Apa Saja Penyebab Kegemukan dan Bagaimana Cara Mengatasi Obesitas?

Kegemukan dan obesitas merupakan kondisi yang menjadi tren masalah di kalangan anak-anak sekarang ini. Masalahnya bila kondisi ini dibiarkan maka dapat memicu sejumlah gangguan kesehatan mulai banyak berkembangnya penyakit diabetes tipe 2 dan penyakit jantung di kalangan anak-anak.

Nah sebetulnya apa saja ya penyebab kegemukan dan obesitas ini? Lalu bagaimana cara mengatasi kegemukan dan obesitas ini?

Faktor Penyebab Kegemukan dan Obesitas Yang Perlu Diketahui

Sejumlah faktor dapat memicu pertambahan berat badan, meliputi pola makan yang salah, kurang olahraga dan aktivitas, pengaruh lingkungan, serta faktor genetik.

Berikut ini penjelasan penyebab kegemukan atau berat badan berlebih yang penting diketahui, yaitu:

Makanan dan Aktivitas

Seseorang dapat bertambah berat badannya bila orang tsb makan lebih banyak kalori dibandingkan jumlah kalori yang dibakar saat beraktivitas. Ketidakseimbangan inilah yang merupakan penyebab kegemukan yang utama.

Lingkungan

Lingkungan sekitar kita sangat mempengaruhi seseorang dalam menjaga kesehatannya. Tidak tersedianya trotoar tempat berjalan kaki, atau tidak tersedianya taman atau lapangan untuk olahraga merupakan salah contoh mengapa faktor lingkungan disebut sebagai salah satu penyebab kegemukan.

Contoh lainnya adalah adanya iklan-iklan di TV ataupun media online yang kerap kali menayangkan makanan atau minuman junk food.

Gaya hidup sosial yang merasa lebih keren menggunakan kendaraan dibandingkan jalan kaki. Atau merasa lebih keren bila makan dan minum junk food di resto fast food juga merupakan pengaruh lingkungan sebagai faktor penyebab kegemukan.

Genetika

Selain kedua faktor penyebab obesitas yang telah diuraikan di atas, para peneliti pun menunjukan bahwa faktor genetik juga bisa menjadi penyebab kegemukan. Orang yang terlahir di keluarga gemuk cenderung akan lebih mudah gemuk.

Gen ini dapat secara langsung menyebabkan obesitas seperti pada kasus penyakit Prader-Willi syndrome. Gen juga mempengaruhi kerentanan seseorang pada pertambahan berat badan.

Kondisi Kesehatan dan Pengobatan

Beberapa gangguan hormon dapat menyebabkan kegemukan dan obesitas seperti kurang aktifnya hormon tiroid, Cushing syndrome and polycystic ovary syndrome (PCOS).

Selain itu beberapa pengobatan tertentu juga dapat menjadi penyebab kegemukan dan obesitas seperti kortikosteroid, anti depresi, dan obat gangguan jiwa.

Baca juga:   Atasi Anemia dengan Makanan sebagai Obat Kurang Darah Alami

Stress, Faktor Emosional, dan Kurang Tidur

Beberapa orang akan lebih banyak makan dari biasanya bila merasa bosan, marah, atau sedang tertekan (stress).

Penelitan telah menemukan bahwa orang yang kurang tidur juga lebih mudah gemuk atau mengalami obesitas. Hal ini dikarenakan hormon yang dilepaskan saat tidur dapa mengontrol napsu makan dan penggunaan energi tubuh. Jadi sudah jelas ya kenapa begadang itu menjadi salah satu penyebab kegemukan dan obesitas.

penyebab kegemukan dan cara mengatasi obesitas
penyebab kegemukan dan cara mengatasi obesitas (image: foodnavigator.com)

Bagaimana Cara Mengatasi Berat Badan Berlebih dan Obesitas?

Untuk menjaga berat badan ideal yang sehat diperlukan keseimbangan antara jumlah kalori yang dimakan dan jumlah kalori yang dibakar saat melakukan aktivitas.

Untuk menurunkan berat badan, seseorang perlu untuk menurunkan asupan kalori dan meningkatkan aktivitas fisik. Ini adalah cara termurah dalam mengatasi obesitas ataupun kegemukan.

Bila perubahan gaya hidup di atas tidak juga efektif dalam mengatasi kegemukan dan obesitas, maka Anda sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mencari cara menghilangkan kelebihan berat badan tsb.

Beberapa pilihan dalam mengatasi obesitas dan kegemukan adalah dengan pengobatan dan operasi namun tentunya ini harus dilakukan di bawah pengawasan dokter ataupun ahli medis.

Cara Mencegah Kegemukan dan Obesitas dengan Tips Pola Makan Sehat

Seperti yang telah disebutkan di atas, cara paling mudah mengatasi obesitas dan kegemukan adalah dengan mengikuti pola makan sehat.

Berikut ini adalah tips mencegah kenaikan berat badan dengan pola makan sehat, yaitu:

  • Biasakan untuk konsumsi buah, sayur, biji-bijian, dan susu rendah ataupun bebas lemak.
  • Gunakan daging tanpa lemak, lebih baik konsumsi unggas, ikan, kacang-kacangan, dan telur.
  • Batasi makanan yang mengandung lemak jenuh, lemak trans, kolesterol, garam, dan gula tambahan.
  • Perbanyak minum air putih dibandingkan minuman manis.

Cara Mengatasi Obesitas dan Kegemukan dengan Aktivitas Fisik

Salah satu penyebab kegemukan adalah kurang gerak dan terlalu banyak duduk. Jadi untuk mencegah maupun mengatasi kegemukan sebaiknya Anda harus aktif bergerak.

  • Orang dengan usia 18 tahun atau lebih memerlukan setidaknya 30 menit aktivitas fisik tiap harinya dalam 5 hari atau lebih setiap minggunya.
  • Anak-anak dan remaja memerlukan aktivitas fisik setidaknya 60 menit setiap harinya.

Jadi yuk mulai gerak sekarang juga. Cukup berjalan kaki ke warung, ke masjid, ke sekolah, dll.

Nah itulah ulasan seputar penyebab kegemukan dan cara mengatasi obesitas yang perlu Anda ketahui. Perubahan gaya hidup merupakan cara termudah dan termurah untuk menurunkan berat badan. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
www.nichd.nih.gov/health/topics/obesity/