Sakit Kepala Migrain Ternyata Bisa Disebabkan Oleh 10 Hal ini!

Penyebab Sakit Kepala Migrain – Migrain merupakan jenis sakit kepala yang paling umum menyerang ribuan orang di seluruh dunia setiap harinya. Jenis gangguan kepala ini merupakan salah satu jenis penyakit saraf yang biasanya anda rasakan di area depan atau salah satu sisi kepala saja.

Teori lama menyebutkan bahwa migrain bisa disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah di area kepala atau leher. Kejang di kepala tersebut bisa menyebabkan keluarnya zat kimia dari saraf, yang kemudian akan melilit arteri di otak.

Tetapi faktanya, penyebab anda terkena migrain tidak berhenti sampai di sana. Masih banyak sekali hal-hal yang bisa menyebabkan anda terkena sakit kepala sebelah yang mengganggu tersebut. Meskipun ada kalanya setiap orang memiliki pemicu yang berbeda, tetapi berikut akan Dunia Kesehatan paparkan beberapa penyebab yang paling umum yang bisa membuat anda terkena migrain.

Selain itu perlu Anda ketahui, obat sakit kepala paling ampuh adalah dengan mengatasi penyebab migrain tsb.

Penyebab utama sakit kepala migrain
Penyebab utama sakit kepala migrain

Apa Saja Penyebab Sakit Kepala Migrain?

Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan sakit kepala sebelah atau lebih dikenal dengan migrain yang perlu Anda waspadai:

Tingkat Stres atau Emosional yang Tinggi

Selain menjadi faktor pemicu sakit kepala migrain, stress juga memang memiliki kecenderungan untuk membuat sakit kepala anda menjadi tambah parah.

Perasaan cemas, gelisah, khawatir, serta penderitaan yang anda lalui tentu bisa menjadi salah satu faktor utama anda terkena migrain. Tetapi serangannya tidak terjadi secara langsung, melainkan ketika anda telah berhasil melalui gangguan emosional dan stres tersebut.

Hal ini karena ketika anda tengah mengalami stres, maka senyawa tertentu akan dilepaskan oleh otak anda demi mengatasi situasi menegangkan tersebut. Tetapi efeknya, senyawa-senyawa tersebut akan memperburuk perubahan vaskular yang telah terjadi di sana, sehingga anda akan terkena serangan migrain.

Pola Makan

Pola makan yang membuat gula darah anda menjadi rendah juga bisa menyebabkan sakit kepala dan migrain. Biasanya ketika seseorang memulai mengganti pola makannya dengan yang baru, migrain juga bisa terpicu dengan sendirinya. Hal ini karena pola makan tersebut dapat mengakibatkan fluktuasi gula dalam darah anda, sekaligus kadar vitamin yang anda dapatkan dari makanan.

Dengan begitu, sangat penting sekali bagi anda untuk selalu mendapatkan asupan cairan yang cukup ketika tengah berdiet, serta jangan lupakan asupan vitamin dari makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran. Kemungkinan besar cara ini bisa membantu anda mengatasi gejala kurang mengenakkan tersebut, terutama jika pola makan anda memangkas terlalu banyak asupan karbohidrat dan gula.

Alkohol

Banyak penelitian telah membuktikkan bahwa mengkonsumsi alkohol dapat menyebabkan anda terkena serangan migrain.

Pada dasarnya, terdapat dua jenis serangan migrain yang bisa anda alami. Pertama, serangan setelah anda mengkonsumsi alkohol; kedua, serangan tertunda setelah anda mengalami mabuk berat. Di beberapa negara maju bagian barat, para dokter bahkan menyarankan mereka yang selalu mengalami migrain untuk berhenti mengkonsumsi alkohol secara total.

Ketegangan Mata

Terus menerus memandangi satu titik objek bisa membuat mata anda merasa tegang, yang selanjutnya dapat mengakibatkan kelelahan, penglihatan ganda, gangguan mata serta menyebabkan sakit kepala migrain. Biasanya, kelelahan mata terjadi karena disebabkan oleh terlalu banyaknya terkena paparan cahaya terang, termasuk matahari, layar komputer, atau lampu rumah.

Terlebih lagi, mereka yang mengenakan lensa kontak mata atau kacamata cenderung lebih rentan terkena serangan migrain. Maka dari itu, jika anda memiliki pekerjaan yang membuat mata anda bekerja ekstra berat, maka haruslah diselingi dengan aktivitas lain setiap jamnya untuk menghindari ketegangan mata dan mencegah terkena serangan migrain.

Aroma Tertentu

Mungkin ini salah satu penyebab yang paling unik yang bisa anda ketahui, tetapi faktanya memang demikian. Aroma tertentu seperti parfum atau bau-bauan yang menyengat dan kuat memang bisa memicu anda terkena sakit kepala migrain. Meskipun alasan tepatnya belum diketahui secara pasti, tetapi sudah banyak orang merasakan hal tersebut.

Baca juga:   Ciri-Ciri HIV Pada Pria dan Gejala AIDS Pada Pria

Para peneliti bahkan mencoba untuk membuktikkan hal tersebut dengan bertanya kepada para pria, dimana mereka mengaku bahwa aroma yang kuat telah menjadi pemicu serangan migrain paling umum kedua yang seringkali mereka alami. Beberapa aroma yang paling banyak memberikan kontribusi adalah asap rokok dan cairan pembersih.

Alergi Makanan

Beberapa makanan juga bisa menjadi pemicu anda terkena gejala sakit kepala sebelah migrain. Meskipun sangatlah sulit dalam memilah dan memilih makanan yang dapat memicu anda terkena migrain, tetapi sekali anda mengetahuinya, maka anda bisa mengurangi durasi terkena migrain tersebut secara lebih efisien. Layaknya alergi makanan, setiap orang akan memiliki efek yang berbeda terhadap makanan tertentu.

Tetapi diantara yang paling umum membuat anda terkena migrain diantaranya alkohol, coklat, buah citrus, kacang-kacangan, makanan dengan kadar tinggi kafein, daging terproses, dan keju. Dari sini anda tentu bisa memperhatikannya secara teliti. Jika anda selalu mengalami sakit kepala migrain setiap kali mengkonsumsi salah satu atau lebih dari daftar makanan di atas, sebaiknya anda mulai menghindarinya dari sekarang, atau kurangi porsinya.

Menstruasi

Kebanyakan wanita akan mengalami serangan migrain ketika memasuki periode menstruasi untuk pertama kalinya. Selanjutnya, perubahan fisik dan psikologi selama siklus menstruasi tersebut akan memperparah gejala sakit kepala migrain mereka.

Migrain saat menstruasi sangatlah berbeda dengan jenis migrain biasa karena cenderung lebih parah, terasa sangat tidak nyaman, dan sangatlah sulit untuk disingkirkan. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan penghilang nyeri demi mengurangi gejala mengerikan tersebut.

Perubahan Cuaca

Perubahan kondisi cuaca menjadi terlalu panas atau terlalu dingin tentunya bisa membuat anda terkena serangan migrain. Sehingga sudah tidak aneh lagi jika anda bepergian dari tempat dingin ke tempat panas seringkali memicu sakit kepala migrain. Bahkan setiap kenaikan suhu 5 derajat saja sudah menempatkan resiko anda terkena gangguan kepala tersebut.

Indikator lainnya berupa tekanan udara dan kelembapan. Penelitian juga sudah membuktikkan bahwa perubahan secara tiba-tiba dari suhu atau tekanan udara tersebut dapat menyebabkan anda terkena serangan migrain. Maka dari itulah anda harus menjaga tubuh anda dengan baik ketika pergantian musim terjadi agar serangan migrain tidak menghinggapi anda.

Gula

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa tekanan darah rendah bisa menjadi penyebab anda terkena sakit kepala migrain, dimana secara teori memang bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung gula atau karbohidrat.

Tetapi berhati-hatilah untuk tidak melakukannya secara berlebihan, karena kelebihan kadar gula dalam darah pun sebenarnya bisa menyebabkan anda terkena migrain. Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi gula tambahan juga menempatkan resiko anda terkena diabetes tipe-2.

Tidur yang Terganggu

Sering merasa pusing dan mudah marah ketika tidur anda terganggu? Jangan heran, karena aktivitas tidur yang terganggu memang bisa mempengaruhi tubuh anda, baik secara fisik maupun mental. Nah, salah satu efek samping dari terganggunya tidur anda adalah sakit kepala migrain.

Di zaman teknologi canggih seperti ini, seseorang bisa dibiliang ‘beruntung’ ketika masih memiliki waktu tidur cukup kira-kira 8 jam setiap malamnya. Karena sayangnya, tidak semua orang memiliki kesempatan tersebut. Tingkat kesibukan dan mainan (seperti smartphone) cenderung membuat seseorang tidak memiliki jam tidur yang cukup di malam hari, alhasil bisa mempengaruhi kesehatan mereka, termasuk mengalami gejala migrain.

Nah itulah beberapa penyebab sakit kepala sebelah migrain yang perlu diwaspadai. Jadi bila Anda belakangan ini sering mengalami sakit kepala sebelah, cobalah untuk mengetahui penyebabnya seperti yang diuraikan di atas, lalu cobalah untuk menerapkan pola hidup sehat. Semoga bermanfaat ..