Khasiat dan Manfaat Kolang Kaling Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Khasiat dan Manfaat Kolang Kaling – Siapa yang tak kenal buah kolang kaling atau dikenal dengan istilah buah atap, cangkaleng ataupun caruluk ini? Ya buah berwarna putih dengan rasa kenyal ini semakin populer saat Ramadahan tiba karena banyak sajian takjil (makanan pembuka puasa) yang menggunakan buah ini sebagai bahannya seperti kolak, es teler, sop buah, ataupun manisan.

Ternyata di balik rasanya yang enak, buah kolang kaling ini menyimpan banyak manfaat kesehatan maupun untuk kecantikan tubuh. Khasiat buah kolang kaling ini ternyata berasal dari kandungan nutrisinya.

Nah apa saja kandungan gizi buah kolang kaling dan apa saja manfaat kolang kaling bagi kesehatan tubuh? Yuk ikuti ulasan Dunia Kesehatan berikut ini ..

pohon buah kolang kaling
pohon buah kolang kaling

Kandungan Nutrisi Buah Kolang Kaling

Buah kolang kaling sebetulnya adalah buah dari biji aren (arenga pinnata). Buah ini ternyata memiliki kandungan nutrisi beragam yang diperlukan oleh tubuh.

Dalam 100 gram buah kolang kaling mengandung:

  • 27 kkal kalori
  • 6g karbohidrat
  • 0,4g protein
  • 0,2g lemak
  • 243mg fosfor
  • 91mg kalsium
  • 0,5mg zat besi
  • 1,6g serat
khasiat dan manfaat kolang kaling
kegunaan dan khasiat kolang kaling

Manfaat Kolang Kaling Untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah beberapa khasiat makan buah kolang kaling bagi kesehatan, yaitu:

Buah Kolang Kaling Dapat Membantu Menjaga Kesehatan Usus

Kandaungan serat tidak larut dalam buah cangkaleng ini dipercayai dapat membantu melancarkan pencernaan dan mempercepat pembuangan zat sisa / racun tubuh dari dalam usus. Tentunya Anda sudah tahu apa saja akibat kurang serat untuk pencernaan Anda? Yap, salah satu manfaat kolang kaling adalah mencegah konstipasi / susah buang air besar serta dapat menurunkan risiko terjadinya kanker kolorektal.

Khasiat Makan Kolang Kaling Dapat Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium dalam buah caruluk ini diperlukan untuk menguatkan tulang. Nah bila Anda tak mau gemuk karena minum susu untuk mendapatkan asupan kalsium, tak ada salahnya bila Anda menjadikan buah kolang kaling ini sebagai alternatif sumber kalsium nabati yang sehat. Bayangkan kandungan kalsium dalam 100 gram buah kolang kaling adalah 91mg yang tak jauh berbeda dengan kandungan kalsium dalam 100 gram susu sapi yaitu sebanyak 125mg. Selain dapat memperkuat tulang, khasiat kolang kaling lainnya adalah menurunkan risiko osteoporosis.

Selain kandungan kalsiumnya, manfaat kolang kaling untuk kesehatan tulang juga didukung oleh adanya mineral fosfor di dalamnya. Beberapa manfaat fosfor selain memperkuat gigi dan tulang juga dapat memperbaiki dan menjaga sel jaringan tubuh berfungsi dengan baik seperti halnya menjaga ritme jantung tetap stabil.

Baca juga:   Sayuran Lobak: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

Manfaat Kolang Kaling Dapat Meningkatkan Stamina

Kandungan zat besi di dalam buah kolang kaling dapat membantu mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh, membantu pembentukan sel darah merah, mengatasi anemia karena defisiensi zat besi, dan mengatasi rasa lelah.

Buah Kolang Kaling Untuk Mengatasi Sakit Sendi

Pada tahun 2017 yang lalu sempat viral manfaat kolang kaling untuk lutut, ada beberapa testimoni yang menyatakan bahwa setelah makan cangkaleng secara rutin ternyata sakit sendi dan sakit pinggang nya perlahan membaik.

Manfaat kolang kaling untuk lutut dan radang sendi ini dimungkinkan karena buah cengkaleng ini ternyata memiliki zat galaktomanan yang dapat membantu meredakan hingga menyembuhkan penyakit pada radang sendi.

Untuk mendapatkan khasiat buah kolang kaling untuk menyembuhkan sakit lutut ini adalah dengan merebus 100 gram buah kolang-kaling tanpa gula dan tanpa pewarna, setelah itu konsumsilah secara rutin setiap hari

Manfaat Kolang Kaling Untuk Diet

Kandungan air dalam buah kolang kaling sangatlah tinggi yaitu mencapai 94% nya. Inilah yang menyebabkan setelah mengkonsumsi buah ini akan terasa segar. Selain itu kandungan kalorinya yang terbilang cukup minim namun memiliki kandungan serat dan gelatin yang cukup tinggi akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Ini artinya, Anda pun tidak akan berkeinginan untuk makan berlebih yang dapat menyebabkan kegemukan badan.

Bagaimana Cara Menggunakan Buah Kolang Kaling?

Untuk mendapatkan khasiat dan manfaat kolang kaling seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya Anda mengkonsumsi buah kolang-kaling dengan cara diolah dulu. Buah cangkaleng ini memiliki lendir yang dapat menyebabkan gatal pada kulit.

Agar rasanya tetap enak dan masih segar, sebaiknya pilih buah aren muda yang masih hijau segar. Bila Anda membelinya di pasar, pastikann buah kolang-kolang yang Anda beli masih muda dan segar, tidak berbau masam, serta tidak memiliki lendir berlebihan.

Sebelum merebusnya, sebaiknya cuci bersih buang cangkaleng tsb. Untuk menghilangkan lendir buah kolang kaling, Anda dapat merendamnya dengan air kapur atau air cucian beras. Setelah dicuci bersih, kemudian potong kolang kaling sesuai kebutuhan lalu rebus untuk menghilangkan kelebihan lendir agar lebih enak. Sekarang buah kolang kaling siap digunakan untuk berbagai aneka masakan, ataupun dimakan langsung.

Nah itulah beberapa khasiat dan manfaat kolang kaling bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui. Sekarang Anda pun tahu kan kenapa kolang kaling terasa menyegarkan dan dapat mengembalikan energi saat berbuka puasa. Semoga bermanfaat …