Bibir Kering dan Pecah-Pecah? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah – Salah satu masalah yang sering dialami saat berpuasa adalah keringnya permukaan kulit termasuk bibir kering dan mengelupas. Hal ini cukup wajar, karena saat berpuasa seringkali mengalami dehidrasi karena kurangnya asupan cairan.

Biasanya, cara termudah mengatasi bibir kering pecah-pecah ini adalah menggunakan lip balm ataupun pelembap bibir. Walaupun demikian masih ada cara lainnya untuk menghilangkan bibir kering dan hitam ini yang mudah.

Anda tentunya sepakat bila bibir kering dan pecah-pecah mengganggu penampilan. Bila dibiarkan malah dapat mengganggu kesehatan dan bahkan kulit bibir Anda menjadi berdarah.

Banyak faktor penyebab bibir kering dan pecah-pecah, biasanya karena faktor cuaca, sering berada di ruangan ber AC, kebiasan buruk, atau mungkin karena kondisi penyakit tertentu.

Gambar Bibir Kering dan Pecah-Pecah (image: bhtips.com)

Apa Saja Penyebab Bibir Kering dan Pecah Pecah?

Saat terkena sinar matahari, angin ataupun udara dingin, kulit akan kehilangan kelembapannya termasuk di area bibir.

Kelembapan di area bibir akan lebih mudah hilang di bandingkan bagian kulit lainnya. Saat bibir kehilangan kelembapannya inilah maka kulit yang melapisi bibir akan kaku dan mudah pecah-pecah. Itulah sebabnya bila Anda berada di daerah berhawa dingin atau ada di ruangan AC terus menerus seringkali menyebabkan kulit cepat kering.

Karakter bibir memang berbeda dengan bagian kulit tubuh lainnya. Bibir tak memiliki pigmen melanin yang berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Selain itu lapisan pelindung kulit bibir lebih tipis 4-5 kali dibandingkan kulit wajah. Bibir pun tak memiliki kelenjar minyak yang dapat melumasi kulit dan menjaga agar kulit tetap lembap.

Berikut ini adalah penyebab bibir kering dan pecah pecah yang perlu diketahui:

  1. Kebiasaan Menjilat Bibir. Saat bibir terasa kering, mungkin secara sadar atau tak sadar, Anda menjilat bibir Anda dengan harapan agar bibir tidak kering dan bibir terlihat lembab. Namun ternyata ini adalah kebiasaan buruk penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Pasalnya dalam air ludah terkandung enzim yang berfungsi memecah zat gizi pada makanan. Nah enzim inilah yang akan membuat bibir Anda cepat kering.
  2. Kebiasaan Bernapas Lewat Mulut. Bila Anda yang senang bernapas lewat mulut sebaiknya mulai kurangi kebiasan ini, pasalnya bernapas melalui mulut justru akan membuat bibir kering. Oleh karena itu orang yang sedang pilek dengan hidung tersumbat, seringkali mengalami bibir kering, selain karena efek samping obat flu juga karena kebiasaan bernapas lewat mulut ini. Begitu pula orang yang sering merokok akan lebih mudah mengalami bibir kering dan hitam.
  3. Kurang Cairan. Kulit dan bibir kering merupakan salah satu pertanda tubuh sedang kekurangan cairan.
  4. Kurang Nutrisi. Penyebab bibir kering dan pecah-pecah lainnya adalah tubuh kekurangan asupan zat gizi. Kekurangan vitamin B seperti asam folat dan riboflavin juga dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembapannya. Sementara kekurangan vitamin E akan membuat kulit kehilangan keremajaannya yang ditandai dengan kulit kusam, kering, dan keriput.
  5. Sering Gonta-Ganti Lipstik. Ini juga kebiasaan para wanita yang sebaiknya dihindari. Sebaiknya kenali jenis lipstick yang cocok dengan jenis kulit dan penampilan Anda.

Bagaimana Cara Mencegah Serta Cara Mengatasi Bibir Kering dan Mengelupas?

Untuk membuat bibir tetap sehat, lembap, bibir merah merona, indah dan menarik, maka diperlukan perawatan bibir.

Perawatan bibir ini tidak harus dilakukan di salon / klinik kecantikan atau melakukan teknik sulam bibir, karena sebetulnya perawatan kulit bibir pun dapat dilakukan di rumah.

Berikut ini adalah cara mencegah supaya bibir tidak kering, yaitu:

  1. Hindari kebiasaan buruk penyebab bibir kering dan pecah-pecah seperti menjilat bibir, menggigit bibir, dan bernapas lewat mulut.
  2. Menjaga tubuh tetap terhidrasi yaitu dengan minum air secukupnya (sekitar 8 gelas sehari) atau ditambah dengan konsumsi buah yang mengandung banyak air seperti semangka, jambu air, jeruk, dll.
  3. Menggunakan lip balm atau pelembap bibir. Lip balm ini dapat melindungi kelembapan bibir dari paparan sinar matahari, angin, ataupun udara dingin / kering. Untuk mengurangi efek sinar matahari, sebaiknya pilih lip balm yang mengandung SPF / tabir surya.
  4. Gunakan lipstick yang cocok atau sesuai jenis kulit. Sebaiknya pilih jenis lipstick yang dapat menjaga kelembapan bibir dan hindari gonta-ganti lipstik. Anda pun dapat menggunakan pelembab bibir sebelum dan sesudah menggunakan lipstick.
  5. Gunakan kosmetik yang benar sesuai petunjuk penggunaan yaitu dengan menghindarkan penggunaan kosmetik seperti krim anti jerawat, masker, dan krim-krim lainnya pada daerah sekitar mulut dan mata.
  6. Gunakan petroleum jelly. Petroleum jelly bermanfaat menjaga kelembapan kulit dan membantu proses penyembuhan apabila terjadi luka pada kulit tersebut. Caranya cukup mudah, yaitu oleskan petroleum jelly pada bibir secara teratur.
  7. Hindari menarik-narik kulit bibir yang mengelupas karena justru dapat membuatnya berdarah. Untuk mengatasi kulit kering dan mengelupas, gunakan scrub bibir atau gunakan sikat gigi lembut lalu gosokkan pada bibir secara lembut dalam keadaan basah. Untuk membuat scrub bibir dapat mencampurkan madu / petroleum jelly dengan sedikit gula pasir.
  8. Hindari terlalu lama dalam ruangan ber-AC, bila tidak memungkinkan selalu gunakan pelembap untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah. Anda pun dapat menggunakan humidifier saat berada dalam ruangan ber-AC.
  9. Berhenti merokok, selain dapat menyebabkan bibir kering dan hitam, merokok pun sangat membahayakan kesehatan secara keseluruhan.
  10. Gunakan pelindung seperti masker, kain, atau syal saat beraktivitas di udara dingin atau berangin.
Baca juga:   Operasi Bedah Jantung: Tahapan, Risiko, dan Cara Pemulihannya

Nah lalu bagaimana bila kondisi bibir kering, gatal, dan mengelupas ini tidak juga membaik dalam beberapa hari?

Sebaiknya Anda periksakan diri ke dokter karena mungkin penyebab bibir kering dan pecah-pecah tsb adalah sesuatu yang memerlukan penanganan khusus.

Bagaimana Cara Melembapkan Bibir Kering Tanpa Lip Balm Secara Alami?

Bagi Anda yang menyukai hal-hal yang lebih alami tanpa ingin menggunakan kosmetik, atau Anda ingin mengetahui cara mengatasi bibir kering pada anak tanpa zat kimia, mungkin Anda bertanya adakah cara mengatasi bibir kering dan mengelupas tanpa lip balm? Jawabannya ada.

Berikut ini adalah cara alami menghilangkan bibir kering dan mengelupas secara alami:

  • Pastikan tetap terhidrasi. Saat bibir Anda terasa kering cobalah untuk minum lebih banyak atau coba konsumsi lebih banyak buah dan sayur yang mengandung banyak air. Secara ajaib, air tsb akan melembapkan bibir dan kulit yang kering. Bibir, rambut, dan kulit kering merupakan petanda kurangnya asupan cairan dalam tubuh Anda.
  • Jangan pernah menjilati bibir. Menjilati ataupun menggigit bibir justru dapat membuat bibir lebih kering, pecah-pecah dan mengelupas.
  • Gunakan pelembab bibir alami. Untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah sebaiknya gunakan pelembap bibir alami. Banyak bahan dan cara yang dapat digunakan untuk melembabkan bibir secara alami, misalnya dengan madu atau air teh hijau.

Bagaimana Cara Mengatasi Bibir Kering dengan Madu?

Siapa yang tak kenal madu? Zat yang dihasilkan oleh lebah ini memang memiliki rasa manis yang enak sehingga seringkali digunakan sebagai campuran dalam aneka olahan makanan dan minuman. Namun tak hanya sampai disitu, madu pun seringkali digunakan sebagai bahan obat maupun kosmetik.

Salah satu manfaat madu untuk bibir adalah dapat digunakan sebagai bahan perawatan alami untuk bibir dan pelembab bibir yang alami. Oleh karena itu tak heran bila sekarang banyak produk lip balm yang menggunakan madu sebagai bahan aktifnya.

cara mengatasi bibir kering dengan madu (image: beauty4ever.net)

Manfaat madu selain dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, dapat membuat warna bibir lebih merah, menutrisi bibir secara alami, dan melindungi bibir dari berbagai bakteri penyebab infeksi bibir.

Berikut cara membuat pelembab bibir dari bahan madu untuk mencegah dan mengatasi bibir kering, yaitu:

  • Pelembab Bibir dari Madu. Oleskan madu pada bibir secara merata kemudian biarkan beberapa saat sebelum akhirnya dibilas. Gunakan pelembab bibir madu alami ini secara rutin.
  • Pelembab Bibir dari Madu dan Lemon. Campurkan sedikit madu dengan perasan lemon kemudian oleskan pada bibir beberapa saat sebelum dibilas dengan air bersih. Madu akan melembapkan bibir kering sementara perasan lemon dapat mengelupas sel kulit mati. Hasilnya kulit lembab dan merah merona.
  • Scrub Bibir Madu Alami. Campurkan madu dan sedikit gula pasir lalu gosokkan secara lembut pada bibir Anda. Scrub ini akan membantu proses pengelupasan kulit mati secara lebih aman.

Untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat puasa, Anda dapat menggunakan pelembab madu ini sebelum tidur. Makan 3 sendok madu saat sahur juga baik untuk menjaga stamina Anda saat berpuasa.

Walaupun cara mengatasi bibir kering dengan madu ini terlihat aman-aman saja, namun jangan digunakan bila Anda memiliki riwayat alergi pada madu ataupun jangan digunakan untuk mengatasi bibir kering pada anak di bawah 1 tahun.

Nah itulah informasi seputar penyebab bibir kering dan pecah-pecah beserta cara mengatasinya. Semoga cara mencegah bibir kering dan mengelupas di atas dapat bermanfaat …