Pengertian HIV dan AIDS – Dalam kehidupan sehari-hari mungkin Anda sering mendengar kata HIV / AIDS dari berbagai macam media. Namun sebetulnya apa itu HIV dan apa itu AIDS? Apakah Anda tahu kepanjangan HIV dan kepanjangan dari AIDS?

Untuk menjawab pertanyaan Anda, maka pada kesempatan kali ini Sehat Plus akan mengupas tuntas pengertian HIV dan AIDS dan sejarah HIV AIDS hingga menyebar luas seperti sekarang ini.

Pengertian HIV / AIDS Yang Perlu Diketahui

Mungkin Anda sudah banyak mendengar banyaknya pengidap AIDS yang berujung pada kematian sehingga penyakit ini bagaikan momok yang sangat menakutkan. Lalu apa itu AIDS dan apa hubungannya dengan HIV?

pengertian hiv dan aids
Pengertian HIV dan AIDS

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak orang yang menyamakan pengertian HIV dan AIDS. Padahal seseorang yang terkena HIV belum tentu mengalami AIDS.

Pengertian HIV …

HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus yaitu suatu virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Virus ini menyerang sel CD4 (sel T) yaitu sel yang berperang dalam melawan infeksi.

Pengertian AIDS …

AIDS adalah singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome yaitu semua kumpulan gejala penyakit yang disebabkan oleh kekurangan sistem kekebalan tubuh.

Memahami Pengertian HIV dan AIDS …

Jadi menurut pengertian HIV dan AIDS di atas maka saat seseorang terkena HIV maka kemampuan tubuh orang tsb akan menurun sehingga tak mampu melawan aneka penyakit termasuk infeksi sehingga orang tsb akan mudah sekali terserang penyakit seperti flu, diare, TBC, sakit kulit, dll yang dapat mengakibatkan kematian. Nah kumpulan dari gejala-gejala penyakit yang diderita oleh orang yang terkena HIV inilah yang disebut sebagai AIDS. AIDS adalah stadium akhir dari perkembangan virus HIV di tubuh seseorang. Selain gejala-gejala tsb yang muncul, seseorang dapat dikatakan AIDS jika kadar sel CD4 nya < 200 sel/mm3.

Orang yang mengalami AIDS disebut juga dengan ODHA (Orang Dengan HIV / AIDS).

Agar penderita HIV ini tidak berkembang menjadi AIDS maka penting sekali bagi seseorang yang memiliki HIV positif untuk segera mendapatkan terapi pengobatan. Walaupun saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan penderita HIV namun terapi pengobatan sangat penting untuk menghambat perkembangan HIV di tubuh penderita sehingga penderita HIV masih dapat hidup sehat dalam waktu yang relatif lama.

Bagaimana apakah Anda sudah dapat menangkap pengertian HIV dan AIDS di atas? Bila belum mari kita lanjutkan ke stadium perjalanan HIV di tubuh manusia …

Stadium Perjalanan Virus HIV di Tubuh Manusia

Dalam pengertian HIV / AIDS di atas, sempat disinggung bahwa AIDS merupakan tahap akhir masa perjalanan virus HIV. Perjalanan virus ini di tubuh manusia terbagi dalam 4 tahap / stadium, yaitu:

Stadium 1 Perjalanan HIV: Tahap Awal

Saat virus HIV masuk ke tubuh manusia maka akan direspon oleh tubuh untuk pembentukan antibodi. Lama pembentukan antibodi tsb berlangsung pada umur 1-3 bulan dari masuknya virus dan bahkan ada juga yang memiliki periode jendela ini hingga 6 bulan. Periode jendela (window period) adalah lamanya waktu yang diperlukan oleh tubuh dari masuknya virus hingga tes antibodi HIV positif.

Baca juga:   Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Infeksi Kandung Kemih Yang Perlu Diketahui

Stadium 2 Perjalanan HIV: Asimptomatik (Tanpa Gejala)

Pada tahap ini, orang yang terserang HIV masih belum menunjukkan gejala-gejala dan masih dapat hidup normal hingga 5-10 tahun.

Stadium 3 Perjalanan HIV: Pembesaran Kelenjar Getah Bening

Pada tahap ini, ciri-ciri HIV yang utama adalah terjadi pembesaran kelenjar limfe secara merata dan berlangsung lebih dari 1 bulan.

Stadium 4 Perjalanan HIV: AIDS

Pada tahap ini, muncul gejala aneka macam penyakit baik penyakit saraf maupun infeksi sekunder.

Gejala yang umum terjadi pada penderita AIDS adalah demam berkepanjangan lebih dari 3 bulan, diare kronis yang terus berulang hingga lebih dari 1 bulan, dan penurunan berat badan lebih dari 10% dalam 3 bulan.

Gejala AIDS lainnya adalah batuk kronis, infeksi mulut dan tenggorokan, bercak gatal di seluruh tubuh, herpes zoster berulang, dan pembengkakan kelenjar limfe yang menetap.

Perjalanan HIV menuju AIDS dapat dipercepat bila penderita sudah tua, bayi, dan saat tertular HIV sudah menunjukkan gejala.

Dari stadium perjalanan HIV inilah maka pengertian AIDS adalah tahap air dari perkembangan virus HIV di tubuh manusia.

Cara Penularan HIV / AIDS Yang Perlu Diketahui

Agar Anda lebih memahami pengertian HIV / AIDS, berikut ini kita bahas juga cara penularan virus HIV.

Perlu Anda ketahui bahwa virus HIV termasuk jenis virus yang rapuh, hanya dapat hidup pada cairan tubuh (seperti darah, cairan dari organ reproduksi, dari anus, dan ASI), dan tidak mampu bertahan lama di luar tubuh manusia.

Virus HIV tidak akan menular melalui gigitan nyamuk, salaman, ciuman, berpelukan, ataupun tinggal serumah selama tidak ada kontak darah ataupun cairan tubuh lainnya seperti yang disebutkan di atas.

Sejarah HIV dan AIDS di Indonesia

Para peneliti meyakini asal mula datangnya HIV di dunia ini adalah dari virus yang berasal dari simpanse yang ada di Afrika Tengah yang kemudian menulari manusia dan bermutasi menjadi HIV saat pemburu tsb terkontaminasi darah simpanse yang mengandung virus tsb.

Penyakit infeksi HIV ditemukan pertama kali di Indonesia pada tahun 1987 di Bali. Dan sekarang penyebaran virus ini telah tersebar hingga seluruh provinsi di Indonesia dengan tingkat penyebaran tertinggi terdapat di provinsi Bali, Papua, dan Jakarta.

Hingga tahun 2013, setidaknya setiap 25 menit sekali terdapat satu orang yang terinfeksi baru HIV di Indonesia dan lebih parahnya penyebaran ini banyak terjadi pada usia muda di bawah 25 tahun. Bila penyebaran penyakit ini tidak segera dihentikan, sungguh akan menjadi kondisi yang sangat mengerikan di masa yang akan datang.

Ada 2 penyebab utama penyebaran HIV di Indonesia yaitu melalui penggunaan jarum suntik yang sama pada pengguna narkotika dan hubungan intim yang tidak aman.

Namun dengan giatnya aneka sosialisasi program cara mencegah HIV di berbagai media akhirnya jumlah penyebaran HIV ini pun mulai menurun. Dan kami harapkan juga setelah Anda memahami pengertian HIV / AIDS di atas maka Anda akan selalu mawas diri dan ikut andil dalam pencegahan penyebaran virus mematikan ini.

Itulah informasi seputar pengertian HIV / AIDS dan sejarah HIV AIDS. Dengan pengertian HIV dan AIDS di atas maka Anda dapat sudah dapat membedakan apa itu HIV dan apa itu AIDS. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
aids.gov/hiv-aids-basics/hiv-aids-101/what-is-hiv-aids/; aids.gov/hiv-aids-basics/; doktersehat.com/apa-itu-hiv-aids/;