Penyebab Gatal Pada Kulit – Mungkin Anda sekarang sedang merasakan kulit Anda gatal-gatal. Penyebab kulit gatal atau bahasa kedokterannya pruritus ini bermacam-macam, mulai dari kulit kering, penyakit kulit, kehamilan, dan bisa jadi karena penyakit kanker.

Kulit gatal memang sangat mengganggu. Karena gatalnya ini kita seringkali tak tahan untuk menggaruknya hingga kulit lecet. Bila sudah begini malah akan membuat masalah kulit yang baru. Untuk itu pada kesempatan kali ini, Dunia Kesehatan akan mengajak Anda mengenali beberapa kemungkinan penyebab gatal pada kulit dan cara mengatasinya.

penyebab gatal pada kulit
image: netdoctor.co.uk

Beberapa Penyebab Gatal Pada Kulit

Setiap orang dapat saja mengalami pruritus atau penyakit gatal pada kulit tapi beberapa golongan kondisi berikut ini lebih mungkin mungkin mengalaminya yaitu orang yang mengalami alergi, penderita diabetes, penderita HIV / AIDS, orang hamil, dan orang lanjut usia.

Penyebab Gatal Pada Kulit #1: Kulit Kering

Jika Anda tidak melihat bagian yang lebih terang, benjolan merah, atau perubahan kulit lainnya di daerah yang gatal maka kemungkinan terbesar penyebab kulit gatal adalah kulit kering (xerosis). Kulit kering biasanya terjadi karena faktor cuaca seperti cuaca panas atau dinging dengan kelembaban rendah, pengunaan AC atau penggunaan pemanas ruangan dalam jangka panjang, atau terlalu banyak mandi. Untuk mengatasi kulit kering dapat dibantu dengan menggunakan pelembab kulit.

Penyebab Gatal Pada Kulit #2: Kondisi Kulit dan Ruam

Beberapa kondisi kulit seperti eksim (dermatitis), psoriasis, kudis, kutu air, cacar air sering ditandai dengan rasa gatal pada kulit. Rasa gatal ini biasanya hanya terjadi pada area tertentu dan diikuti tanda lainnya seperti bercak kemerahan, kulit yang teriritasi, atau munculnya benjolan atau lepuhan.

Penyebab Gatal Pada Kulit #3: Penyakit Dalam

Penyakit dalam seperti penyakit liver, penyakit celiac (yaitu tidak mampu mencerna gandum), gagal ginjal, anemia karena kekurangan zat besi, gangguan tiroid, dan kanker (seperti leukeumia dan limfoma) bisa jadi merupakan penyebab munculnya rasa gatal di kulit. Rasa gatal ini akan terjadi pada seluruh bagian tubuh dan tidak ada perubahan pada kulit apapun kecuali bila Anda menggaruknya.

Penyebab Gatal Pada Kulit #4: Gangguan Saraf

Beberapa kondisi yang mengganggu sistem  saraf seperti multiple sclerosis, diabetes mellitus,  saraf terjepit, dan herpes zoster dapat pula menyebabkan kulit terasa gatal.

Baca juga:   Penyebab Sering Haus Mungkin Gejala Penyakit Serius

Penyebab Gatal Pada Kulit #5:  Iritasi dan Alergi

Beberapa orang akan menunjukkan reaksi alergi dan iritasi kulit saat kulitnya terpapar zat tertentu misalnya menggunakan pakaian wol, zat kimia, ataupun sabun tertentu. Rasa gatal di kulit bisa juga muncul karena penggunaan kosmetik atau alergi makanan.

Penyebab Gatal Pada Kulit #6: Obat-Obatan Tertentu

Tubuh manusia akan memberikan reaksi tertentu saat ada obat yang masuk ke dalam tubuhnya. Salah satu reaksi obat yang muncul karena penggunaan antibiotik, anti jamur, maupun obat penghilang nyeri jenis narkotik adalah munculnya ruam kulit dan rasa gatal pada kulit.

Penyebab Gatal Pada Kulit #7: Kehamilan

Pada masa kehamilan, kebanyakan wanita hamil akan mengalami rasa gatal pada kulit terutama di sekitar perut, paha, payudara, dan lengan. Bila Anda memiliki penyakit dermatitis (seperti eksim) maka rasa gatal yang Anda alami akan lebih parah saat hamil.

Cara Mengatasi Kulit Gatal

Langkah pertama yang harus dilakukan mengobati atau mengatasi pruritus adalah dengan mengetahui penyebab gatal pada kulit tsb seperti yang diuraikan di atas lalu mengobati dan mengatasi penyebab tsb.

Sebagai contoh, bila penyebab kulit gatal tsb adalah karena reaksi obat maka Anda dapat mengkonsultasikannya ke dokter untuk menggantinya dengan obat jenis lain. Bila penyebab gatal pada kulit tsb adalah penyakit dalam seperti penyakit ginjal dll maka cara mengatasinya adalah dengan mengobati penyakit tsb.

Selain itu, cara mencegah pruritus yang terbaik adalah dengan merawat dan melindungi kulit Anda, seperti:

  • Gunakan krim dan losion pelembab untuk melembabkan kulit dan mencegah kulit kering
  • Gunakan sunscreen saat Anda akan terpapar sinar matahari untuk mencegah terbakarnya kulit dan kerusakan kulit lainnya, salah satunya dengan menggunakan tabir surya minyak kelapa.
  • Gunakan sabun yang tidak mengiritasi kulit Anda. Bila kulit Anda sangat sensitif, Anda dapat menggunakan sabun bayi.
  • Bila Anda memang tidak bisa mandi air dingin, gunakan air hangat dan jangan air panas.
  • Hindari bahan pakaian yang terbuat dari wol atau bahan sintetik yang membuat kulit Anda gatal. Gantilah dengan bahan pakaian dan seprai yang Anda gunakan dengan bahan katun.
  • Jangan gunakan AC terlalu lama dan terus menerus. Bila memang harus menggunakan AC ingat untuk terus menggunakan pelembab dan minumlah yang cukup.

Selain mengatasi penyebab gatal pada kulit, untuk meredakan rasa gatal yang muncul, cobalah letakkan handuk dingin atau es di atas kulit yang gatal. Cara ini jauh lebih baik dibandingkan Anda menggaruk kulit Anda.

Beberapa obat kulit gatal dapat pula Anda gunakan seperti antihistamin dan salep steroid untuk meredakan gatal pada kulit.

Itulah beberapa penyebab gatal pada kulit yang perlu Anda ketahui dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
www.mayoclinic.org/diseases-conditions/itchy-skin/basics/causes/con-20028460 www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/guide/skin-conditions-pruritus