadar nutrisi sebagai berikut:

  • 16 kalori
  • 0 lemak
  • 1 gram protein
  • 5 gram serat
  • 5 mg vitamin K (37%)
  • 36 mg folat (9%)
  • 22 mg vitamin A (9%)
  • 263 mg kalium (8%)
  • 1 mg vitamin C (5%)
  • 40 mg kalsium (4%)
  • 0,08 mg vitamin B6 (4%)

Tentu saja, dari sekian banyaknya nutrisi penting yang ditawarkan, anda bisa menuai berbagai macam manfaat kesehatan dengan hanya mengkonsumsi seledri setiap hari.

Manfaat Kesehatan Memakan Seledri

Dimulai dari kolesterol hingga kanker, berikut adalah manfaat kesehatan yang bisa anda dapatkan dari memakan daun seledri.

Membantu Mengurangi Kadar Kolesterol Tinggi

Salah satu manfaat memakan seledri yang bisa Anda petik adalah kemampuannya dalam mengurangi kolesterol sehingga membuatnya menjadi jenis daun yang ampuh dalam menjaga kesehatan jantung.

Daun seledri mengandung senyawa unik yang disebut dengan 3-n-butylphthalide (BuPh) yang sebelumnya telah dilaporkan memiliki sifat mengurangi lipid.

Menurunkan Peradangan

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa seledri mengandung antioksidan dan polisakarida yang telah dikenal mampu bertindak sebagai anti peradangan, terutama antioksidan jenis flavonoid dan polifenol. Kedua antioksidan ini mendukung kesehatan anda secara keseluruhan dengan cara melawan kerusakan akibat radikal bebas atau stres oksidatif yang mengarah ke peradangan.

Sementara itu, peradangan sendiri sering kali berkontribusi terhadap penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, arthritis, dan masih banyak lagi.

Para peneliti bahkan telah meneliti lebih dari selusin tipe antioksidan yang terdapat dalam seledri, termasuk asam fenolik seperti caffeic dan ferulat, ditambah lagi dengan flavaol seperti quecetin. Oleh karena alasan inilah, memakan seledri sangatlah bermanfaat dalam mengobati berbagai macam kondisi yang diperburuk oleh peradangan, seperti nyeri sendi, asam urat, infeksi ginjal dan hati, gangguan kulit, sindrom iritasi usus, dan infeksi saluran kemih.

Membantu Mencegah dan Mengobati Tekanan Darah Tinggi

Ekstrak biji seledri memiliki sifat anti-hipertensi yang bisa membantu mengurangi tekanan darah tinggi, yaitu salah satu faktor resiko yang bisa membuat anda terkena penyakit jantung koroner. Tidak berhenti sampai di sana, manfaat dari biji seledri juga berperan aktif dalam membantu mengatur tingkat tekanan darah tinggi kronis.

Manfaat penurunan darah tinggi itu sendiri berasal dari bijinya, yang mana mengandung heksanik, metanol, dan etanol berair yang mampu memperbaiki sirkulasi, mengurangi peradangan, serta membantu mengatur tekanan darah anda secara keseluruhan.

Membantu Mencegah Ulkus

Mungkin ini salah satu manfaat memakan seledri yang masih belum diketahui banyak orang. Tetapi seledri memang bisa mencegah atau mengurangi pembentukan ulkus yang menyakitkan. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Pharmateutical Biology di tahun 2010 menemukan bahwa daun seledri mengandung jenis ekstrak etanol spesial yang berguna untuk melindungi lapisan saluran pencernaan dari ulkus.

Baca juga:   Sayuran Sawi: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

Para peneliti juga percaya bahwa memakan seledri dapat memelihara perut dan usus karena hadirnya zat kimia seperti flavonoid, tanin, minyak atsiri, dan alkaloid yang mengatur kadar tingkat pelepasan asam lambung sekaligus meningkatkan kadar tingkat lendir pelindung dalam perut.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Seperti yang sudah dituliskan di kandungan nutrisi di atas bahwa seledri sangatlah rendah akan kalori dan bisa menjadi makanan yang sangat berharga untuk membantu anda mengurangi berat badan karena kemampuannya dalam menyediakan nutrisi penting dan mengatur metabolisme lipid.

Salah satu manfaat utama dari daun ini adalah kaya akan nutrisi, yang berarti juga bisa menyediakan anda antioksidan, elektrolit, vitamin, dan mineral seperti vitamin C, vitamin B, dan kalium yang bermanfaat untuk usaha penurunan berat badan anda.

Meningkatkan Pencernaan dan Mengurangi Kembung

Kembali ke biji seledri yang juga mengandung sejenis minyak yang dikenal dengan NBP, dimana memiliki efek diuretik dan membantu tubuh untuk proses detoksifikasi. Tentu saja, manfaat seledri terhadap saluran pencernaan anda datang dari efek diuretik yang dimilikinya, dimana bisa berefek pada menurunnya tekanan darah anda.

Selain itu kandungan seratnya pun menyebabkan salah satu manfaat memakan seledri adalah menjaga kesehatan pencernaan Anda.

Mengandung Sifat Anti-mikroba Yang Melawan Infeksi

Biji seledri sendiri telah digunakan semenjak berabad-abad silam sebagai obat herbal dengan efek anti bakteri yang dimilikinya. Sebuah laporan yang dipublikasikan di Journal of Pharmacy and Pharmacology di tahun 2009 menunjukkan bahwa seledri mengandung komponen anti-mikroba khusus yang terdapat tepat di dalam biji tanaman tersebut.

Ketika seledri tersebut bertemu dengan bakteri berbahaya penyebab infeksi dalam tubuh manusia, maka seledri tersebut langsung bekerja dalam memerangi dan mengurangi pertumbuhan bakteri itu sendiri. Dengan kata lain, seledri juga bisa digunakan sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh alami dan pelawan infeksi akibat serangan bakteri di dalam tubuh seseorang.

Membantu Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Karena pada dasarnya seledri mampu membantu mengurangi asam urat dan menstimulasi produksi urin, maka sayuran ini pun sangatlah bermanfaat dalam melawan infeksi bakteri di saluran pencernaan dan organ reproduksi anda.

Mirip seperti cranberry yang telah dikenal mampu melawan infeksi saluran kemih (UTI – urinary tract infections), manfaat memakan seledri juga mampu melawan jenis penyakit tersebut hingga mencegah anda terkena penyakit lainnya seperti gangguan kandung kemih, penyakit ginjal, dan kista pada organ reproduksi anda.

Membantu Menjaga Anda Dari Kanker

Mungkin ini bisa menjadi salah satu manfaat daun seledri yang dicari banyak orang. Sama halnya seperti keluarga tanaman yang melindungi anda dari kanker – termasuk wortel, adas, dan peterseli – daun seledri juga mengandung senyawa pelindung yang disebut sebagai polyacetylenes.

Penelitian awal bahkan telah menunjukkan bahwa polyacetylenes tersebut bisa membantu mengurangi toksisitas dan melawan pembentukan kanker secara bersamaan, terutama kanker payudara, kanker usus, dan leukimia.

Selain itu, poyacetylenes juga memiliki banyak sekali efek pendorong sistem kekebalan tubuh seseorang, dimulai dari kemampuannya dalam melawan tumor hingga menghentikan sel-sel yang bermutasi dari proliferasi.

Menurut sebuah fakultas dari Department of Agricultural Scienes di Aarhus University Denmark menyebutkan bahwa polyacetylenes telah menunjukkan banyak sekali bioaktivitas yang sangat menarik termasuk anti-radang, sitotoksik, aktivitas anti-tumor, hingga aktivitasnya dalam melawan bakteri dan mycoplasma.

Nah itulah informasi seputar manfaat memakan seledri dan kandungan gizinya. Dengan adanya manfaat kesehatan dari daun seledri ini sudah sepatutnya Anda mulai menyukai untuk mengkonsumsinya. Semoga bermanfaat ..